KOIN UNTUK AUSTRALIA : BALASAN ATAS NAIFNYA AUSTRALIA

image

” Tolong jangan dilupakan saat Indonesia dihantam tsunami, Australia langsung mengirimkan bantuan kemanusiaan miliaran dollar. Australia akan selalu menolong Indonesia. Dan kami berharap Anda dapat membalas (kebaikan itu) pada saat ini “.

– Anthony John Abbott

Kata-kata diatas adalah pernyataan Tony Abbott perdana menteri Australia atas penolakannya atas eksekusi mati duo ” Bali Nine ” .
Naif sekali jika dana hibah saat tsunami aceh waktu itu diungkit-ungkit , hanya untuk membela dua orang warganya yang menjadi pengedar narkoba di Indonesia.

Memang 11 tahun lalu saat Aceh dilanda tsunami, Australia pernah mengirim bantuan miliaran dolar, mayoritas berupa hibah, buat pembangunan rumah warga Aceh yang hancur diterjang tsunami pada 2004 lalu. Dana ini juga dipakai untuk mendirikan sekolah darurat serta infrastruktur utama seperti jalan raya.

Atas bantuan tersebut, Perdana Menteri Australia Tony Abbott meminta pemerintah Indonesia harus membatalkan eksekusi mati dua warga negaranya yang terlibat penyelundupan heroin di Bali. Dia mengungkit bantuan Australia yang sangat besar untuk rekonstruksi Aceh selepas diterjang bencana tsunami tahun 2004 lalu.

Kemurahan hati warga Negeri Kanguru, menurut Abbott, seharusnya dibayar Indonesia dengan memberi grasi pada kedua warganya, Andrew Chan (31 tahun) dan Myuran Sukumaran (33 tahun). Keduanya terbukti otak jaringan penyelundupan narkoba yang disebut ‘Bali Nine’. Untuk menyelamatkan mereka, terpaksa bantuan kemanusiaan tersebut diungkit.

“Tolong jangan dilupakan saat Indonesia dihantam tsunami, Australia langsung mengirimkan bantuan kemanusiaan miliaran dollar. Australia akan selalu menolong Indonesia. Dan kami berharap Anda dapat membalas (kebaikan itu) pada saat ini,” kata Abbott seperti dilansir Sydney Morning Herald, Rabu (18/2).

Pernyataan tersebut membuat rakyat Indonesia geram dan lantas ada sindiran keras dari rakyat Indonesia dengan menggelar aksi coin for Australia serentak di kota-kota di hampir seluruh Indonesia.

image

Menurut salah satu penggagas koin untuk Australia, Rian, jika setiap orang di Indonesia mendonasikan satu koin, maka dapat membantu untuk membayar kembali dana bantuan yang diberikan oleh Negeri Kanguru. Dia
optimistis bisa terkumpul mengingat jumlah rakyat Indonesia yang mencapai 250 juta orang.

“Kami pikir ini sangat mendesak. Ada begitu banyak bidang kerja sama antara Pemerintah Australia dan Indonesia. Justru, dari kerjasama itu, Pemerintah
Australia jauh lebih diuntungkan,” kata Rian.
Seperti diketahui, kedua negara bekerja sama di beberapa bidang antara lain, anti-terorisme, keamanan perbatasan, pertahanan dan pembangunan kerangka
hukum.
“Jadi, jangan berani Anda menyebutkan nominal bantuan kecil sebesar AUD$1 miliar kepada kami,” tegas Rian.

Selain itu, kampanye pengumpulan koin ini untuk mengingatkan rakyat Indonesia tentang arti kemerdekaan.
“Kami sebuah bangsa yang menolak untuk dijajah. Sebuah bangsa yang ingin mengatakan kepada negara
lain untuk tidak mencoba merusak republik ini,” imbuhnya.
Rian menyebut hasil pengumpulan koin tersebut akan diserahkan ke Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan berani menyebut jika memang bantuan itu menjadi soal bagi Australia, maka
Indonesia menyatakan siap untuk mengembalikan semua bantuan yang telah diberikan saat bencana tahun 2004 silam tersebut.
“Kalau begitu tidak dianggap kemanusiaan [ bantuan tsunami Aceh ], kita kembalikan saja,” kata Kalla di
Kantor Wakil Presiden, Senin 23 Februari 2015.
Pernyataan yang sama juga dilontarkan ketua MPR Zulkifli Hasan, bahkan dirinya pun juga akan ikut menyumbang coin untuk mendukung aksi rakyat tersebut.

“Saya kira sudah tepat teman-teman mengumpulkan koin untuk Australia,” katanya di Gedung DPR/MPR/DPD RI
Jakarta, Senin.
Dia juga mengaku bersedia ikut mengumpulkan koin untuk Negeri Kangguru.
“Siap, boleh, mau saya,” kata calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu.

Nah, pemirsa setujukah anda semua dengan aksi coin for Australia ini ?
Yang jelas , sejumlah bantuan uang dari Australi ketika tsunami tidak akan bisa membeli harga diri bangsa Indonesia, dan jangan sampai harga diri bangsa kita di ditawar oleh Tony Abbot.

Bagaimana di kotamu ?

Library : berbagai media

Iklan

One thought on “KOIN UNTUK AUSTRALIA : BALASAN ATAS NAIFNYA AUSTRALIA”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s