UU-LAJ : TARIF DENDA TILANG TERBARU

Assallamu’allaukum mass n’ miss semua-mua.

image

m2000.com – Ahaii…brother biker…kali ini m2000 akan sharing lagi tentang Undang-Undang berlalu lintas…UU-LAJ bro…jangan bosen bacanya ya….biar agak paham dikit..hehehe…( mumpung m2000 sudah download file nya ).

Baru-baru ini pihak Direktorat Lalu Lintas, lewat website resminya merilis daftar denda pelanggaran lalu lintas.
Pasti massbro penasarab kan berapa tarif seharusnya diberlakukan…bukan uang damai atau sidang ditempat.

image

Berikut daftar denda pelanggaran lalu lintas sesuai UU Lalu Lintas no.22 Tahun 2009 :

1. Setiap Orang
Mengakibatkan gangguan pada : fungsi rambu lalu lintas, Marka Jalan, Alat pemberi isyarat lalu lintas fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan.
* Pasal 275 ayat (1) jo pasal 28 ayat (2),
Denda : Rp 250.000

2.Setiap Pengguna Jalan
Tidak mematui perintah yang diberikan petugas Polri sebagaimana dimaksud dalam pasal 104 ayat ( 3 ), yaitu dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas wajib untuk : Berhenti, jalan terus, mempercepat, memperlambat, dan / atau mengalihkan arus kendaraan.
* Pasal 282 jo Pasal 104 ayat (3),
Denda : Rp 250.000

3. Setiap Pengemudi ( semua jenis Ranmor )
a ) Tidak membawa SIM
Tidak dapat menunjukkan Surat Ijin Mengemudi yang Sah ( misal fotocopi ).
Pasal 288 ayat (2) jo Pasal 106 ayat (5) hrf b,
Denda : Rp 250.000
b ) Tidak memiliki SIM
Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan,tidak memiliki Surat Izin Mengemudi.
Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1),
Denda : Rp 1.000.000
c ) STNK tidak sah
Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan STNK yang ditetapkan oleh Polri.
Pasal 288 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (5) huruf a.
Denda : Rp 500.000
d ) TNKB tidak sah ( bikin sendiri tanpa stempel Polri / ukuran )
Setiap kendaraan Bermotor yang tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Polri.
Pasal 280 jo pasal 68 ayat (1)
Denda : Rp 500.000
e ) Perlengkapan yang dapat membahayakan keselamatan.
Kendaraan bermotor dijalan dipasangi perlengkapan yang dapat menganggu keselamatan berlalu lintas antara lain ;
Bumper tanduk dan lampu menyilaukan.
Pasal 279 jo Pasal 58 ,
Denda : Rp 500.000
f ) Sabuk keselamatan
Tidak mengenakan Sabuk Keselamatan
Psl 289 jo Psl 106 Ayat (6)
Denda : Rp 250.000
g ) Lampu utama malam hari
Berkendara tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu.
Pasal 293 ayat (1)jo pasal 107 ayat (1)
Denda : rp 250.000
h ) Tidak mengenakan helm
Berkendara tanpa mengenakan helm pengaman dan alat keselamatan.
Pasal 290 jo Pasal 106 (7).
Denda : Rp 250.000
i ) Gerakan lalu lintas
Melanggar aturan gerakan lalu litas atau tata cara berhenti dan parkir.
Pasal 287 ayat (3) jo Pasal 106 ayat (4)
Denda : Rp 250.000
j ) Kecepatan maksimum dan minimum
Melanggar aturan Batas Kecepatan paling Tinggi atau Paling Rendah
Psl 287 ayat(5) jo Psl 106 ayat (4) hrf (g) atau psl 115 hrf (a)
Denda : Rp 500.000
k ) Membelok dan berbalik arah
Tidak memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan saat akan membelok atau berbalik arah. Pasal 294 jo pasal 112 (1).
Denda : Rp 250.000
l ) Berpindah jalur atau bergerak kesamping
Tidak memberikan isyarat saat akan berpindah lajur atau bergerak kesamping.
Pasal 295 jo pasal 112 ayat (2)
Denda : Rp 250.000
m ) Melanggar rambu atau marka
Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu lalu lintas atau Marka.
Psl 287 ayat(1) jo psl 106(4) hrf (a) dan Psl 106 ayat(4) hrf (b)
Denda : Rp 500.000
n ) Mengemudi tidak wajar
– Melakukan kegiatan lain saat berkendara.
-Dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan..misal main handphone.
Pasal 283 jo pasal 106 (1).
Denda : Rp 750.000
o ) Diperlintasan kereta api
Mengemudikan Kendaran bermotor pada perlintasan antara Kereta Api dan Jalan, tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, Palang Pintu Kereta Api sudah mulai ditutup, dan / atau ada isyarat lain.
Pasal 296 jo pasal 114 hrf (a)
Denda : Rp 750.000
p ) Berhenti dalam keadaan darurat
Tidak Memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan Bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat dijalan.
Pasal 298 jo psl 121 ayat (1)
Denda : Rp 500.000
q ) Hak utama kendaraan tertentu
Tidak memberi Prioritas jalan bagi kendaraan yang memiliki hak utama yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar dan / atau yang dikawal oleh petugas Polri.
*  Kendaraan Pemadam Kebakaran yg sedang bertugas.
* Ambulan yang mengangkut orang sakit .
* Kendaraan yg memberikan pertolongan pd kecelakaan .
* Kendaraan Pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
* Kendaraan Pimpinan/Pejabat Negara Asing ( tamu Negara )
* Iring – iringan Pengantar Jenazah
* Konvoi dan / atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian RI. Pasal 287 ayat (4) jo Pasal 59 dan pasal 106 (4) huruf (f) joPasal 134 dan pasal 135.
Denda : Rp 250.
r ) Hak pejalan kaki atau pesepeda
Tidak mengutamakan pejalan kaki atau pesepeda.
Pasal 284 jo 106 ayat (2).
Denda : Rp 500.000

