HARGA BBM TURUN , APAKAH HARGA SEMBAKO AKAN TURUN JUGA – INI PR JOKOWI

image

M2000 – Seperti kita ketahui , per jam 00.00 senin 19 januari 2014 , harga BBM premium dan solar sudah dipastikan turun , seperti yang sudah diumumkan Presiden Jokowi kemarin.
( baca : Yes – BBM turun lagi )

Jika ada yang belum tahu,
Bahwasanya pemerintah Jokowi-JK baru saja mengoreksi harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Harga baru Premium jadi Rp 6.600 dan Solar Rp 6.400 per liter dan berlaku mulai Senin mendatang.

Dan ternyata, turunnya harga BBM tidak berdampak pada penurunan harga kebutuhan dan harga pangan..ini sudah terbukti pada saat 1 januari lalu saat harga BBM diturunkan…harga pangan atau sembako yang merupakan kebutuhan pokok enggan turun.
Padahal waktu harga BBM naik November silam, harga kebutuhan merangkak naik.

Ketua Komite Tetap Industri Makanan,
Minuman dan Tembakau Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Thomas Darmawan mengatakan harga produk Indonesia mudah naik dan sulit turun. Satu pemicu saja yaitu kenaikan BBM, harga barang langsung naik.
Hal ini terjadi karena tidak adanya zonasi produksi di Indonesia.
Sedikit dipicu langsung naik karena zonasi produksi kita enggak jelas. Udang misalnya, produksi di Bali dan Lombok tapi pasarnya di Jakarta. Ini kan buat mahal menyebabkan
harga bertambah,” ucap Thomas kepada merdeka.com di Jakarta, Sabtu (17/1).

Thomas menyebut, di Vietnam zonasi produksi mereka sangat jelas. Misalnya untuk pembibitan dan ternak budi daya serta pasar terletak di lokasi yang tidak begitu jauh. Hal ini sangat berbeda dengan Indonesia.
Kondisi seperti ini sangat sensitif akan biaya transportasi. Jika ada kenaikan harga transportasi maka harga otomatis menjadi tinggi dan menyusahkan masyarakat.
Ini artinya pasar belum siap menerima kebijakan pemerintahan Jokowi yang berencana menetapkan harga BBM berdasarkan harga minyak dunia.

Sebenarnya, hal ini sudah berlaku untuk harga pertamax yang selalu naik turun setiap saat.
Tapi sayangnya pertamax bukanlah kebutuhan vital masyarakat di Indonesia.
Bisa jadi ini memang butuh waktu untuk mengubah tradisi masyarakat kita.
Memang baiknya dan sudah seharusnya, penurunan harga BBM berkorelasi dengan turunnya harga bahan pangan dan kebutuhan masyarakat serta tarif angkutan.
Namun jelas itu tidak terjadi saat pemerintah menurunkan harga BBM awal Januari.
Harga barang dan tarif angkutan sudah terlanjur tinggi sejak pemerintah menaikkan harga BBM November tahun lalu.

Apa janji jokowi ?

Presiden Jokowi berjanji bakal menekan harga kebutuhan yang kini semakin mencekik masyarakat. Jokowi mulai menebar ancaman dengan memaksa pengusaha sektor transportasi dan logistik, menurunkan harga.
“Saya akan kejar, mungkin ada pemilik-pemilik perusahaan distribusi, logistik, distributor besar atau grosir besar untuk sembako agar harga juga ikut turun,” janji Jokowi di hadapan ekonom dan pengusaha saat acara Indonesia
Outlook 2015 di Jakarta, Kamis (15/1).

Kepala negara berjanji memantau pihak-pihak terkait peredaran barang dan jasa serta harga kebutuhan masyarakat. Mantan Gubernur DKI
ini meminta agar tidak ada spekulan.
“Hati-hati yang hobinya nyetok (barang) dan main harga. Akan saya kejar. Karena kita ingin inflasi kita tekan di bawah 5 persen,” tegasnya.

image

Anda percaya Jokowi bakalan bisa menurunkan dan mengendalikan harga pangan yang sudah melambung ?

So …kita tunggu saja ya…paling tidak sebelum harga BBM naik atau turun lagi…

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s