GEDUNG GARUDA – TINGGAL KENANGAN

image

M2000 – Sebagai bangsa yang besar, tentunya kita akan selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan , itu salah satunya.
Namun tidak lupa kita juga harus merawat peninggalan-peninggalan sejarah , ataupun gedung-gedung yang pernah menjadi sejarah perjalanan sebuah negara.

Dalam hal ini tentunya pemerintah yang berperan .
Sangat disayangkan sekali apabila sebuah bangunan yang juga menjadi simbol-simbol sebuah negara tidak terawat dan bahkan hilang dan rata dengan tanah , hanya karena untuk industri dan sebagainya.

Seperti yang terjadi pada Gedung Garuda.
Gedung Garuda, atau dikenal dengan Graha Garuda Tiara Indonesia (GGTI) kini sudah tinggal kenangan. Bangunan yang berdiri sejak era Presiden Soeharto ini tak lagi menampakkan dirinya lagi, alias sudah rata
dengan tanah.
Bangunan yang berada di Jalan Narogong KM 23 No. 176 Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor ini pernah menjadi kebanggaan bangsa.

image
Pencitraan dari google maps saat masih kokoh berdiri

Bentuknya pun cukup unik karena dibuat sedemikian mirip dengan burung garuda
raksasa yang menjadi simbol negara.
Di negara-negara maju , justru mereka berlomba-lomba membuat sebuah bangunan yang nantinya akan menjadi simbol-simbol penting sebuah negara.
Sebagai contoh, bangunan pencakar langit Burj Khalifa, tentunya kita akan ingat dubai jika mendengar Burj Khalifa, kemudian ada menara kembar petronas Malaysia, atau WTC Amerika ( sudah diluluh lantakkan pada tragedi bom WTC ) dan lain sebagainya.

Di Indonesia, kenapa justru sebaliknya.
Salah satunya ya Gedung Garuda ini.
Mungkin pemirsa yang berdomisili di Bogor dan sekitarnya akan bisa melihat langsung penampakan gedung yang tidak terawat dan akhirnya lenyap dari muka bumi ini.
Tapi bagi yang tidak pernah melihat dan hanya tahu dari media, kita hanya bisa melihat foto dan penampakan gedung ini dari satelit/Googlemaps.

Dari hasil pantauan satelit, bangunan ini masih berdiri kokoh dari tahun 2006 sampai 2013.
Kini, berdasarkan peta dari Google Maps,
bangunan ini sudah tak nampak, hanya
hamparan tanah berpasir yang terlihat.
Untuk diketahui, GGTI juga memiliki 456 kamar dan dilengkapi aula. Bangunan ini mampu menampung lebih dari 3.000 orang, lengkap dengan sarana olahraga, helipad dan beberapa kamar khusus di bagian ekornya.

Saat didirikan pada Agustus 1995 lalu,
bangunan ini dipakai sebagai tempat
penginapan atlet sekaligus lokasi untuk
menumbuhkan semangat garuda.
Pengoperasiannya dimulai sejak 1996, sejumlah tamu pernah menginap di tempat ini, sebagian besar merupakan eksekutif dari sejumlah industri yang berada di kawasan tersebut.
Gedung Garuda ini dibangun dengan kucuran dana sekitar Rp 75 miliar. Waktu itu rupiah masih kokoh di angka Rp 2.194 Dollar. Seiring bergesernya waktu, bangunan megah ini semakin terpuruk dan ditinggal peminatnya.
Keberadaannya semakin menyedihkan dan
benar-benar menderita. Ilalang mulai menutupi, tembok-temboknya dijadikan coret-coretan dan tempelan pamflet tak beraturan.

image

Saat ini nasib dari Gedung Garuda Pancasila
raksasa itu memang telah menjadi kenangan dan sejarah bagi anak cucu kita nanti. Rombongan tamu yang menginap seperti ketika pada pemerintahan presiden Soeharto masih berkuasa, tidak akan terlihat lagi. Pemuda-pemudi yang tergabung dalam Kirab Remaja Nasional pun juga tidak akan pernah singgah lagi.
Apabila malam telah datang, tidak ada warga sedikitpun yang berani melewati di sekitar graha. Mereka hanya berani lewat pada siang hari, melintasi jalan setapak yang membelah kawasan tersebut.
Kini Graha Garuda Tiara telah dijaga 40 petugas keamanan. Mereka berjaga bergantian, tugas utama mereka yaitu mengawasi pencuri barang bekas yang
telah siap mengincar baja-baja kokoh bangunan mahal itu.

image
Gedung Garuda kini sudah rata dengan tanah

Hal yang perlu kita renungkan apakah kita kini tidak mampu lagi menjaga sebuah bangunan bersejarah yang Mempunyai lambang yang dijadikan bentuk utuh sebuah bangunan yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia ?
Apakah pemerintah sudah tidak peduli dan tidak mempunyai uang lagi untuk merawat gedung-gedung bersejarah ?

Seharusnya pemerintah mengatakan ” I do Care ” dan rakyat juga akan mengatakan ” Yes we Care “.

Iklan

One thought on “GEDUNG GARUDA – TINGGAL KENANGAN”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s