Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

m2000 – Hahay brother biker…tentunya kalian pernah lihat kan , fenomena ban benjol pada motor…atau malah mass bro dan miss bro mengalaminya sendiri ???
Tentunya ini sangat tidak mengenakkan jika menimpa ban motor kita…mau di isi angin penuh/dikit sama aja…kagak ada enaknya…dan jika mass bro seorang yg feelingnya tajam pasti merasakan ada yg aneh saat mengendarai motor dengan ban benjol ini….wis piye lah nyebute…judule ra penak ditumpak’i.

image

M2000 sendiri saat ini lagi mengalaminya juga di ban depan wtf si jeruk ..( aslinya ban belakang bawaan pabrik dipindah ke depan ).
Pernah saat ke Ahass ( kebetulan m2000 ngobrol sama pemilik dialer ),  dibilangin kalau ban nya jangan terlalu keras alias agak di bawah tekanan standar aja,biar permukaan ban nya nempel aspal merata sempurna, katanya.
Lhah …gimana critanya…lha wong tadi pas selesai di service aja malah ditambah angin sama mekaniknya…yang bener yg mana coba ???

Nah…jika massbro saat ini mengalami ban motornya melendung seakan-akan benjol? ….Motor serasa berguncang-guncang ketika dijalankan dan rasanya menjadi tidak nyaman dan menyebalkan sekali…ni dia pembahasannya…rugi kalo ‘gak baca...dari ahlinya langsung bro…

Berikut penjelasan dari Saryono , Compounder dari Kingland Tire Indonesia yang pabriknya ada di serang-banten….( ini produk ban nya merk apa ya….ada yang tahu ??? )

Kata mass bro yang satu ini, bahwa fenomena ban benjol ini terjadi sebenarnya lantaran kesalahan produsen ( baca : pabrik ) !!!…catet ya…

image

” Ada yang namanya nylon dilapisi karet , waktu di building mesin, kan diberi dua lapis…antara satu lapisan dan lapisan yang lain di dalamnya kemungkinan ada angin.Walaupun sudah di treathing …itu satu dua pasti ada yang lolos…jadi kesimpulannya bahwa angin terperangkap di dalam.
Kondisi ini lantas disebut dengan blown atau angin terjebak dilpisan dalam diantara kain ban dan telapak…papar massbro Saryono ini.
  ” Ini akibat proses building yang tidak sempurna…efeknya , ketika ban sudah dipakai , maka kondisi ban akan menjadi panas.
Selama ada angin didalamnya dan dalam suhu yang panas , maka akan mengembang.
” Kalau terus mengembang , maka sobeknya akan semakin besar didalamnya…otomatis merembet dan lama-lama telapaknya lepas dan benjol-benjol ‘gak rata jadinya.
Masih menurut massbro Saryono ini…jika ada ban yang ada angin terjebak didalamnya , maka akan dibuang dan dimusnahkan dan dianggap cacat produksi dan tidak boleh dijual.

Nah…kalau konsumen beli ban merk lain , terus benjol-benjol harusnya bisa komplain dan klaim, karena itu jelas kesalahan produksi dari pabrik…” kalau kita …ya kita klaim…”, pungkas massbro ini.

Pada ban motor jenis tubeless, hal ini terjadi karena ban sering terbentur atau menghantam lubang yang memiliki
kedalaman lebih dari 10 cm.
Setelah menghantam lubang, kondisi ban tersebut juga biasanya dipengaruhi oleh kurangnya tekanan angin, sehingga mengakibatkan kawat yang membentuk struktur ban menjadi putus dan akhirnya ban Anda menjadi benjol atau bergelombang…ini pernah terjadi pada ban merk S yang dulu m2000 pasang pada motor tiger.

Sebenarnya hal ini masih bisa diatasi sebelum merembet..artinya jika gelembung benjol nya masih satu dua dan belum besar…tapi cara ini agak ekstrim.
Caranya mudah…massbro tinggal siapin jarum kecil atau peniti , lalu tusuk pada bagian yang benjol…tapi jangan sampai tembus ( cukup lapisan atasnya saja ) yang bertujuan untuk mengeluarkan angin supaya angin tidak merembet saat kondisi panas…nah mudah sekali kan ?

Bagaimana kalau sudah parah ?
* kalau sudah parah ya semestinya diganti…jangan pelit-pelitlah untuk safety…jika punya duit lebih…beli sekalian BATTLAX …

Wah…lha piye …kalau yang menimpa pada ban motor bawaan seperti m2000 alami, ini kan bawaan motor…masalahnya kan kerusakan ban tidak masuk dalam klaim garansi motor…

Menurut m2000…memang ban bawaan WTF yang bermerk F ini…sering bermasalah…menurut informasi yg m2000 dapet sih begitu…yah contoh nyatanya m2000 sendiri lah.

Oya..kalau mass bro punya pengalaman dengan fenomena ban benjol ini…monggo di sharing disini…supaya pembaca lain punya referensi saat akan membeli ban…merknya apa ,tubless tidak, dan benjol setelah dipakai berapa lama ???

image

* Kata Mutiara Hari ini *

Jika yang kamu lakukan adalah kebaikan, maka kebaikanlah yang akan mencarikan jalan untukmu ”

library : otosia

Baca ini juga massbro :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/09/29/belajar-dari-newbie-bagi-yang-merasa-newbie/
Sama yang ini juga :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/11/25/apa-itu-blog/

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto :
1. Di udara kita saudara…di darat kita sahabat.
2. Beritanya sih sama …penyajiannya yang beda

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan