Ini dia calon tunggal Panglima TNI

image

M2000 – Presiden Jokowi , hari ini secara resmi mengajukan satu nama untuk menjadi Panglima TNI.
Dan hari inipun DPR telah mendapatkan surat pengajuan dari Presiden Joko Widodo perihal Panglima TNI yang baru untuk menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan memasuki masa pensiun.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut hanya satu nama yang diajukan tersebut yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Gatot Nurmantyo.
“(Dalam surat) Atas namanya saya liat, saya liat copy-nya sepintas. Pak Gatot Nurmantyo,” kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/6) seperti dilansir dari Merdeka.com.

Fahri menjelaskan dalam surat yang baru saja diterima oleh DPR sore tadi itu, tidak dituliskan alasan dari Jokowi memilih Gatot sebagai calon Panglima TNI. Namun, ia enggan berspekulasi di balik pemilihan Gatot ada motif politik di dalamnya.
Padahal, menurut tradisi, seharusnya Panglima TNI pengganti Moeldoko yakni Kasau Marsekal Agus Supriatna.

“Kami tak menuduh presiden ada motif politik di dalamnya. Tapi yang kita harapkan presiden ada penjelasan lebih spesifik. Misalnya kalau presiden bilang hak prerogatif, ya itu biasa saja. Tapi bagaimanapun merubah kebiasaan itu ada satu penjelasan,” kata dia.

Sebelumnya, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan pemerintah belum membahas nama calon Panglima TNI yang baru, menggantikan Jenderal Moeldoko yang akan masuk masa pensiun. Pengisi jabatan itu diserahkan penuh kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Dijabat bergantian. Sekarang seharusnya TNI AU, tapi kita serahkan ke Bapak Presiden mana yang beliau akan angkat,” kata Tedjo di Medan, Senin (7/6).

Menurut Tedjo, UU menyatakan posisi Panglima TNI dapat diisi bergantian oleh Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Setelah dua kali dijabat jenderal dari Angkatan Darat dan sekali dari Angkatan Laut, selazimnya kali ini giliran Angkatan Udara.
“Harusnya sekarang AU, tetapi Presiden punya hak siapa saja yang diinginkan,” ujarnya.

Saat ditanya kemungkinan TNI AD yang kembali dipilih Presiden, Tedjo menyatakan hal itu bisa saja terjadi. Namun penunjukan sosok itu sesuai dengan visi dan misi pemerintah.
Tapi yang jelas Jendral Gatot ini berasal dari Angkatan Darat.
Artinya TNI AU yang katanya di anak tirikan selama ini memang terbukti.

Gatot Nurmantyo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982 yang berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad . Gatot pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, [5] Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil . Selain itu, Gatot juga adalah Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018.

Berikut biografi calon Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo ,

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (lahir di Tegal, Jawa Tengah, 13 Maret 1960; umur 55 tahun) adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai menjabat sejak tanggal 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden SBY untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman ,  Ia sebelumnya mengemban amanat sebagai Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Muhammad Munir .
Gatot Nurmantyo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982 yang berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad . Gatot pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, [5] Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil . Selain itu, Gatot juga adalah Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018.

Karier militer

1. Danton MO. 81 Kiban Yonif 315/Garuda
2. Dankipan B Yonif 320/Badak Putih
3. Dankipan C Yonif 310/Kidang Kancana
4. Kaurdal Denlatpur
5. ADC Pangdam III/Siliwangi
6. PS Kasi-2/Ops Korem 174/Anim Ti Waninggap
7. Danyonif 731/Kabaresi
8. Dandim 1707/Merauke
9. Dandim 1701/Jayapura
10. Sespri Wakasad
11. Danbrigif 1/PIK Jaya Sakti
12. Asops Kasdam Jaya
13. Danrindam Jaya
14. Danrem 061/Suryakencana (2006-2007)
15. Kasdivif 2/Kostrad (2007-2008)
16. Dirlat Kodiklatad (2008-2009)
17. Gubernur Akmil (2009-2010)
18. Pangdam V/Brawijaya (2010-2011)
19. Dankodiklat TNI AD (2011-2013)
20. Pangkostrad (2013-2014)
21. KSAD (2014-sekarang)

Library : merdeka.com, wikipedia

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s