TIPS MENGHINDARI TILANG POLISI

Assalamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

image

Secara estetika …aduh gak enak bgt bahasanya…Hampir semua orang suka berkendara ,terkebih naik motor..bahkan yg terbiasa naik mobil pun pasti akan merasakan asiknya berhonda bersepeda motor..dengan terpaan angin sepoi-sepoi yg tentunya menambah keasikan berkendara, tak jarang orang akan melepas helmnya..guna menambah sensasi bersepoi-sepoi ini.
Dan sudah menjadi rahasia umum dimanapun tempat di indonesia ini pasti sering kita menemui orang berkendara tanpa ber helm…apalagi didesa-desa yg katanya gak pernah ada razia…lhoh emangnya pake helm ini fungsinya untuk menghindari terkena razia toh…baru tahu saya.
Tapi tidak bisa dipungkiri jika kita pun pasti sering juga berkendara tanpa helm..mungkin karena alasan jarak dekat, cuman ke warung atau yg lain-lain.
Sepertinya perilaku itu sudah mendarah daging di dlm diri kita dan susah dihilangkan…hayo jujur aja massbro…pasti sering kan pada berkendara tanpa helm.
Oke deh…gak usah ngaku gak apa-apa…palingan jg alasannya sama…deket ini..ngapain pake helm..ya kan…
Tapi pernah gak disaat lagi enak-enaknya naik motor tiba-tiba di depan ada razia polisi tak resmi,pasti seketika pula massbro pasti
mengingat-ingat apa surat-surat kendaraan yang di bawa udah lengkap atau belum. kalo udah lengkap sih nyantai aja …nah gimana kalo yang belum lengkap nih….

image

Berikut saya kasih rahasianya biar gak kena tilang..jangan bilang-bilang ya…, khusus yg bernyali saja…
Ketika pak polisi menanyakan surat-surat kendaraan anda, jangan panik massbro.. ambil nafas terus balik pertanyaan
polisi tersebut dengan pertanyaan ” bapak sendiri melakukan razia ini ada izinnya gak dari atasan bapak ? “… kalo polisi tersebut gak bisa menjawab jangan pernah memberikan STNK atau SIM anda sebelum bapak polisi menjawab pertanyaan anda. pertahankan argumen massbro untuk melihat surat izin melakukan operasi razia
kendaraan bermotor pasti saya  jamin pak polisi pasti nyerah dan melepaskan mass bro…ini beneran lho…untuk menghindari oknum polisi yg menyalah gunakan wewenangnya.
Kenapa bisa begitu massbro…karena setiap operasi resmi
kendaraan bermotor pasti sudah memiliki surat izin dari atasan untuk melakukan operasi tersebut beda dengan operasi kendaraan bermotor tak resmi yang dilakukan
oleh oknum polisi yang hanya mencari kesalahan- kesalahan para biker yang tak memiliki surat izin…kalau boleh nyebut..contohnya di daerah bogor..tepatnya arah ke puncak…beberapa temen saya yg suka turing sering mengeluhkan yg beginian…khususnya yg ber plat B…( non F bogor ).
Berikut prosedur yg harus dilakukan polisi saat melakukan razia :
Terdapat beberapa pasal dari PP no. 42 tahun 1993 yang memang minimal wajib harus ada ketika razia berlangsung..yaitu :

1.Pasal 13 PP 42/1993.
Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan kendaraan
bermotor di jalan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas yang dikeluarkan oleh:
  a. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas polisi negara Republik Indonesia.
  b. Menteri untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa Pegawai Negeri Sipil.

2.Pasal 15 ayat (1) s/d (3) PP 42/1993.
Menentukan bahwa pada tempat pemeriksaan wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor. Tanda dimaksud
harus ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter sebelum tempat pemeriksaan..jadi bukan sembunyi di balik pohon pos .
Untuk pemeriksaan yang dilakukan pada jalur jalan yang memiliki lajur lalu lintas dua arah yang berlawanan dan hanya dibatasi oleh marka jalan, tanda harus diletakkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter
sebelum dan sesudah tempat pemeriksaan.

3. Pasal 15 ayat [4] PP 42/1993.
Khusus untuk pemeriksaan yang dilakukan pada malam hari, selain harus dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan, juga wajib dipasang lampu isyarat
bercahaya kuning terang.

5.Pasal 16 PP 42/1993
(1) Pemeriksa yang melakukan tugas pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan.
(2) Pakaian seragam, atribut, tanda-tanda khusus dan
perlengkapan pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan oleh:
  a. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, bagi pemeriksa
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf ( a ).
  b.Menteri, bagi pemeriksa sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 2 huruf b.

