INI DIA FAKTA-FAKTA YANG SALAH TENTANG LUAR ANGKASA

image

M2000 – Disaat kita masih kecil , kita sudah di cekok’i tentang film-film barat yang banyak memang jadi tren saat itu , sebut saja film star trex , star war dan star-star lainnya.

Semua film tersebut menyuguhkan adegan-adegan yang sungguh memanjakan imajinasi kita tentang keadaan luar angkasa, padahal mereka yang membuat film tersebut belum pernah tahu sedikitpun tentang apa yang ada di luar angkasa sana.
Karena, memang daerah di luar atmosfer bumi atau luar angkasa menyimpan misteri tersendiri yang
belum bisa diungkap seluruhnya oleh manusia.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, muncul fakta-fakta palsu tentang luar angkasa yang bisa menyesatkan pengetahuan umat manusia.
Fantasi luar angkasa yang diciptakan oleh film-film box-office Hollywood tersebut pun tak jarang membuat fakta salah itu menyebar luas.

Lalu, fakta salah apa saya yang kerap
menjerumuskan pemikiran manusia ? Berikut jawabannya,

1. Luar angkasa itu panas
Banyak orang yang mengira bila berada di luar angkasa dan tersorot sinar matahari langsung itu panas menyengat.
Namun kenyataannya justru sebaliknya!
Laur angkasa itu sangat dingin, bahkan tubuh manusia bisa membeku dalam sekejap bila tidak terlindungi, misalnya oleh baju astronot, yang jelas lebih dingin dari di kutub sana.
Lalu bagaimana dengan panas matahari ?
Ingat, panas hanya bisa merambat melalui interaksi fisik dengan suatu benda. Nah, karena luar angkasa tidak memiliki udara, maka tidak ada panas yang diterima oleh tubuh…sudah jelas kan ?

2. Suara terdengar sampai luar angkasa
Saat sebuah roket diluncurkan dari bumi, bunyi yang ditimbulkan sanggup menghancurkan bangunan di sekitarnya. Tetapi setelah roket tersebut melewati atmosfer bumi, bunyi dari
roket tersebut akan menghilang.
Sama dengan panas, bunyi yang pada
dasarnya adalah getaran merambat melalui perantara (udara). Dan karena luar angkasa tidak ada udara maka secara otomatis suara pun tidak bisa terdengar sama sekali.
Ya benar , di luar sana sangat sunyi…lebih sunyi dari jiwamu saat galau…hehehe…

3. Kecepatan cahaya tidak bisa dilampaui
Apakah Anda penggemar film Star Wars atau Star Trek ?
Jika iya, Anda tentu akrab dengan
pesawat luar angkasa yang menggunakan kecepatan tinggi untuk berpindah dari satu planet ke planet lain.
Meskipun terlihat sangat mustahil, ternyata gambaran pesawat luar angkasa itu benar.
Karena di luar angkasa gaya gravitasi sangat rendah, sebuah pesawat sejatinya sanggup melaju dengan kecepatan melebihi cahaya, bahkan tidak terbatas.
Namun hal tersebut belum bisa dilakukan akibat keterbatasan teknologi mesin dan bahan bakar roket dari pesawat luar angkasa itu sendiri.
Bahkan karena tidak adanya gravitasi ( sangat kecil, dibulan aja konon gravitasinya hanya seperenamnya bumi ), hembusan dari sebuah balon saja, mungkin bisa menghempaskanmu jauh …seperti saat hatimu sedang tersakiti, gampang limbung bro…

4. Astronot hidup tanpa gravitasi

image

Saat ini astronot NASA tengah melakukan penelitian di stasiun luar angkasa ‘ISS’.
Nah, tanpa disadari banyak orang mengira bila astronot tersebut hidup tanpa gaya gravitasi karena sudah tidak berada di bumi.
Anggapan tersebut adalah salah ? Astronotmasih bisa merasakan gaya gravitasi yang dihasilkan oleh bumi dan bulan, meskipun sangat rendah Akibat gaya gravitasi yang sedikit itulah manusia bisa beradaptasi hidup di luar angkasa tanpa membutuhkan waktu
lama.

