Iklan
Oleh: masshar2000 | 11 Juli 2014

MAKNA LAGU JAWA ” LINGSIR WENGI “

image

M2000 – Anda yang orang jawa atau suku jawa ataupun yang sudah menetap lama di jawa tengah atau jawa timur pasti tahu dengan salah satu lagu jawa yang berjudul lingsir wengi .

Lagu ini begitu populer dan sangat digemari oleh hampir semua kalangan, baik remaja maupun orang tua, karena lagu ini memang di buat dalam beberapa versi ,baik dangdut , congdut ( keroncong dangdut ), pop bahkan koplo.

Selain itu juga dikarenakan lagu ini memang sebenarnya sudah ada semenjak jamannya keberadaan para wali songo ketika menyebarkan agama Islam di pulau Jawa ( lagu bersejarah ).

image

Ada yang perlu digaris bawahi dalam penafsiran
masyarakat yang salah menempatkan lagu Lingsir Wengi ini sebagai lagu yang memiliki image negatif, atau menyeramkan bahkan dilarang untuk menyanyikannya dalam waktu-waktu tertentu.

Konon kata mereka lagu ini bisa mendatangkan kehadiran sosok makhluk gaib yang bernama kuntilanak.
Entah ini penafsiran dari mana, yang jelas semenjak lagu ini digunakan sebagai soundtrack film Kuntilanak, masyarakat yang tidak tahu menahu asal-usul lagu ini pun mulai memiliki pandangan yang berbeda terhadap lagu ini.
Dan kebanyakan dari pandangan itu mengarah
kepada hal-hal yang berbau mistik dan negatif.

image

Untuk itu, perlu dijelaskan kepada mereka bahwa pandangan mereka itu sebenarnya salah.
Lagu Lingsir Wengi ini diciptakan oleh penciptanya
bukanlah sebagai lagu pemanggil makhluk gaib
ataupun sejenisnya.
Nah, untuk menjelaskannya,
mari kita telusuri sejarah lagu ini.
Kita harus menyimak sejarah dan kembali ke jamannya para Wali Songo.
Catat baik-baik ya, lagu atau kidung Lingsir Wengi ini aslinya dibuat oleh Sunan Kalijaga, yaitu salah satu wali dari Wali Songo yang terkenal di pulau jawa karena mengajarkan kebaikan
dengan mengenalkan dan mengajarkan agama Islam di tanah jawa.

Sunan Kalijaga yang mempunyai nama kecil
Raden Said ini memiliki nama-nama lain seperti
Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.
Dan ternyata Beliau lah
yang menciptakan kidung Lingsir Wengi tersebut.

Sunan Kalijaga menciptakan kidung Lingsir Wengi ini dengan memakai pakem gending Jawa yaitu Macapat ( sekar macapat , baca : mocopat ).
Pakem Macapat ini terdiri dari
11 macam pakem yang salah satunya yaitu pakem Durma yang dipakai dalam Lingsir Wengi.

Dari sumber-sumber yang ada , memang biasanya lagu-lagu yang memakai Pakem
Durma harus mencerminkan suasana yang keras, sangar, suram, kesedihan, bahkan bisa mengungkapkan sesuatu yang mengerikan dalam kehidupan.
Oleh sebab itu, lagu Lingsir
Wengi dilantunkan dengan perasaan yang
lembut dan mendayu-dayu, tempo pelan, dan sangat menyayat hati.

Lagu Lingsir Wengi dipakai oleh sunan Kalijaga setelah melakukan shalat malam yang berfungsi untuk menolak bala atau mencegah perbuatan makhluk gaib yang ingin mengganggu.
Selain itu makna lagu tersebut tersirat menyatakan sebuah doa kepada Tuhan.

