SEJARAH MOTO GP – juara dunia ditentukan di seri terakhir

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

image

hi bro…gelaran motogp 2013 sebentar lagi usai…tapi kali ini..juara dunia pun belum diketahui hingga sekarang..padahal tinggal menyisakan satu seri lagi….
biasanya juara dunia sudah diketahui di seri – seri sebelumnya ..bisa dua atau tiga seri terakhir…nah kali ini lain ceritanya…setelah seri sebelumnya marc marquez terkena bendera hitam dekil dan otomatis dapat nilai nol…membuat seri motogp berikutnya semakin menarik saja untuk disimak.
kenapa ???….ya tentu saja karena perebutan gelar juara dunia menjadi semakin sulit …karena otomatis dengan posisi dua klasemen sementara selisih point nya smakin mengerucut…
Tentunya ini semakin menguntungkan pihak penyelenggara , dalam hal ini dorna agnesia…karena dia menargetkan gelaran seri terakhir di valencia besok di banjiri setidaknya 100 ribu penonton…kalau misal per orang kalau dirupiahkan Rp.250rb aja udah berapa duit tuh…banyaaaaakkkk…l.Rp.25 milyar ..bro…
Tentu bagi para pecinta marc marquez alias para efbeha, kasus bendera hitam sangat tidak adil…..

image

.tapi bagi fans nya Lorenzo alias efbeye..ini jadi smakin asik…lha wong kemarin-kemarin si hohe juga cedera kog..otomatis pointnya sempet tak beranjak…jadi impas…( katanya )….tul gak ???
kata siapa …ya kata saya efbeye yang motornya honda…hehehe…

image

Diakui atau tidak , keduanya punya potensi untuk menjadi juara dunia tahun ini…
Sama-sama rider terbaik tahun ini…diakui atau tidak kualitas keduanya diatas rider-rider yang ada saat ini…termasuk sang legenda hidup valentino rossi….( data yg bicara )…

Diberbagai media diberitakan bahwa reken se tim jorge lorenzo…si vale ini akan berjuang mati-matian untuk membantu rekan se timnya ..minimal di depan marquez..walaupun itu sulit kata Rossi….tapi banyak yg gak percaya lho omongan rossi ini…karena seperti kita tahu ..hubungan rossi – lorenzo kurang harmonis…ini dia buktinya ( dicopy dari iwb.com )

image

image

image

Tapi bagaimana dengan pedrosa yang notabene nya rekan se timnya marquez…
Doi..ngomong ke saya media bahwa di repsol honda tidak ada tim order…alias tidak ada bantu – membantu…semua berjalan sesuai aturan balap, yang bisa juara ya juara , tidak ada yg namanya ngalah ….widihhh…ajib…
Jadi untuk membuktikan siapa yang terbaik tahun ini ..ya nanti di valencia kita buktikan…apakah Marquez yang saat ini unggul 13 point dari Lorenzo…atau malah sebaliknya Lorenzo lah yang malah memenangi juara seri valencia dan juara dunianya…dengan catatan marquez  di posisi 5 atau KO..bisa jadi massbro…kejadian serupa juga pernah terjadi kog saat rossi dipecundangi nicky haiden tahun 2006.

Nah ..massbro tahu gak , kalau kejadian serupa juga pernah terjadi berulang kali.
Mass bro..ternyata tercatat sudah 15 kali kejadian / peristiwa spesial di kelas primer,.yakni gelar juara dunia ditentukan pada seri terakhir…sejak dari pertama kali tahun 1949 balapan premier ini digelar.

image

Dan Akhir pekan ini di Valencia yang merupakan seri terakhir musim 2013, akan kembali terjadi persaingan menuju juara dunia…Marc marquez VS Jorge Lorenzo

image

Berikut daftar persaingan perebutan gelar juara dunia kelas primer yang terjadi pada seri pamungkas.

1950 – Pebalap Italia, Umberto Masetti menjalani seri terakhir di kandang, di Sirkuit Monza, dengan motor empat-silinder Gilera, tengah unggul tiga poin atas Geoff Duke yang membalap dengan motor satu-silider Norton.
Duke memenangi balapan, tapi Masetti yang finis kedua tetap jadi juara dunia dengan keunggulan satu poin.