5. Sabuk asteroid mustahil dilewati

image

Masih dari film petualangan angkasa
terkenal, Star Wars, digambarkan bila daerah tempat tinggal asteroid atau sabuk asteroid di penuhi oleh batu sebesar kepalan tangan hingga gedung bertingkat. Sehingga sangat sulit dilalui pesawat luar angkasa.
Sekali lagi, hal tersebut hanyalah fantasi.
Sabuk asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter misalnya, ternyata tidak sepadat yang dikira selama ini ( kalau di gambar laksana hamparan pasir ).
Jarak antar satu asteroid dengan asteroid lain nyatanya bisa mencapai ribuan kilometer…wauw…wauw..wauw…alangkah besarnya jagad raya ini ya…

6. Matahari itu bola api
Apakah Anda termasuk orang yang
menganggap bila matahari itu bola api ?
Mungkin kini saatnya untuk merubah pemikiran tersebut.
Berdasarkan gambar-gambar matahari dari zaman kuno, matahari memang digambarkan sebagai bola api.
Tetapi kenyataannya tidak demikian. Matahari memang bersinar, namun
tidak terbakar.
Ya, cahaya dan jilatan-jilatan ‘api’ itu adalah gelombang magnetik dan panas yang dihasilkan oleh reaksi nuklir dari inti matahari, bukan api yang biasa kita lihat sehari-hari.

Nah, gimana pemirsa…sudah jelas sekali kan , ternyata selama ini apa yang kita pahami banyak salahnya ya….
Kebanyakan ngayal sih…ni pasti gara-gara star trex….wakwauu…

Iklan

12 tanggapan untuk “INI DIA FAKTA-FAKTA YANG SALAH TENTANG LUAR ANGKASA”

  1. AL QURAN, PERISTIWA ISRA’ MUHAMMAD SAW DAN TEORI STEPHEN HAWKING

    Bagian tiga dari tiga bagian

    Sejalan dengan maunya Stephen Hawking, NASA mencari Alien dan planet pengganti bumi? Nyatanya sampai detik ini Alien dan planet yang dicari tak kunjung ditemukan!

    Dilansir Dailystar, Rabu (8/4/2015), NASA mengatakan, manusia tidak tinggal sendiri di alam semesta ini. Ellen meyakini manusia akan menemukan kehidupan alien pada satu atau dua dekade yang akan datang.

    “Kami tahu di mana harus mencari, kami tahu bagaimana melihatnya, dan di banyak kasus kami memiliki teknologi,” ungkap Ellen. Alien yang dimaksud bukanlah makhluk berukuran besar, menyerang bumi seperti yang digambarkan dalam film.

    Akan tetapi, alien ini ialah mikroba berukuran kecil yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Temuan terbaru menambah keyakinan bahwa manusia kemungkinan lebih cepat menemukan alien dibandingkan perkiraan sebelumnya.

    NASA menunjuk Mars sebagai area yang berpotensi memiliki kehidupan asing. Mars diyakini pernah memiliki lautan sampai kedalaman satu mil. Planet merah itu juga dipercaya pernah memiliki air yang bertahan dalam jangka waktu yang lama.

    http://techno.okezone.com/read/2015/04/08/56/1131076/manusia-bisa-temukan-alien-melalui-teknologi

    Teka-teki kehidupan mahluk asing, atau alien di laur angkasa kian menjadi misteri. Padahal, beberapa waktu lalu, Badan Anatriksa Nasional Amerika Serikat (NASA) optimistis kehidupan alien akan ditemukan pada satu dua dekade mendatang.

