NGURUS STNK/SIM HILANG CUMA 5 MENIT ,200 RIBU SAJA

Assallamu’allaikum brader biker sadayana.

M2000 – Pernahkah brader sekalian mengalami kehilangan dompet plus surat-surat kendaraan saat riding…???..kalau bisa sih jangan sampai ya..ribet urusannya.
Oke deh, sebenarnya judulnya agak panjang ” mengurus STNK / SIM cuma 5 menit , biaya cuma Rp 200 ribu,…seberapa baikkah anda ? ” aslinya seperti itu , karena biar gak dikira njiplak ipanase dan mbah bons yang suka bikin judul panjang, makanya m2000 singkat deh judulnya.

Oke deh, langsung saja ya ceritanya…ini pengalaman pribadi saya gan.
Kemarin , tepatnya hari minggu ,kebetulan saya ‘gak libur , jadi tetep kerja.
Nah, dalam perjalanan pulang , aman dan damai sejahtera sampai rumah ..alhamdulillah.
Nah, kejadiannya pas sudah dirumah , kebetulan pas mau ngambil rokok di jaket, eh rokoknya ‘gak ada …waduh jatuh di jalan nih pikir saya.
Nah ( lagi )…niatnya mau beli rokok, merogoh saku celana belakang…tett..tottt, dompet ‘gak ada.

image

Saya reka ulang kejadian sendiri persis kaya di tivi-tivi itu…diulang dari parkir motor , masuk rumah dll ( biasanya kalau pake metode itu suka berhasil alias inget ).

Ternyata oh ternyata tidak ketemu juga…saya pikir ulang, kira-kira kalau jatuh dimana ya..?
Saya pikir , kalau jatuh di jalan pasti ada yang nemu..( orang mana sih yang matanya ‘gak ijo liat dompet ngegeletak di jalan seakan memanggil ” sentuh dan bawa aku mass “ ..wallah…

Hehe..berawal dari saya telpon temen di kantor siapa tahu jatuh , atau di loker atau di mushola barangkali…ternyata melihat isi BBM balasan , terpampang tulisan ” ra ono ” padahal saya berharap sih ” ra popo “.

Yo wis lah, saya tetapkan opini saya yang pastinya diakhiri dengan kata imho.
Dompet saya jatuh di jalan , imho..“.cmiiw ( ngomong karo sopo ).
Habis sholat magrib saya berdoa gan mudah-mudahan dompet saya ada yang menemukan dan bisa kembali…maklum gan STNK,SIM dan KTP ada disitu..dan beberapa lembar uang puluhan ribu..( tahu sendiri kan, kalau ngurus beginian suka ribet ).

image

Eh,..alhamdulillah gan, doa saya dijawab.
Sesaat setelah itu , hape elji saya berdering tanda ada panggilan masuk.
Dan bener gan, sayup terdengar suara mas-mas mengabarkan kalau dia menemukan dompet saya.
Lho kog dia tahu nomor telpon saya…padahal saya gak pernah bikin kartu nama lho…
Ternyata di dompet ada kupon undian yang saya simpan waktu saya beli hape elji dulu, kebetulan sih hadiahnya diundi akhir april ini..mudah-mudahan dapet nih undiannya..lumayan gan kalo dapet TV LG 84 inchi.

Nah, masnya ini bilang kalau dia menemukan dompet itu di jalan dalam keadaan sudah tidak ada uangnya, jadi tinggal surat-surat saja.
Wah, ‘gak apa-apa lah , yang penting surat-suratnya lengkap.
Dia bilang kalau nanti mau menghubungi saya lagi via SMS.

Oke deh, saya tunggu sampai malam tidak ada SMS nya.
Pagi tadi ,senin terpaksa saya berangkat cuman berbekal STNK fotokopi aja gan, malah SIM A ,saya bawa saking bingungnya mau bawa apa…hehehe.

