TAK JADI LANTIK BUDI GUNAWAN , BUKTI JOKOWI BERANI LAWAN PDIP – NETIZEN PUN DUKUNG JOKOWI

image

M2000 – Kemarin, setelah menunda kesekian kalinya pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri , akhirnya secara bulat Jokowi mengambil keputusan tegas atas polemik Kapolri ini. Dirinya secara resmi
membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan dan mengajukan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri baru.

“Yang pertama mengingat bahwa pencalonan Komjen Pol Drs Budi Gunawan SH sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat, maka untuk menciptakan
ketenangan dan memperhatikan kebutuhan Kepolisian Republik Indonesia untuk segera dipimpin Kapolri yang definitif maka kami hari ini mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti ke DPR sebagai Kapolri,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta.
Seperti kita ketahui pengangkatan Kapolri adalah hak prerogratif presiden yang terbatas , artinya harus ada persetujuan DPR…berbeda dengan pengangkatan seorang mentri yang menjadi hak prerogratif penuh seorang presiden.

Memang keputusan tersebut sangat mengejutkan karena penunjukan Komjen Budi adalah karena usulan Megawati ( PDIP ) yang menjadi partai pengusungnya.
Itu menandakan bahwa Jokowi sedikit demi sedikit mulai berani dari lingkaran politik partai pendukungnya.
Sulit memang , tapi memang harus dilakukan, karena setelah menjadi presiden harus menjadi dan mengabdi sepenuhnya untuk rakyat.

Pembatalan pelantikan Budi Gunawan dan penunjukan komjen Badrodin Haiti sontak menjadi sorotan utama pemberitaan di media elektronik dan media online.
Sementara itu di media sosial, topik dengan kata kunci Budi Gunawan dan Badrodin Haiti menjadi pembicaraan utama.
Social media monitoring PoliticaWave mencatat, sejak pukul 14.00 WIB hingga 16.30 WIB mencatat jumlah percakapan yang besar untuk topik tersebut yakni 21.496.
Percakapan yang dilakukan oleh 8.858 unique user di mana percakapan tersebut berpotensi menjangkau 58.504.248 akun.
“Dukungan netizen akan keputusan Jokowi tersebut sangat besar yakni sebanyak 17.889 percakapan atau sekitar 88 persen netizen mendukung dan memberikan sentiment positif
atas keputusan tersebut. Sementara sentiment negative hanya mendapat nilai 1 persen dari seluruh total percakapan yang datang dari kritik PDIP atas keputusan Jokowi tersebut,”
tulis PoliticaWave melalui siaran pers seperti dilansir merdeka.com, Rabu (18/2).

PoliticaWave menjelaskan, selama masa pemantauan tidak ditemukan tweet dari netizen yang tetap mendukung pencalonan Budi Gunawan. 11 persen dari total percakapan
adalah sentimen netral yang datang dari topik mengenai share berita mengenai penjelasan pengumuman tersebut maupun pengumuman penunjukan serta profil badrodin Haiti.
Hasil analisa PoliticaWave membagi reaksi positif netizen tersebut menjadi tiga topik utama yakni dukungan netizen untuk Jokowi dan keputusannya mendominasi topik percakapan dengan total sebesar 10,649 percakapan atau lebih dari 60 persen dari percakapan positif.

Keputusannya banyak dipuji oleh netizen terutama mengenai keberaniannya untuk tidak melantik Budi Gunawan dan penunjukan tiga tokoh KPK terutama Johan Budi yang dinilai tepat.

Iklan

3 tanggapan untuk “TAK JADI LANTIK BUDI GUNAWAN , BUKTI JOKOWI BERANI LAWAN PDIP – NETIZEN PUN DUKUNG JOKOWI”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s