    Peneliti Penn State University, Pennsylvania, AS, mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ada bukti nyata tanda-tanda kehidupan alien di alam semesta. Bantahan peneliti itu muncul, setelah mereka meneliti 100 ribu galaksi di alam semesta dan tak menemukan tanda kehidupan alien.

    Dikutip dari Popular Science, Kamis 16 Maret 2015, peneliti mengatakan bahwa setidaknya tanda kehidupan alien bisa dilacak dari munculnya pancaran panas.

    “Jika seluruh galaksi telah dikoloni oleh peradaban maju, energi yang dihasilkan teknologi peradaban itu bisa dideteksi dalam gelombang panjang inframerah pertengahan,” jelas Jason T Wright, profesor peneliti Penn Statae University, yang menginisiasi studi Glimpsing Heat from Alien Technologies Survey.

    http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/614379-misterius–tak-ada-jejak-alien-di-100-ribu-galaksi

    Pada 2011 lalu, para ilmuwan dari University Portsmouth membuat peta tiga dimensi alam semesta. 2MASS Redshift Survey (2MRS) — namanya — mencakup jarak 380 juta tahun cahaya, 45.000 galaksi tetangga selain Bima Sakti. Itu pun belum semua. Alam semesta sedemikian luas. Lalu di mana posisi kita, manusia?

    http://news.liputan6.com/read/2138039/26-fakta-alam-semesta-yang-bikin-merinding-dan-merenung

    Misi eksplorasi planet Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berakhir sesuai rencana namun dramatis ketika pesawat antariksa MESSENGER menubruk permukaan Merkurius, demikian menurut pernyataan NASA, Jumat.

    Pesawat antariksa MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry, and Ranging (MESSENGER) menubruk Merkurius dengan kecepatan sekitar 8.750 mil per jam atau 3,91 kilometer per detik dan membentuk kawah baru di permukaan planet itu.

    “Misi MESSENGER akan memberi para ilmuwan ladang hasil baru saat kita mulai fase selanjutnya dari misi ini–menganalisis data-data yang sudah ada di arsip, dan mengungkap misteri Merkurius,” katanya di laman resmi NASA, Jumat.

    http://www.antaranews.com/berita/493784/pesawat-antariksa-nasa-tubruk-permukaan-merkurius

    Suka

  2. AL QURAN, ISRA’ MUHAMMAD SAW DAN TEORI STEPHEN HAWKING

    Bagian dua dari tiga bagian

    Manusia-manusia cerdas tidak percaya dengan teori wahyu di atas dan mereka menyakini sains lebih masuk akal dari pada informasi agama?

    Fisikawan Stephen Hawking menyatakan bahwa dirinya ateis. Ia mengatakan, sains menawarkan penjelasan yang lebih masuk akal tentang asal-usul alam semesta daripada agama.

    Hawking menyatakan pandangannya tersebut dalam wawancara dengan koran Spanyol, El Mundo, 21 September 2014 lalu.

    “Sebelum kita mengenal sains, natural untuk percaya bahwa Tuhan mengenal alam semesta. Tapi sekarang sains menawarkan penjelasan yang lebih meyakinkan,” kata Hawking.

    Dalam bukunya yang fenomenal, A Brief History of Time, Hawking menyatakan, dengan mempersatukan sains dan agama, manusia akan memahami “pikiran Tuhan”. El Mundo menanyakan apa yang dimaksud dengan pikiran Tuhan.

    Hawking menjawab, “Kita akan tahu pikiran Tuhan, artinya kita akan tahu apa yang Tuhan tahu. Itu kalau Tuhan ada, tapi Tuhan tidak ada. Saya ateis.”

    Tahun 2011, Hawking menyatakan pada The Guardian bahwa ia tak percaya surga. Baginya, surga adalah untuk orang-orang yang takut kegelapan.

