PESAWAT AIR ASIA RESMI DITEMUKAN DI PERAIRAN PANGKALAN BUN

image

M2000 – Setelah beberapa hari melakukan pencarian beberapa hari, akhirnya pencarian pesawat Air Asia menemukan titik terang.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) FHB Soelistyo mengatakan kendati
telah menemukan serpihan-serpihan material milik AirAsia QZ8501, namun hingga petang ini pihaknya belum menemukan badan pesawat naas tersebut secara utuh.
“Body pesawat secara pasti belum ditemukan, namun dugaan kita berdasarkan searching kita
masih di sekitar area itu,” katanya di kantor Basarnas Jakarta, Selasa (30/12).

Selain itu, Soelistyo dalam keterangan persnya memastikan bahwa puing-puing material yang ditemukan tim SAR merupakan milik pesawat Air Asia Qz 8501.
“Ada assembling slide craft. Hari ini saya undang dua teknisi AirAsia dan bahwa barang ini milik pesawat AirAsia yang kita cari. Reservoir slide craft, juga sudah diakui pihak Air Asia,” katanya.

Sementara itu, menurut Soelistyo ketinggian gelombang di lokasi mencapai 3 meter. Untuk itu ia meminta tambahan bantuan 2 tim penyelam kepada TNI AL.
“Kemudian, untuk besok kita akan melakukan evakuasi karena tantangan perairan di lokasi adalah tinggi gelombang, maka saya minta bantuan TNI AL 2 tim penyelam tambahan 14
orang,” katanya.
Dia pun menegaskan Basarnas akan membantu pihak Air Asia untuk membawa barang dan korban ke Surabaya. Namun sebelum dibawa
ke Surabaya, para korban dan barang-barang temuan itu akan dibawa terlebih dahulu ke Pangkalanbun.

“Basarnas akan membantu sepenuhnya AirAsia untuk bisa membawa barang maupun korban ke Surabaya. Dibawa dulu ke Pangkalan Bun, dengan kantong jenazah, baru ke Surabaya untuk identifikasi,” pungkasnya.

Sementara itu, presiden Jokowi juga sudah melihat langsung penemuan puing-puing serpihan pesawat Air Asia dengan naik pesawat Hercules milik TNI AU tadi siang.
“Baru saja dua jam lalu saya dari lokasi. Dengan hercules TNI AU, dan bisa melihat langsung agak mendekat,”
kata Jokowi dalam keterangan pers di Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Selasa siang (30/12).

image

Jokowi mengatakan, lokasi jatuhnya pesawat sudah ditemukan. “Tadi saya melihat ada tiga KRI kita yang berada di lokasi dan semuanya sekarang sore dan malam hari ini semuanya menuju kepada lokasi sasaran,” ujarnya.

Untuk diketahui, pencarian hari ketiga AirAsia QZ 8501 membuahkan titik terang setelah serpihan pesawat dan sejumlah jasad ditemukan di perairan sekitar Pangkalanbun, Kalimantan Tengah.

Chief Executive Officer (CEO) AirAsia, Tony Fernandes, mengaku bersedih ketika Basarnas memastikan puing-puing yang mengapung di Selat Karimata adalah milik pesawat QZ8501,
yang hilang sejak Minggu (28/12) pagi. Tony mengatakan, benar-benar hancur melihat fakta tersebut.
“Saya benar-benar hancur. Ini adalah saat yang sangat sulit bagi kita semua di AirAsia, karena kami menunggu perkembangan lebih lanjut dari operasi pencarian dan penyelamatan, tetapi prioritas pertama kami saat ini adalah kesejahteraan anggota keluarga penumpangnya QZ8501,” kata Tony lewat siaran pers, Selasa (30/12), seperti diberitakan merdeka.com.

Iklan

One thought on “PESAWAT AIR ASIA RESMI DITEMUKAN DI PERAIRAN PANGKALAN BUN”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s