PENYAKIT KAWASAKI – demam kawasaki

Assallamu’allaikum mass n ‘ miss sadayana.

image

Kali ini yang dibahas bukan dunia persilatan permotoran.
Walaupun judulnya mirip-mirip ya….hehehe…tp gak ada salahnya jika massbro sudah terlanjur masuk ke link ini…baca-baca sekalian deh…siapa tahu berguna…

Just info saja, penyakit kawasaki atau kawasaki syndrome telah ditemukan berpuluh tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1967.
Sang penemu penyakit ini adalah seorang dokter anak bernama Tomisaki Kawasaki.
Dokter Kawasaki lahir pada 7 Februari 1925. Dia meraih gelar dokter dari Universitas Chiba, Jepang.
Sebenarnya, Kawasaki telah meneliti penyakit aneh yang menyerang pembuluh darah pada anak ini sejak tahun 1961. Namun, dia baru memublikasikan hasil penelitiannya di tahun 1967 dalam bahasa Jepang.
Pada 1974, publikasi terhadap penyakit kawasaki dalam bahasa Inggris baru muncul. Sejak itu, penyakit kawasaki menjadi penyebab utama terjadinya serangan jantung pada anak di Jepang dan Amerika Utara.
Pada tahun 1990, Kawasaki mendirikan pusat penelitian bernama Japan Kawasaki Disease Research Center
untuk mengembangkan penelitian seputar penyakit ini.

Penyakit Kawasaki adalah suatu sindroma yang penyebab pastinya tidak diketahui, terutama menyerang anak dibawah 5 tahun, menyebabkan demam, konjungtivitis (kedua.mata merah) tanpa sekret, kemerahan pada
bibir dan membran mukosa mulut,
pembesaran kelenjar limfe bawah leher
(lymphadenopathy) serta timbul bintik2
merah terang (maculoerythematous) pada kulit perut, punggung kaki dan tangan yang dapat menjadi berat dengan timbulnya pembengkakan pada kaki dan tangan dan diakhiri dengan mengelupasnya kulit sekitar kuku kaki dan tangan.

Penyakit kawasaki menyerang pembuluh darah yang bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan cacat pada jantung, bahkan kematian. Penyebab utama penyakit kawasaki
secara pasti belum diketahui, namun ada indikasi bahwa pemicunya adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang didahului infeksi.
Banyak yang menduga racun yang
dikeluarkan kuman tertentu yang menjadi penyebabnya. Tetapi belum ada bukti kuat yang mendukung dugaan tersebut. Dugaan lain adalah peran dari faktor genetika dan
sistem imun penderita. Sebagian besar
penyakit ini akan sembuh sendiri.

Karakteristik penyakit kawasaki adalah penyakit akut yang diperantarai oleh sistem imun tubuh.
Tetapi pada beberapa kasus, dapat timbul berbagai macam komplikasi, misalnya peradangan sendi dan peradangan pada selaput otak atau meningitis. Komplikasi lain yang biasanya fatal adalah komplikasi
jantung. Pada jantung, penyakit kawasaki menyebabkan peradangan otot jantung (miokarditis), pembesaran ukuran jantung (kardiomegali), denyut jantung tidak normal (aritmia), dan perdangan pembuluh darah koroner (vaskulitis). Komplikasi ke jantung
biasanya mulai terjadi setelah hari pertama sampai hari kedelapan sejak timbulnya demam.
Awalnya berupa penyempitan atau sumbatan dalam pembuluh koroner. Sebagian penderita akan sembuh, namun sebagian lagi terpaksa menjalani hidup dengan jantung yang cacat akibat aliran darah koroner yang terganggu dan sebagian kecil akan meninggal akibat kerusakan jantung.

Gejala dari penyakit ini antara lain demam tinggi, batuk pilek, bercak merah, serta kulit mengelupas. Kedua mata memerah, ada pembengkakan kelenjar getah bening di salah satu sisi leher, lidah merah (strawberry tongue)
dan bibir merah, telapak tangan dan kaki membengkak dan juga berwarna merah.

image

Penyakit kawasaki sangat identik dengan penyakit campak, alergi obat, infeksi virus, atau penyakit gondong. Bedanya dengan penyakit campak, demam pada penderita kawasaki tidak langsung hilang setelah bercak merahnya muncul. Batuk dan pileknya lebih parah dan tidak ada kotoran di mata. Suhu tubuh penderita penyakit kawasaki bisa meningkat hingga 39 derajat C dan tidak mengalami penurunan suhu hingga lima hari.
Pada kasus yang tidak di obati, demam dapat berlangsung selama satu sampai dua minggu, bahkan sampai tiga sampai empat minggu.
Dalam rentang waktu dua sampai lima hari setelah demam, gejala akan.muncul.
Demam ini tidak memberikan respons
terhadap pemberian antibiotik. Hampir
semua anak dengan penyakit kawasaki
menunjukan gejala gelisah, rewel, serta emosi yang labil.
Pengobatan penyakit kawasaki umumnya.dilakukan dirumah sakit. Pengobatan bertujuan untuk mengatasi demam, peradangan, dan mengurangi kemungkinan timbulnya komplikasi jantung.
Untuk itu diberikan aspirin dosis tinggi yang berfungsi sebagai antidemam,
antiperadangan, dan mecegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, pederita diberikan juga gamma globulin melalui pembuluh darah vena, yang berguna untuk menurunkan resiko yang timbulnya gangguan jantung.
Jika pengobatan berhasil, penderita akan membaik dalam waktu 24 jam.

semoga info ini bermanfaat

library : penyakit kawasaki.net

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

26 thoughts on “PENYAKIT KAWASAKI – demam kawasaki

  1. 4 thn yg lalu sy mencari tau hal apapun tentang penyakit yg menyerang balita.. Krn naiyaku sedang sakit saat itu.. dan penyakit ini salah satunya yg aku tau meski udah hampir lupa…
    Info yg manfaat…..
    berharap banyAk bunda yg baca…

    Suka

  2. 4 thn yg lalu sy mencari tau hal apapun tentang penyakit yg menyerang balita.. Krn naiyaku sedang sakit saat itu.. dan penyakit ini salah satunya yg aku tau meski udah hampir lupa…
    Info yg manfaat…..
    berharap banyAk bunda yg baca artikelnya…..

    Suka

  3. Oooo ada ya sakit ginian… baru tahu…
    Anak2 bs kena virus Kawasaki…….Bapak2 demam Moge Kawasaki…. (gak nyambung.com)

    Suka

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s