Ditunjuk Jokowi jadi kepala BIN – berapa kekayaan Sutiyoso

image

M2000 – Seperti diberitakan di sejumlah media, beberapa hari lalu presiden Jokowi menunjuk Panglima TNI baru dan juga kepala BIN baru.
Jokowi menunjuk Jendral Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI menggantikan Jendran Moeldoko dan juga Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam catatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mantan gubenur DKI Sutiyoso terakhir menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 1 Maret 2008.
Berdasarkan halaman acch.kpk.go.id, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memiliki harta mencapai Rp 23,05 miliar.

Harta yang dimiliki Sutiyoso terdiri dari tanah, bangunan, kendaraan,peternakan, logam mulia, dan tabungan giro, serta tiga buah motor Harley Davidson dengan total nilai kendaraan Rp 500 juta.

Sutiyoso juga tercatat memiliki harta tak bergerak berupa tanah dan rumah di bilangan Jakarta Pusat, Bekasi, Bogor, dan Depok. Total keseluruhan dari tanah dan bangunan tersebut bernilai Rp 12,45 miliar.
Sedangkan untuk harta bergerak, Sutiyoso tercatat memiliki satu unit mobil Alphard dan satu unit mobil Willys. Di mana kendaraan ini bila diuangkan maka total hartanya senilai Rp 1,405 miliar.

Selain itu, Sutiyoso diketahui memiliki hobi memelihara hewan ternak. Di antaranya, 47 ekor sapi perah sejak beberapa tahun silam, 182 ekor ayam, 14 ekor kambing, serta ribuan ekor ikan dan belut yang dibudidayakan di kolam.
Bahkan, Sutiyoso juga gemar mengoleksi logam mulia dan barang antik. Dari keseluruhan harta untuk hewan ternak dan koleksi logam mulia serta barang antiknya terhitung senilai Rp 622 juta.

Sutiyoso pun tercatat memiliki tabungan giro mencapai Rp 9,312 miliar.
Seluruh harta kekayaan milik purnawirawan jenderal bintang tiga ini dilaporkan usai dirinya melepaskan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2002-2007.
Namun, setelah itu Sutiyoso belum menyampaikan kekayaannya ke KPK.
Untuk diketahui, LHKPN merupakan kewajiban daripada pejabat pada lembaga tinggi negara seperti Menteri, Gubernur, Hakim, Direksi, Komisaris dan pejabat struktural pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Lalu juga diwajibkan kepada pimpinan Bank Indonesia, pimpinan Perguruan Tinggi Negeri, pejabat Eselon I dan pejabat lain yang disamakan di lingkungan sipil, militer dan polri, jaksa, penyidik, panitera pengadilan, dan pemimpin dan bendaharawan proyek.
Kemudian juga untuk pejabat Eselon II dan pejabat lain yang disamakan di lingkungan instansi pemerintah dan atau lembaga negara, semua kepala kantor di lingkungan Kementerian Keuangan, pemeriksa Bea dan Cukai, pemeriksa Pajak, auditor, serta pejabat yang mengeluarkan perizinan, pejabat/Kepala Unit Pelayanan Masyarakat dan Pejabat Pembuat Regulasi.
Kira-kira berapa ya, harta kekayaan Sutiyoso sekarang ?

Apa kata Prabowo soal penunjukan Sutiyoso ?

Seperti kita ketahui hubungan antara Prabowo Subiyanto dan Sutiyoso tidaklah akur sejak di Kopassus.
Sutiyoso sendiri adalah atasan Prabowo , saat itu Sutiyoso menjabat sebagai wakil Danjen Kopassus ,  sebelum Prabowo jadi Danjen Kopassus.

Ketika ditanya , tentang penunjukan Sutiyoso menjadi kepala BIN , Prabowo menjawab bahwa Dia menyerahkan sepenuhnya kewenangan itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Itu hak prerogatif presiden,” ujar Prabowo usai menghadiri resepsi pernikahan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Kamis lalu (11/6).

Kemudian ketika ditanya apakah Sutiyoso memiliki kemampuan yang mumpuni untuk pimpin intelijen, Prabowo hanya menjawab singkat. “Ya pasti lah,” imbuhnya.

Menurut pemirsa, tepatkah Sutiyoso menjadi kepala BIN ?

Ah…susah-susah amat mikir, mending selfi dulu yuk ,

image

Library : merdeka.com

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s