image

Nah …gimana mass bro/miss bro semua…banyak banget kan pasal tentang berlalu lintas..
Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya…tapi sengaja m2000 tidak menuliskannya disini…karena terlalu banyak dan bertele-tele…mangkanya ditulis yang umum aja.

Oya…kata-kata diatas tentunya bukan bahasa yang sama persis dengan yang tertera di UU-LAJ….m2000 sengaja menggantinya dengan bahasa yang mudah dinengerti….tanpa mengurangi makna.

Jadi intinya…berkendaralah yang bijak…jadi biker yang baik…and keep safety …sayang kalau duit dibuang percuma.

* Kata Mutiara Hari Ini *
1. Maafkan aku.
2. Ini salahku.
3. Apa yg bisa aku lakukan tuk memperbaikinya?”

library : UU-LAJ , hukum online

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

34 tanggapan untuk “UU-LAJ : TARIF DENDA TILANG TERBARU”

  1. Walaaah… Okeh tenan …
    kesimpulane….
    Semua pasal di lepas hanya dgn harga kisaran Rp.20.000 – Rp50.000…..
    Heheheee 🙂

    Suka

      1. Mas bro. Mau nanya donk. Saya gak salah apa2 diberhentiin polisi alasannya melanggar marka jalan. Trs saya kena tilang . Kena pasal 287. Sidang tgl 26 juni 2015 jam 09.00. Kira2 saya bayar denda berapa yaa?

        Suka

  2. saya sudah berhati-hati berkendara, di salahkan melanggar lampu lalu lintas, katanya lampu sudah merah saya masih jalan. dan saya ngotot bahwa lampu masih hijau. polisi ngotot tetep saya salah..alhasil di kasih surat tilang merah….nah biasanya bagaimana penyelesaiannya…, apakah gak bersalah tetep bayar denda ya mas bro…? (Saya penasaran banget kalau ada CCTV ingin liat saya melanggar atau tidak)

    Suka

  3. Saya sudah berhati-hati berkendaraan, saya mau ke Grogol tp saya kurang tau jalan. pada saat di jalan tol ada petunjuk jalan berwarna hijau ke kanan Kebon Jeruk Soekarno Hatta Tanjung Priuk dan ke kiri Tomang Grogol. Lalu saya ambil ke kiri Tomang Grogol yang kebetulan ada Bp.Polisi, sy ingin bertanya apa ini benar ke Grogol. Tapi Bp.Polisi tsb memberhentikan mobil saya malah ditilang alasannya melanggar marka jalan. kena pasal 287. sidang tgl 07 Agustus 2015.kira-kira saya bayar denda brp ya? menurut Bp.Polisi 1.7 jt. saya lihat di internet denda tilang 250rb. sebenarnya brp dendanya? apakah kalau kita ga tau jalan langsung di tilang?

    Suka

    1. pengalaman saya, saya juga pernah ditilang ‘gak tau jalan soalnya, tepatnya di bogor, masuk jalur satu, pas tau salah mau belok malah ditilang , damai kena 25rb (motor).
      Pas di solo jg pernah, tp memang sengaja ,dilarang putar balik, saya nekat , krn tiap hari lewat situ, pas ditilang, saya gk mau damai, pingin tahu aja sidang kena berapa,seminggu kemudian,. pas sidangnya kena denda 26 ribu saja.,cuman ya itu, ngantrinya 2 jam,saking banyaknya yg sidang.
      Hemat saya sih, kalau diajak damai dan dinego tdk bisa mending sidang saja, ( bisa diwakilkan kog )…

      Suka

  4. Selamat sore pak,,
    Mau tanya tetang kejadian yg saya alami tadi waktu operasi polisi di daerah sukamara kalimantan tengah..kronologi saya membawa motor yamaha vixion nopol KH 2545 SX (baru blm ada stnk) sim ada tp faktur pembelian lupa saya bawa..truss saya huhungi org rumah suruh memfoto faktur itu dan kirim via bbm untuk ditunjukkan ke polisi yg nilang saya tadi dengan pasal 288(1)jo106(5) bahwa memangbmotor resmi beli baru dari dieler tidak colongan..apakah kejadian diatas memang bisa dikenakan pasal tersebut diatas..mohon konfirmasi dan jawabannya..terimakasih salam pengayom rakyat…

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s