    Dikutip situs IBTimes, Minggu (28/9/2014), Hawking menyatakan, “Menurut saya, tidak ada aspek realitas melampaui realitas yang bisa dipahami manusia.”

    http://sains.kompas.com/read/2014/09/30/19113921/Stephen.Hawking.Sains.Lebih.Menjanjikan.daripada.Agama

    Teori Stephen Hawking membuat dirinya frustasi , pesimis dan stres a.l. tidak ditemukan obat untuk penyakit yang dideritanya sendiri?

    Fisikawan dan kosmolog ternama dunia, Stephen Hawking, menuturkan bahwa misi penjelajahan angkasa masih tetap perlu dilanjutkan. Tujuannya tak lain demi kemanusiaan itu sendiri.

    Kosmolog berusia 71 tahun tersebut mengungkapkan bahwa tanpa penjelajahan angkasa, manusia terancam punah. Manusia belum tentu bisa bertahan hidup 1.000 tahun lagi. Satu-satunya jalan, manusia harus punya opsi untuk lari dari Bumi yang rentan.

    Hawking juga bicara tentang pengalaman hidupnya. Hawking didiagnosis mengalami penyakit saraf 50 tahun lalu. Ia mengungkapkan bahwa pada awalnya ia sangat depresi dan berpikir untuk menghentikan studinya.

    Namun, Hawking akhirnya tetap melanjutkan studinya. Dikutip Physorg, Rabu (10/4/2013) lalu, Hawking mengatakan, “Jika memahami bagaimana semesta bekerja, Anda bisa mengontrolnya dengan suatu cara.”

    Hawking bicara tentang penyakitnya yang juga disebut amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Penyakit itu menyerang sel saraf sehingga pada akhirnya penyandangnya sulit bergerak dan bernapas. Tidak ada pengobatan untuk penyakit itu.

    Misteri di kerajaan langit sejalan dengan misteri dalam dirinya sendiri, tak ditemukan solusinya!

    “Bagaimanapun sulitnya hidup kita, selalu ada jalan bagi kita bisa lakukan dan bidang bagi kita untuk sukses,” kata Hawking yang terkenal lewat bukunya A Brief History of Time dan The Grand Design.

    Saat awal didiagnosis, dokter yang menangani Hawking mengatakan bahwa ia takkan hidup lama. Namun, ternyata Hawking berhasil mencapai usia 70 tahun. Robert Baloh, direktur Cedar-Sinai ALS Program, mengatakan, hingga kini belum diketahui apa yang bisa membuat Hawking berumur panjang.

    http://sains.kompas.com/read/2013/04/15/20210837/Tanpa.Eksplorasi.Antariksa..Manusia.Terancam.Punah?utm_campaign=related&utm_medium=bp-kompas&utm_source=news&

    Suka

  3. AL QURAN, ISRA’ MUHAMMAD SAW DAN TEORI STEPHEN HAWKING

    Bagian satu dari tiga bagian

    Motto:

    Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan (kerajaan) LANGIT (yang luas tak terhingga) dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy untuk mengatur segala urusan (semua ciptaan-Nya). Tiada seorang pun yang akan memberi syafaat kecuali sesudah ada izin-Nya. (Zat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? [QS. Yunus, 10:3]

    Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas LANGIT dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. [QS. Al-Hadid, 57:21]

    Proses manusia terdampar di BUMI

    Sinyal makhluk ciptaan Allah hanya manusia dan hanya ditempatkan di planet BUMI ini saja dan tidak ada makhluk asing semacam atau setara ‘manusia’ baik dibintang, planet atau bahkan satelit yang ada di kerajaan langit dan bumi.

    Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka BUMI”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orangyang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. [QS. Al-Baqarah, 2:30]

    Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di BUMI, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”. [QS. Al-Baqarah, 2:36]

    Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka BUMI sampai waktu yang telah ditentukan”. Allah berfirman: “Di BUMI itu kamu hidup dan di BUMI itu kamu mati, dan dari BUMI itu (pula) kamu akan dibangkitkan. [QS. Al-A’raf, 7:24-25]

    Jaminan Tuhan, Allah Ta’ala kepada makhluk ciptaan-Nya Manusia dan Jin (bukan Alien)!