1952 – Sekali lagi, Umberto Masetti harus bersaing pada seri terakhir di Sirkuit Montjuic, Barcelona, dengan Les
Graham (MV Agusta) dan Reg Armstrong (Norton).
Graham memenangi balapan, tapi lagi-lagai Masetti yang keluar sebagai juara dunia setelah berhasil finis kedua.

1957 – Libero Liberati (Gilera) menang pada seri terakhir di Monza, untuk meraih gelar juara dunia, mengalahkan
Bob McIntyre (Gilera).

1966 – Dua rival terberat sepanjang masa, Mike Hailwood (Honda) dan Giacomo Agostini (MV Agusta), bersaing saat menjalani seri terakhir di Monza.
Keduanya bertarung ketat sejak awal balapan, hingga motor Hailwood mengalami masalah, yang melancarkan Agostini meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas
500cc, di depan pendukungnya.

1967 – Mengulang kejadian pada tahun sebelumnya, Mike Hailwood dan Giacomo Agostini menjalani seri
terakhir di Kanada untuk memperebutkan gelar juara
dunia. Hailwood memenangi balapan yang membuat poin kedua pebalap sama persis, dengan masing- masing memenangi lima seri pada musim tersebut.
Agostini akhirnya jadi juara dunia dengan keunggulan waktu finis.

1975 – Giacomo Agostini sekali lagi harus menjalani persaingan di seri terakhir di Brno, Ceko untuk menjadi
juara dunia, kali ini dengan Phil Read. Read memenangi balapan, tapi Agostini yang finis kedua berhak atas gelar juara dunia. Agostini jadi pebalap pertama yang bisa jadi juara dunia di kelas primer dengan menggunakan motor dua-tak dan empat-tak.

1978 – Kenny Roberts (Yamaha) hanya unggul delapan poin atas Barry Sheene (Suzuki), saat keduanya menjalani seri terakhir di Sirkuit Nurburgring, Jerman.
Roberts finis ketiga, di depan Sheene, yang memastikannya sebagai pebalap Amerika Serikat pertama yang jadi juara dunia kelas primer.

1979 – Kenny Roberts sekali lagi menghadapi pertarungan final dengan pebalap Suzuki yang kali ini
diwakili rider muda Italia, Virginio Ferrari, di Sirkuit Le Mans, Perancis. Setelah memimpin di awal balapan,
Ferrari mengalami kecelakaan, yang memudahkan Roberts meraih gelar juara dunia keduanya.

1989 – Untuk kali ketiga secara berturut-turut, pebalap Suzuki menantang Kenny Roberts pada perebutan gelar juara dunia pada seri terakhir di Nurburgring. Kali ini giliran sesama pebalap Amerika, Randy Mamola, yang jadi pesaing Roberts. Mamola memimpin pada awal
balapan, tapi mulai melambat saat pertengahan balapan karena masalah mekanik pada motor.
Roberts meraih gelar ketiganya secara beruntun.

1981 – Randy Mamola kembali jadi penantang pada seri terakhir di Sirkuit Asndestorp, Swedia. Marco Lucchinelli
yang memimpin klasemen hanya butuh finis kelima atau lebih baik untuk jadi juara dunia, jika Mamola jadi pemenang seri ini. Pada balapan yang sempat diwarnai hujan ini , Mamola terjatuh, sementara Lucchinelli yang
finis kesembilan, berhak atas gelar juara dunia.

1983 – Freddie Spencer (Honda) unggul lima poin atas Kenny Roberts (Yamaha) saat turun pada seri terakhir di Sirkuit Imola. Di akhir balapan, Spencer yang finis kedua berhak atas gelar juara dunia pertamanya di kelas 500cc.

1989 – Dua pebalap Amerika sekali lagi beradu pada seri terakhir di Sirkuit Goiania, Brasil, yakni Eddie Lawson
(Honda) dan Wayne Rainey (Yamaha). Lawson jadi juara dunia setelah finis kedua.

1992 – Pada awal musim, Mick Doohan (Honda) mendominasi balapan dan sempat unggul 65 poin atas Wayne Rainey (Yamaha). Setelah itu, pebalap Australia ini absen akibat kecelakaan saat sesi latihan pada seri ke-8 di Assen, Belanda. Dia kembali dengan kondisi jauh dari fit pada dua seri terakhir. Saat tiba di Sirkuit Kyalami, Afrika Selatan, yang merupakan seri terakhir, Doohan hanya unggul dua poin atas Rainey. Doohan finis keenam pada balapan ini, sementara Rainey yang
finis ketiga akhirnya berhak atas gelar juara dunia.