Nah ..jelas kan…apa belum jelas nih…ribet ya kalau baca pasal – pasal…coba ulangi lagi deh bunyi pasal-pasalnya dari atas …pasti paham.
Masalahnya berani gak kita protes saat ditilang…siapa tahu emang itu gak resmi alias oknum yg mencari-cari kesalahan para biker..
sebagai catatan…jika kita memang berkendara tidak memakai helm, tidak punya SIM, tidak membawa STNK dan lain-lain…yo wis ngaku wae salah…manut ditilang ..ora usah ngotot…yo to bro…
bagusnya sih kita minta surat tilang dan mengurus sendiri ..
inilah prosedurnya..

image

gimana bro…agak ribet juga ya…
yo wislah yen pingin penak yo pake senjata andalan aja…

image

So…yg jelas saat kita berkendara selalu siapkan kelengkapan surat-surat ,SIM dan jangan lupa pake helm…SAFETY BE FIRST…

yg ini jangan ditiru…

image

image

apalagi yg ini :

image

eithh…jangan benci polisi ya…polisi juga manusia…pengayom dan pelayan masyarakat tepatnya.

image

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

47 tanggapan untuk “TIPS MENGHINDARI TILANG POLISI”

  1. Pernah ditilang tp bayar 20rb…di surabaya, eh dalah sesama warga bjn langsung suruh bayar tnpa debat.hehe,,, #sesat.

    Buat para warga sby. Hati” dgn polisi memakai mobil hitam biru. Itu polisi cari duit. #hampir semua.

    Suka

      1. Itu rahasia umum kang.hehe,,,,

        Klo polisi putih biasanya rame” kalo operasi dan jika mau “denda ditempat” mahal banget. Tapi, mereka g sembarangan tilang lo… Kalo yg hitam biasanya ngawur.

        Suka

      2. Nah, itu… Polisi putih itu tegas… Bikin jera orang buat ngelanggar. Walau masih pake cara “damai” tapi kan dimahalin.hehe,,, ngajarin disiplin. Kalo nggak ya bayar mahal…

        Suka

  2. nggak tahu nich Pak Polisi feeling nya tajam kayaknya…
    pengalaman pribadi ketika semua surat lengkap nggak sekalipun pernah di tegur… apalagi di stop…padahal dulu sebelum punya SIM dari jauh aja Pak Polisi udah nyempriit… 🙂

    Suka

      1. hehe..iyo… aku inget waktu ada kecelakaan dijalan ..udah dikerubungin orang..kebetulan waktu itu bawa tiger ada givi boxnya…jaket coklat…pke sepatu kerja kantoran..motor ane parkir pinginnya sih ngliat aja pingin tahu…eh ..dikasih jalan..trus ibu2 yg jatuh nyamperin…ngomong gini ” eh ini gak apa-apa kog pak..jatuh sendiri “…hahahaaa..dlm hati ketawa ngakak…dikiranya ane pak pulisi…maklum perut ane rada gendut…ternyata byk juga yg takut ama polisi.

        Suka

  3. ane dpt trik dr teman ane kalo ada razia polisi, silahkan di coba krn ane blm nyoba (blm ketemu razia gabungan) kali aja berhasil.
    yaitu ketika ada razia polisi, nyalakan lampu sein kiri sambil lampu utama di kedip2kan 3x atau lebih (kalo lampunya sudah AHO, mainkan saklar lampu jauh-dekat). maka polisi mengira kita adalah “anggota” dan membiarkan kita lewat.

    Suka

  4. Polisi… Hadeeeeewhh….
    Pernah sekali di kampung sore” lg mau beli sayur.. Krn jrk deket ga nyampe 1km… Ga bw helm opo meneh stnk.. Lewat polsek pas ono polis lg keluar… Priiit…. Wuaduuh.. Jatah makan malem iki… Sempet eyel”an… Tetep wae kono sing menang….. Coba mbiyen aku takon duwe ijin opo ora yo…??
    Tp ngomong” tipsnya udah bener” teruji nih…??

    Suka

  5. haduh saya pernah ke tilang sekali di makassar..polisi sana ganas mas..mnimal mintanya 250rb.

    ketilangnya pas gak pake helm sih hahahahahaha.

    tp ndak tnya tentang surat perintah razia itu..wah lain kali aja coba gak pake roda depan.kalo ditilang .tak tanya e surat razia ne.hehehehhee…trims informasinya..sangat membantu.

    ini lagi ribet n bngung…lebaran mau urus sim hilang,kalo samsat buka gak ya mas kira kira lebaran bgni.

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s