    Kami akan memperhatikan (kebutuhan hidup dan kehidupan) sepenuhnya kepadamu hai MANUSIA dan jin. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?. Hai jama’ah jin dan MANUSIA, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru (kerajaan) langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (teknologi ruang angkasa). (QS. 55:31-33)

    Manusia mewujudkan kemampuannya melintas LANGIT

    Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi ruang angkasa) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, (tapi ingat) kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (teknologi antariksa). (QS. 55:34)

    Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS, 55:36)

    Nabi Muhammad SAW menjelajah antariksa dalam Peristiwa Isra’ sampai ke Sidratil Muntaha

    Karena sampai detik ini para ilmuwan ahli dibidang astronomi atau benda-benda langit belum bisa memastikan apakah ada makhluk hidup semacam manusia di planet selain bumi kita. Walau pun ada dugaan bahwa ada makhluk berasal dari alein di salah satu plenet selain bumi kita ini, namun tetap saja belum ditemukan keberadaan makhluk itu. Simak Firman Allah Ta’ala ini:

    Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit [bukan ke Masjidil Aqsha, di Palestina?], maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan (QS. 2:144).

    Kalau Masjidil Aqsha itu bukannya yang ada di Palestina sekarang ini atau bukan pula seperti pendapat penulis di atas bahwa masjid terjauhnya ialah berada di planet terujung dari Matahari, maka dapatlah kita simpulkan bahwa bisa jadi Masjidil Aqsha dimaksud adalah yang ada di Sidratil Muntaha sebagaimana sinyalnya digambarkan oleh Al Quran sbb.:

    Dan sesungguhnya (Muhammad) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu ketika Muhammad) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal (dan tempat ibadah), (dan Muhammad melihat Jibril) ketika (di) Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. (Begitu juga) penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari (kehebatan dari kerajaan langit) yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia (Muhammad benar-benar) telah melihat (benda-benda antara langit dan bumi) sebahagian tanda-tanda (kebesaran dari kekuasaan) Tuhannya yang paling besar. (QS. 53:13-18).

    Berarti perjalanan (isra’) yang dimaksud pada QS. 17:1 dimaksud sekaligus adalah bentuk mi’roj-nya Nabi Muhammad SAW ke Sidratil Muntaha.

    Sementara manusia pasca era Islam, Al Quran dan Muhammad SAW hanya beberapa orang tokoh saja yang mampu menjadi astronot menjelajah kerajaan langit. Sementara tokoh Stephen Hawking sebagai salah seorang penggagas penjelajahan manusia ke antariksa sendiri belumlah pernah mencoba menjadi astronot.

    Suka

  4. saya kurang puas ketika diktakan panas merambat melalui benda saja.. saya kira itu perlu diklrifikasi dan juga yang sya ketahui, di luar angkas itu panas karena hampa udara…

    Suka

  5. duhh si mimin kayanya lagi galau nih bikin yang baca jadi ikutan baper haha.. btw nice info min.. biar lebih mantep lagi cantumin bukti” pendukung biar makin top markotop

    Suka

  6. ”Masihkah anda bersikeras dg pengetahuan fakta-fakta anda ini?…..coba anda renungi berkali-kali lgi,meskipun katanya fakta…..tapi itu adlah fakta-fakta yang tidak bisa dipertanggung jawabkan…..bahkan oleh penulisnya sendiri…..semua kan masih bersumber katanya dari NASA yg canggih itu?….masih sebatas katanya……apkah anda tahu?….padahal semua berita dari NASA itu sudah melalui proses editing sesuai keinginan mereka…..maka FAKTA YANG BENAR adalah….semua cerita ini dan itu tentang angkasa luar itu adalah sebatas KATANYA…..dan maka dari itu ”KATANYA” ITULAH FAKTANYA….” 🙂 🙂

    Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s