O ya, kenapa saya ‘gak telpon balik ke mas nya tadi ?
Bukannya gak mau atau ‘gak ada pulsa..tapi ternyata mas nya tadi nomernya di private , alias ‘gak nongol, gimana coba.
Pas di kantor diberitahu sama temen , coba saja ke kantor indosatnya untuk menanyakan nomor misterius tadi.
Oke deh, saya amini dengan mendatangi kantor indosatnya di purwosari arah slamet riyadi Solo.
Saya tanya ke petugasnya..kalau bla,bla..bla..intinya saya mau minta nomor yang menghubungi saya itu..saya berfikiran positif saja kalau mungkin mas nya tadi ‘gak punya pulsa untuk menghubungi saya lagi.

Ternyata di jawab, kalau itu tidak bisa…yess..sudah saya duga sebelumnya..kalau itu hanya boleh jika untuk tujuan penyidikan dalam hal ini Polri dan sebangsanya.
Oke deh…pulang dengan tangan hampa.
Oya..sebelumnya saya juga sudah menanyakan temen aka tetangga yang kantornya ada tulisannya siap melayani anda..alias pak pulisi… yang kebetulan saya pakai jasanya kalau ngurus pajak motor, dia bilangnya ,kalau untuk ngurus STNK dan SIM setidaknya butuh biaya 400 an ribu..itupun motor mesti dibawa ke Samsat buat gesek nomor rangka /mesin…ribet deh katanya.
” Mending nunggu dulu mas, siapa tahu dia menghubungi lagi “.katanya.
” Kalau nanti dia tidak meminta uang, kasih aja 100 ribu, kalau dia minta ya maksimal 200 rb aja, tergantung mas gimana ” katanya lagi.

Oke deh, ..hari ini seharian saya tunggu dia ‘gak SMS juga..waduh..apes nih guwa.
Eh, ndilalah habis isya..dia SMS saya, dia bilang kalau dia sudah di bandung..dan dia bilang kalau dompetnya dititipin ke temennya.
Kalau mau katanya saya disuruh ganti duit yang dia pinjam untuk berangkat ke bandung sebesar 200 ribu.a.wah modus nih pikir saya.

image

Yawdah lah..saya hubungi nomor yang sudah diberikan dan deal 200 ribu ketemuan di terminal..ini saya yang minta.
Oke deh, tidak menunggu lama saya jam 8 malem langsung jalan ngajak saudara saya buat jaga-jaga aja…siapa tahu nanti dia minta macem-macem lagi, kan kalau mau rame saya ada temennya…hehe..

Oke deh ( lagi )..setelah ngomong basa-basi ,dia menyerahkan dompetnya, saya periksa lengkap langsung saya kasih 2 lembar uang pecahan tertingi ..dan sama-sama bilang makasih…kelar.
Ternyata gan…itu orang penampilannya emang preman, dua-duanya gondrong, tau’ tatoan apa enggak wong agak gelap…dari nada suaranya sih kayaknya habis minum ( entah minum milkuat apa jasjus..hehe..)

Sepanjang perjalanan pulang saudara saya bilang, ..wow hebat, ngurus STNK sama SIM cuman 5 menit , samsat lewat…kata saudara saya sambil ketawa.

Udah gan , segitu saja cerita saya, maaf kurang lengkap dan kurang detail, dan kurang panjang tentunya …# uppss…

Eh lupa , tadi kan ada pertanyaannya ,seberapa baikkah anda ?

Nah, pertanyaan ini saya tujukan kepada anda semua, jika sampeyan kebetulan menemukan dompet jatuh di jalan, apa yang anda lakukan ?
A. Membiarkannya
B. Mengambil uangnya dan membuang lagi dompetnya ( paling sering terjadi )
C. Menyelamatkan dompet beserta isinya dan menyerahkan ke polisi terdekat
D. Menyimpannya dan menghubungi / mengembalikan ke pemilik / meminta pemilik mengambilnya kerumah kita tanpa meminta imbalan
E. Meminta tebusan sejumlah uang ( seperti kasus saya tersebut ).

