image

Mmm…siap sih yg gk tau pasar wagen pedan.Buat warga klaten bagian timur dan utara pasti tidak asing lagi dgn fenomena pasar tumpah di pedan ini..demikian artikel ini saya kasih judul

PASAR WAGEN PEDAN.

Ok..pedan adl kecamatan di sebelah utara kabupaten klaten..Pedan sendiri adl sebuah kawedanan yg terdiri dari beberapa kecamatan di sekelilingnya, yaitu cawas, karangdowo, juwiring dan trucuk..sebagai kota pusat kawedanan, tentunya Pedan punya kelebihan dibanding kecamatan2 lainnya.,salah satunya  adl pusat keramaian..
Untuk ukuran kota kecil, Pedan sudah termasuk maju, ada beberapa swalayan dan mini market  yg berdiri disini,misalnya ayu swalayan dan langgeng swalayan bahkan ada  yg buka 24 jam..spt alfa mart dan indomaret..
Juga ada toko fashion spt amigo fashion..atau bahkan toko2 emas berjejer disini.
Pada hari2 biasa pasar pedan beroperasi spt pasar2 lain..Oya dulunya pasar pedan ini adl pasar tradisional..setelah dibangun menjadi pasar modern..yg selesai th 2011 . Tp sepertinya ini adl proyek gagal..terbukti dari 700 an pedagang yg direlokasi sementara ke pasar darurat keden..yg kembali untuk berdagang di pasar baru hanya 70an pedagang..itupun byk yg menunggak setoran..yg akhirnya disegel..jadi tinggal beberapa saja yg menempati..katanya sih harganya terlalu mahal..jadi pada memilih tetap berjualan di pasar darurat keden..yg berjarak sekitar 500 mtr dari pasar pedan…pasar keden sendiri menempati lokasi di lapangan bola keden. .nah lo..
Pasar Wagen sendiri adl sebutan untuk hari pasaran wage. .yg kebetulan kalau wage dipusatkan di pedan, kalau legi di jatinom..
Fenomena pasar wagen sendiri katanya sudah dari dulu, bahkan sebelum saya lahir, soale waktu kecil suka diajak orang tua wagen (istilah ke pasar wage pedan )..wagen..wagen..begitulah istilahnya.
Keramaian Wagen ini dimulai dari pagi jam 8 hingga jam 12 siang..seminggu sekali, atau lebih tepatnya setiap pasaran wage..
Ratusan pedagang tumpek blek di pasar ini, bahkan sampai di gang gang kampung sekitar pasar..dan ribuan pengunjung berdatangan setiap wagen..
Soalnya ini pasar tradisional dgn konsep ” one stop shoping “..jadi mau beli apa saja ada wis to..mau beli baju, sepatu,sapi, ayam,vcd bajakan bahkan barang rongsokan juga ada, dan harganya…mmm , pokoke pas di kantong deh…kantong rakyat seperti saya maksudnya..hehehe.
Oke…biasanya yg paling ramai adalah di area barang sekenan alias klitikan..

image

Disini kamu bisa mencari onderdil bekas mobil,motor bahkan sepeda ontel juga ada..harganya dijamin murah, tergantung pinter2 nya nawar aja..saya juga biasanya kalo nyari onderdil di toko susah pasti nyarinya disini..krn disini onderdil dr motor2 tua pun ada..di sini pedagang hanya menggelar dagangannya di lantai2 sekitar ruko yg kosong..ada jg yg menyewa ruko..di sebelahnya ada juga yg berjualan hape sekenan..dan juga barang2 yg seribu tiga..wis pepak pokoke..

Kedua adl pasar burung..yg menempati gang-gang di kampung sebelah timur pasar.

image

Pasar ini biasanya rame pengunjung jam2 pagi..karena kalo siang panas, soale gk ada atapnya..kan di jalan.
Mau burung yg 20an ribu sampai yg ratusan ribu ada disini..juga kandang2nya sekalian ada pokoke..yg gk ada cuman angry bird aja..hahaha..

Selain itu yg gak kalah rame dan bikin macet adl yg ditengah pas jalan utamanya pasar pedan ini..tepatnya di depan amigo fashion..di sebelah kiri kanan tumpek blek pedagang yg menggelar dagangannya di bahu jalan..mengalahkan menutupi toko-toko aslinya…gak papa ya..seminggu sekali ini..begitulah kira2 jawaban para pedagang lapak. .sok tau banget gue.

image

Mmm..manalagi yah..oya buat yg mau beli pakaian bekas import jg ada, biasanya para pedagang membawa mobil bak pick up utk menjajakan dagangan mereka, praktis kan..biasanya mereka ada di sebelah utara amigo fashion, di depan BPR juga di depan toko 17..mereka tidak ngumpul jadi satu, soale kan bawa mobil, jadi gampang mindahin nya..
Oya pasar wagen pedan ini mengalami puncak keramaiannya pada hari minggu wage..biasanya pada malam harinya pedagang2 furniture sudah pada berdatangan..jadi kalo pas malam minggu wage, kalo kebetulan malam2 kamu pingin makan sembari jalan2 main aja ke Pedan pasti ramai..di daerah kampung sewu..biasanya buka 24 jam..maksudnya buka sampai pagi hari.

Oke segitu dulu ya sekelumit tentang PASAR WAGEN PEDAN..yg pastinya kalo penasaran tinggal datang aja pas wage..gratis..paling parkir doang 2rb..padahal hari biasa 500-1000 lho..memanfaatkan situasi nih critanya..tp gak papa daripada ribet,soale gak bisa jalan juga saking ramainya..
Jadi PASAR WAGEN PEDAN saya nobatkan sbg pasar teramai di kabupaten klaten..setuju gak bro sis.???

Powered by:http://www.masshar2000@facebook.com

4 responses »

  1. wasisimmortal berkata:

    Haha,, dulu neg wage sering di ajak kesana ngonthel…..

    Suka

  2. masshar2000 berkata:

    sama massbro, kdg waktu sekolah malah pd bolos wagen..hehe, sampeyan ngendi?

    Suka

  3. Ayo Piknik berkata:

    pasar pedan ni deket rumah sya bro.. 😀

    Suka

  4. riyadi berkata:

    mamteb pasar wagen pedan

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s