SEPUTAR SPG IIMS – BACA BIAR ‘GAK PENASARAN

image

M2000 – Setiap ajang pameran suatu produk pastinya ada yang namanya Sales Promotion girl ( SPG ).
Kehadirannya diharapkan managemen yang bersangkutan akan dapat menggaet pembeli, kalau produk baru, biasanya akan ditargetkan mengenalkan brand dan tentunya memberikan image yang bagus tentang produk yang ditawarkannya.

Jika pemirsa sering berbelanja ke supermarket , pasti sering ditawari makanan gratis atau minuman gratis , bahkan kadang kala mereka tidak menjual produknya, tapi hanya membagi-bagikan produk saja.
Ini berarti memang target yang diharapkan management memang sebatas mengenalkan produk dan menguatkan image dari brand atau produk baru.
Kalau suka dengan produknya , pasti besuk dia beli, …gak rugi kog..konsumen atau user langsung bisa merasakan produknya, bandingkan dengan spot iklan di media cetak atau televisi…konsumen cuma lihat gambar doang.

Oya,  berapa sih gaji SPG-SPG event ini ?

Dari hasil wawancara admin dengan sejumlah SPG di supermarket, biasanya mereka akan digaji antara 100-175 ribu sehari, dan bekerja hanya jum’at, sabtu ,minggu saja.
Rata-rata SPG event di supermarket ini memang masih mahasiswa atau anak kuliahan. Jadi memang mereka bukan kerja tetap…itu di area Solo-Yogya lho ya…bahkan ada yang gajinya lebih besar lagi..admin hanya mengambil rata-ratanya.
Artinya jika mereka kerja selama sebulan maka tinggal di kalikan 12, kira-kira 1,2 juta – 2,1 juta…bandingkan dengan UMR Solo saat ini yaitu 1.145.000.

Tapi bagaimana dengan SPG mobil di IIMS ?

Untuk SPG event terlebih seperti di Indonesia International  Motor Show 2014, ternyata ada yang bergelar master lho.
Salah satunya adalah Ni Made Ita Rossyani,
anggota Daihatsu Pretty atau tenaga pemasaran di booth PT Astra Daihatsu Motor. Ida yang baru berusia 24 tahun ternyata lulusan pendidikan sarjana strata II. Ida mengantongi gelar master
komunikasi dari London School of Public Relation.

image

Dan memang tak bisa dipungkiri bahwa honor besar membuat banyak gadis tertarik menjadi duta pemasaran atau sales promotion girl (SPG) di arena Indonesia International Motor Show 2014.
Selama sepuluh hari pameran, 18-28
September 2014, mereka mendapatkan
penghasilan lumayan.

Yusa, SPG bus Scania di booth PT United Tractors, misalnya, mengaku dibayar Rp 600 ribu sehari.
Dengan demikian, selama sebelas hari bekerja. Yusa bisa mendapatkan honor Rp 6,6 juta. Jika dibandingkan dengan pameran lain, kata Yusa, honor di IIMS 2014 dua kali lipat lebih besar.

“Kalau pameran biasa cuma dibayar Rp 300 ribu sehari,” kata dia.
Meski honornya besar, Yusa mengatakan IIMS 2014 adalah momen terakhir dirinya bekerja sebagai SPG. Setelah dua kali berpartisipasi di ajang IIMS, Yusa mengaku tidak mau kembali menjadi tenaga pengenal produk karena berniat mencari pekerjaan lain. “Kalau aku sudah lulus kuliah mau cari pekerjaan tetap,” ucap mahasiswi tingkat akhir di salah satu kampus swasta di
Jakarta ini.

Sedangkan Febbya, SPG di booth truk dan bus Hino, mengaku mendapatkan honor Rp 800 ribu sehari. Selain itu, kata dia, manajemen Hino memberikan biaya transportasi dan penginapan.
“Semua sudah ditanggung, jadi aku dapat Rp 8,8 juta untuk sebelas hari,” ujarnya.

image

Berbeda dengan SPG mobil lain yang mejeng di tempat sejuk, Yusa dan Febbya harus berada di’arena outdoor . Sebab, produk yang mereka jaga berukuran besar sehingga harus berada di luar ruangan. Walhasil, Yusa dan Febbya harus berdiri
di samping bus dan truk yang mereka tawarkan, di bawah sengatan matahari.
Sesuai lah sis dengan honornya.

image

image

image

image

Bagaimana pemirsa , ada yang penghasilannya 600-800 rb sehari ?

Library : tempo

Iklan

2 tanggapan untuk “SEPUTAR SPG IIMS – BACA BIAR ‘GAK PENASARAN”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s