Atau ada pendapat lain, tolong jawab jujur ya…bukan tidak mungkin besok atau kapan, anda mengalaminya…

Wassallamu’allaikum..

Β 

_______________________________________________
* beritanya sih sama, penyampaiannya yang bikin beda *
motto : di udara kita saudara – di darat kita sahabat
_______________________________________________

Iklan

38 tanggapan untuk “NGURUS STNK/SIM HILANG CUMA 5 MENIT ,200 RIBU SAJA”

  1. no di privat ma minta duit 200 ni udah termasuk kategori modus, ane dulu juga pernah kehilangan dompet, ngak jatuh di jalan tapi kecopetan, saat tau dompet ilang berpikiran positip aja soalnya yang ilang cma ktp lama, belum bikin E ktp sama SIM yang masa berlakunya tinggal 3 bulan abis.

    Suka

  2. Kalo pendapat sya sih..berusaha mengembalikan/suruh ambil..aja..gak usah kudu ngasih uang berapa,.inget org suka menolong bkal di tolong,kalopun kita minta upah ya seiklasnya dia,sekedar ngebulke cangkem karo nelesi lambe..hehehe..inget ada pepatah”ALLOH akan senantiasa menolong hambanya,selagi hamba tersebut mau menolong saudaranya/org lain…” josss….!!!

    Suka

    1. Nah ini, bagusnya sih gitu, wong dianya gak modal kog, kebetulan aja yg nemu…prediksi ku sih, paling dia juga yg nemu, bukan org lain…bahasa preman mudah ditebak cak..

      Suka

  3. Mau namhabahi comen saya di atas kang,ada pepatah/hadits:yg maksudnya” jika seseorg menemukan barang,kok dia gak mengembalikan/mengumumkan,maka dia akan sesat,selama masih menyimpan barang tersebut”
    ngerii ueyy!!

    Suka

    1. Lumayan kang, yg penting gak minta-minta..lha kasusnya saya ini, dianya minta tebusan 200rb..plus uang yg didompet total sekitar 300rb, ‘lumayan buat beli minum ( aqua galon )

      Suka

  4. pertanyaane itu kuis atau bukan . ? πŸ™‚ kan lumayan klu dapat hadiah hehee…
    soale aku pernah nemu dompet wkt perjalanan bali ndeso.. Kejadiane sebelum lebaran kemaren.. Ada duite 2jt lebih dikit.. Krn ngga ada no telpne tak goleki alamate.. Nyampe di tempate di suguhi es sirup sm gorengan terus di kasih duit 50rb.. Lumayan pikirku.. Tapi pas aku liat ada ank kecil yg ternyata anknya.. Duite tak kasih lagi sama anknya.. Buat jajan adek aja ya… bukane sok kaya.. Kebetulan habis dpt tranferan thran.. Hehee… yen tanggal tua pasti beda lagi ceritanya.. 50rb .. Lumayan beibe.. πŸ™‚

    Suka

  5. Hebat uey…ngurus STNK sama SIM cuman 5menit. Kalo baca judulnya doang dan gak baca artikele ane ketipu nih..krain ngurusin di samsat dan cuman 5menit beneran.. :mrgreen:

    Suka

  6. aku punya prinsip, kalo nemu barang orang lain entah hp atau dompet bakal tak balikin,soalnya pernah kehilangan hp buluk yang gak seberapa sih tapi kontak ada di hp dan sim card semua dan gak mau ngembaliin rasanya jan . . . . . . . . .asem tenan πŸ˜€

    Suka

    1. Nah itu dia maksudku, wong yang nemu, gak modal, cuman kebetulan nemu , ya toh,..kog minta tebusan, koyo teroris nyandra uwong wae…gimana misalnya yg punya dompet tidak punya uang..trus gak bisa nebus, apa yg nemu gak spt pencuri juga…tp yo wis lah, watak orang beda2.

      Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s