Selanjutnya…

Potongan lirik lagu asli ” Lingsir Wengi ” dan artinya…

Iklan

Laman: 1 2


Responses

  1. Ijin menyimak mas 😀 http://cicakkreatip.com/2014/07/11/cara-memeriksa-menangani-battery-motor-sebelum-dibuat-mudik-jangan-sampai-gara-gara-battery-ritual-mudik-kita-menjadi-sengsara/

    Suka

  2. Nice info,mas….sangat detail, eheheheh 😉

    http://potretbikers.com/2014/07/11/nikon-d810-kamera-dslr-full-frame-akan-hadir-bulan-juli-2014/

    Suka

  3. ngantuk ki

    Suka

    • Haha…memang bikin ngantuk kl yg nyanyi nurhana

      Suka

  4. nice share mas

    Bukber bareng AHM dan Blogger
    http://monkeymotoblog.com/2014/07/11/buka-puasa-bersama-blogger-dengan-hc3-pt-astra-honda-motor-di-yayasan-shohibul-istiqamah-jakarta-timur-alhamdulillah-d/

    Suka

  5. ngunu,to..
    suwun..,Mas har.. 🙂

    Suka

  6. makasih info nya….. 🙂
    Aku suka nyanyi ini lagu itu heheheh.. Eh malah di bilang serem sama tmn aku wakakakakakakak 😀

    Suka

  7. Seandainya dinyayikan itu mahluk gaibnya bener-bener datang tah ??

    Suka

  8. Terlepas dari apapun maksud atau interpretasi lagu tsb, dari liriknya saja ternyata sudah serem.
    Dari artikel ini saya jadi tau arti liriknya, dan malah menambah pemahaman saya bahwa ini memang lagu horor.

    Suka

  9. waw sram

    Suka

  10. Bagus

    Suka

  11. Thanks untuk infonya

    Suka

  12. tidak seseram yg dibeyangkan

    Suka

  13. om ada yg salah penerjemahannya
    dalam 3 baris lirik terakhir memang mengalami kesalahan dalam penerjemahannya, hingga ada yang mengoreksinya menjadi:

    Jin dan setan kuperintahkan
    Jadilah apa saja
    Jangan membawa maut

    Suka

    • ya segui los pasos en cuanto tiempo se halbiitara o como saber si ya esta listo porque ahora me error y necesito algun programa para subir mis paginas

      Suka

  14. yang lirik yang ditulis sama yang di video kok beda ya?
    yg asli yang mana?
    yg ditulis bukanya yang editan pilm itu ya?

    Suka

  15. Lagu yang sarat makna tapi dianggap menyeramkan hanya karena film kuntilanak

    Suka

  16. hihihihi hantu hantu

    Suka

  17. thank buat informasinya yah, saya jadi tau bahwa lagu lingsirwengi bukan lagu untuk manggil makhlug gaib.

    Suka

  18. lirik nya emang kayak manggil setan… pas baca liriknya bulu pantat saya aja sampe mrinding

    Suka

  19. download lagunya di http://carimusik.net Kumpulan Lagu

    Suka

  20. Lagu gamelan LINGSIR WENGI ini sangat mengesankan buat saya, lirik dan instrumen musiknya sangat menyentuh sekali.

    Suka

  21. Lagu Lingsir Wengi ini sangat mengesankan buat saya, lirik dan instrumen musiknya sangat menyentuh sekali.

    Suka

  22. […] BACA JUGA : Benarkah lagu Lingsir Wengi adalah lagu untuk memanggil Kuntilanak […]

    Suka

  23. […] Makna lagu Jawa ” LINGSIR WENGI ” , benarkah untuk memanggil setan ? […]

    Suka

  24. Kaddour24 Moi quand je veux faire l’amour, je l’appelle au téléphone portable et je lui dit que je l’attend en bas, ensuite elle descend, on se voit à la cage d&eqsuo;escalirr, je soulève son haïk et on fait l’amour debout. Elle aime bien ça. 0  0

    Suka

  25. I found just what I was needed, and it was enenatriting!

    Suka

  26. Shoot, so that’s that one suspesop.

    Suka

  27. You’ve really captured all the essietnals in this subject area, haven’t you?

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: