PRIA INI MENGGUGAT MK KARENA BUNUH DIRI DILARANG

image

M2000 – Ada-ada saja ulah seseorang yang sedang putus cinta asa.Mungkin karena malu, depresi atau setres, seseorang bisa saja melakukan hal nekad dengan cara mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Kita sering mendengar kejadian nekad bunuh diri dilakukan di berbagai negara lewat berita-berita di media.
Kali ini, justru terjadi di negara kita Indonesia tercinta.
Seorang yang bahkan karena pendidikannya tinggi, dan tahu tentang pasal-pasal KUHP ,bahkan malah meminta MK untuk melegalkan bunuh diri dengan menghapus pasal tentang larangan bunuh diri.

image

Edyan memang, hanya karena menganggur ( bahkan baru 1 tahun ), Seorang pemuda lulusan S2 bernama Ignatius Ryan Tumiwa menggugat pasal 344 KUHP ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Pasal itu diajukan Ryan untuk memuluskan niatnya bunuh diri dengan cara menyuntik mati karena putus asa tak dapat pekerjaan.

“Saya kan sekarang dalam kondisi tidak bekerja, gitu. Jadi, saya juga bingung juga gitu ke depannya bagaimana, terus sedangkan di kita kan di Indonesia yang tidak bekerja itu tidak mendapatkan tunjangan, terus saya kan dalam kondisi juga stres dan depresi, jadi saya pernah menanyakan gitu ke Departemen Kesehatan kalau orang yang mau disuntik mati gitu kan ada halangan dari KUHP. Nah, jadi saya menggugat KUHP Pasal 344,” kata Ryan dalam risalah sidang perkara MK nomor 55/
PUU-XII/2014 ( senin 4/8 2014) .

Ryan mengungkapkan, meski memiliki pendidikan tinggi namun tak juga mendapat pekerjaan. Setahun mengganggur, membuat Ryan putus asa. Kondisi ini membuat dirinya mengajukan pasal 344 KUHP. Menurut dia,
pasal itu malah menghambat keinginannya buat bunuh diri.

“Barang siapa yang menghilangkan jiwa orang
lain atas permintaan orang itu sendiri yang disebutkannya dengan nyata dan sungguh-
sungguh, akan dihukum penjara selama- lamanya 12 tahun,” bunyi pasal tersebut , seperti yang di gugat Ryan.

Sidang pendahuluan yang digelar pada Rabu (16/7) lalu itu menyita perhatian para hakim sidang. Sebab, kali ini seorang pemohon
mengajukan perkara gugatan tentang bunuh
diri. Hakim pun memberikan saran terhadap pria yang diketahui berdomisili di RT 008, RW 03, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, ini ( pemirsa ada yang kenal atau malah tetanggaan ‘gak ).

“Ya Allah, jangan, jangan, ya, Ryan, ya? Nanti kalau kita bunuh diri itu kita kekal dalam neraka selama-lamanya seperti kita bunuh diri itu, enggak keluar lagi dari neraka nanti, ya. Pokoknya Ryan semangat hidupnya, ini buktinya kita sudah bisa ngobrol. Luar biasa ini kamu hebatnya bisa ngobrol ini, lama. Oke,
ya?
Yakin? Ya, terima kasih,” ujar Anggota Hakim, Patrialis Akbar.

Duduk dalam persidangan, Aswanto sebagai ketua sidang, Anwar Usman sebagai anggota hakim, dan Patrialis Akbar sebagai anggota hakim. Sidang tersebut akan dilanjutkan pada Kamis (7/8) dengan agenda perbaikan permohonan.

Aneh ya pemirsa… namun ini benar-benar terjadi.
Gugatan terkonyol yang pernah ada menurut admin sih .

Bagaimana dengan pemirsa ?

…Sesuatu akan bernilai , jika ada yang menilainya…

Library : merdeka

Iklan

4 tanggapan untuk “PRIA INI MENGGUGAT MK KARENA BUNUH DIRI DILARANG”

  1. Weleh ada2 aja…ngask kepengin mati,,,melu aku ae,,,tk jak ngarit…lumayan hasile keno gwe tuku mtor,,iso kedal kedul awan bengi…hihihihi…..(buka wngan kerja tqnpa berdasi,,,)

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s