TIPS MENCEGAH PENCURIAN MOTOR

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Mass bro, semakin hari semakin banyak saja motor bersliweran di jalan, dan semakin banyak populasi kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua tampaknya telah dimanfaatkan oleh sindikat pencurian kendaraan bermotor dari kelas teri sampai kelas kakap ( ni kenapa ngomongin ikan ya…).Mereka hanya perlu waktu kurang dari satu menit untuk
merusak kunci kontak. Hal ini jelas bentuk tindak kejahatan yang sangat merugikan pemilik kendaraan, apalagi tak jarang sepeda motor hasil curian tersebut
masih belum lunas pembayarannya ..kan udah diasuransikan masshar ???.
Mmm…kayak gak tau aja, prosesnya rumit massbro…ngurus ini itu, juga butuh waktu lama, dan jelas-jelas ujung-ujungnya duit, ibarat jatuh tertimpa tangga pula…hadehhh. Oleh karena itu, biker sepatutnya ekstra waspada agar si jaran wesi kesayangan tetap aman. Banyak hal yang bisa dilakukan demi mengamankan motor dari tindak pencurian yang semakin marak terjadi di mana-mana.

image

Dan gak ada salahnya masshar sharing beberapa tips untuk menjaga motor agar tetap aman, walaupun sebenarnya, yang namanya maling tetap saja cari kelengahan pemilik motor.
Oke…berikut beberapa tips nya :

1. Janganlah lupa untuk mengunci stang.
Beberapa kasus pencurian biasanya terjadi karena pemilik sedang terburu-buru lupa mengunci stang .,gak susah kan tinggal putar kunci kekiri satu kali lagi, kelihatannya sepele, tapi ini adalah faktor kebiasaan.
Untuk motor-motor baru biasanya sudah ada tutup pengaman kontak.

2. Gunakan kunci tambahan.
Untuk motor keluaran lama biasanya ada kunci tambahan / kunci kolong.
Kuncilah suspensi atau sokbreker depan, atau cakram rem dengan gembok yang cukup besar, dan beri warna cerah di gemboknya agar terlihat oleh Anda sehingga tidak lupa membukanya ketika sepeda motor hendak digunakan…sstt…tp jangan salah ngunci motor orang lho ya, pernah masshar  lihat ada kejadian waktu belanja di mall, lhah ..ada orang salah ngunci cakram ke motor orang, mungkin karena buru-buru atau karena motor sama, tu ada bapak- bapak sekeluarga gak bisa ngambil motor karena dikunci orang, akhirnya sama petugas parkir di gergaji , welehhh…sampai keringetan kotoz-kotoz…tapi ora jozzz….

3. Jika motor massbro hanya sendirian dalam suatu tempat, bisa dicoba trik menggunakan gembok yang ditambahkan rantai , lalu kunci dengan menyangkutkan
rantainya dengan objek kokoh yang ada di sekitar roda depan sepeda motor Anda, seperti tiang dan lainnya…kl berdua sama motor temen, bisa di rantai bareng…

4. Pasang alarm di sepeda motor bila perlu , apalagi kini harganya sudah kian terjangkau…emang berapaan sihhh..????

5. Jika tempat parkir motor memiliki CCTV ( misal di mall ),  usahakan parkirkan sepeda motor di area yang terpantau CCTV , sehingga pencuri pun akan berpikir dua kali ketika hendak mencuri sepeda motor Anda.

6. Jika parkir tidak lama dan kelihatan, misal lagi ke toko,  usahakan terus awasi sepeda motor secara berkala, terutama ketika diparkir di tempat yang sepi….tapi kunci setang harus.

7. Beri tanda-tanda unik di bodi atau bagian motor lainnya dengan stiker atau lainnya, dan kemudian abadikan motor biker dalam foto. Ini akan sangat bermanfaat bagi para penegak hukum ketika melakukan pencarian kehilangan dengan ciri-ciri yang spesifik di motor.

8. Buatlah sepeda motor sulit untuk dijual kembali jika terjadi pencurian. Misalnya dengan mengakali dan menandai atau memberi identitas beberapa bagian
motor yang tidak terlihat, terutama di bagian yang sering dipreteli untuk dijual kembali….ini sih jika sudah jalan terakhir…

9. Jaga semua surat-surat kendaraan , termasuk BPKB, STNK, asuransi dan lainnya yang akan dibutuhkan jika suatu saat ada masalah pada motor biker.

10……..tolong ditambahin jika ada yg perlu di share ke bikers lain…

Semoga uraian di atas berguna buat massbro para bikers semua !!

Donmiset.

image

————————————-
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan berikanlah masukan atau kritikan yang membangun.

Powered by : m2000_production

21 tanggapan untuk “TIPS MENCEGAH PENCURIAN MOTOR”

  1. wah
    kalo ane sih gembok terus cabut CDInya om
    hehehehe
    biar bingung dah tuh maling

    motor kagak bisa nyala

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s