1993 – Persaingan juara dunia terjadi antara Kevin Schwantz (Suzuki) dan Wayne Rainey (Yamaha).
Persaingan terakhir mereka terjadi di GP Italia, dengan masih dua seri tersisa, karena Rainey mengalami
kecelakaan yang mengakhiri karier balapannya…akhirnya Schwantz jadi juara dunia.

2006 – Valentino Rossi (Yamaha) datang ke seri terakhir di Valencia dengan keunggulan delapan poin atas
pesaing terdekatnya, Nicky Hayden (Honda). Hayden yang finis ketiga, meraih gelar juara dunia pertamanya,
menyusul jatuhnya Rossi pada lap kelima dan akhirnya finis ke-13.

2013 – Valencia kembali akan jadi saksi munculnya juara dunia. Akhir pekan nanti, salah satu dari dua
pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda) akan jadi Juara Dunia 2013.

Memang sudah berapa kali sih..motogp ini digelar ..dan siapa saja ya juara dunia ditiap tahunnya…yuk simak artikel ini…
https://masshar2000.wordpress.com/2013/02/17/daftar-juara-dunia-motogp-sepanjang-sejarah/

mmmm….ternyata giacomo agoestini yang memegang record terbanyak menjadi the world championship of motoGP.
Nah…lupa kan..atau massbro belum tahu siapa giacomo agoestini ini…silahkan klik tautan berikut :

https://masshar2000.wordpress.com/2013/02/24/giacomo-agostini-legenda-motogp-yg-blm-tertandingi/

Oke…massbro…tetap dukung jagoanmu sampai titik darah penghabisan benar-benar terbukti besok di valencia…
ngomong -ngomong massbro jagoin siapa nih…kalau saya sih jelas…karena sebagai efbeye yang motornya honda…pastinya tetap dukung lorenzo…xixixi..
dan inilah koment saya di kuis tebak juara motogp 2013 di blognya tmc.

image

                      sorry ya beda..

ternyata memang paling banyak yang nebak lorenzo juara valencia…tp rata-rata memang cenderung memprediksi marc marquez lah sebagai juara dunia..ni contohnya

image

pokoke motoGP besok wajib ditonton dah…

image

siapapun juaranya…saya tetap putri indonesia.

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

31 tanggapan untuk “SEJARAH MOTO GP – juara dunia ditentukan di seri terakhir”

  1. Jare mesinbalap.com ” jelang race valencia mesin M1 terakhir lorenzo bermasalah”
    Hayoo lhooo…!! Tetep lorenzo opo berpikir untuk pindah ke lain hati… Hehee
    -> bonuse.. Heeeem…
    Pastikan pembaca berusia 17+ Heheee:)

    Suka

      1. Yaaah.. Lorenzoku….
        Terus aku piye iki…heheee… Mbok liyane wae…
        marquez ngga pake horison wae Heheheee… seng podo” satu hati…. 🙂

        Suka

      2. Ra gelem ngalah og piye…. Hehehee…:)
        -> nah lhoo… Dapet bonus ngga selalu menyenangkan ya ternyata…. Xixixiii….

        Suka

  2. Dgn usahanya yg super ..cidera parah di riwangi mbalap,mudah2an brhasil jurdun..al-ajru biqodritta’ab…(hayah..!!! menirukan bang ipan)

    Suka

  3. jadi dag dig dug nunggu moto gp besok seperti apa, walau jagoan saya belum bisa kompetitif…

    Btw tu bonus bikin sinyal naik turun aja kata om orong-orong doble piston kapasitas kecil :mrgreen:

    Suka

  4. Artine nak gak salah..utawi ganjaran/pahala/upah..iku di kirak2ake kodar rekasane.=besar kecil upah di sesuaikan dgn jerih payah/rekasane..hehehe..kalo di pikir2 yo podo rekasane yo kang,nyowo taruhane,kalo saya amati untk 2013,lorenzo berjuang hbis2an..nebo nangi,cidera parah di riwangi mbalap,hanya demi point, soal mewek,memang ini adlh gawan dri raut wajah,untk jiwanya saya kudu bilang=joooz..slalu semangat 45..hehehe

    Suka

  5. Yang pakai meteran listrik model pulsa harap dicek dulu siapa tau pas mulai start kentekan pulsa :mrgreen:

    Buat yang merasa 😆

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s