Dinegara ini 1 dollar Amerika setara dengan 35.000 triliun

image

M2000 – Jika ada orang yang mempunyai uang sampai ratusan triliun, pastinya dia akan masuk daftar orang terkaya dunia.Tapi tidak jika anda tinggal di Zimbabwe.

Negara bagian selatan benua Afrika dalam waktu dekat akan menghapus peredaran mata uang dolar Zimbabwe. Hal ini dilakukan karena buruknya inflasi di negara tersebut yang. berdampak pada tidak bernilainya mata uang dolar Zimbabwe. Bagaimana tidak, USD 1 nilainya sama dengan 35 kuadriliun (35.000.000.000.000.000) dolar Zimbabwe atau bisa dibaca dengan 35.000 triliun dolar Zimbabwe.
Baru-baru ini, pemerintah menawarkan kepada masyarakat pemilik uang tunai atau deposito di bank untuk menukarkan uang mereka dengan dolar Amerika (USD). Tentu saja, nilai penukarannya adalah USD 1 sama dengan 35 kuadriliun dolar Zimbabwe.

image
Uang segini di Zimbabwe hanya bisa untuk bayar toilet saja

Nilai mata uang dolar Zimbabwe mulai hancur berantakan pada tahun 2009 silam karena hiperinflasi yang terjadi di negara tersebut. Sejak saat itu, sebagian transaksi sudah dilakukan dalam dolar Amerika (USD) atau mata uang Afrika Selatan yaitu Rand. Namun, mata uang dolar Zimbabwe masih tetap digunakan. Saat ini, bank sentral Zimbabwe mencoba menghapus mata uang yang ‘tidak bernilai’ tersebut dalam setiap transaksi.
Pemerintah setempat memberi waktu hingga akhir September kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka. “Penarikan uang ini tertunda cukup lama sejak tahun 2009 silam,” kata bank sentral Zimbabwe dalam pernyataannya yang dilansir dari CNN di Jakarta, Senin (15/6).

Zimbabwe jatuh dalam krisis ekonomi mendalam setelah Presiden Robert Mugabe mengeluarkan kebijakan radikal soal distribusi lahan pada akhir 1990-an dan awal 2000an. Negara ini akhirnya mengalami kekurangan bahan pokok kronis. Sementara itu, bank sentral Zimbabwe terus mencetak uang untuk membiayai defisit anggaran. Akhirnya terjadi kenaikan harga yang menggila di Zimbabwe. Puncaknya, harga bisa naik dua kali lipat setiap 24 jam.
Ekonom dari Cato Institute memperkirakan, inflasi bulanan Zimbabwe di 2008 mencapai 7,9 miliar persen. Angka ini hanya perkiraan karena selama ini tidak ada angka inflasi resmi yang dikeluarkan pemerintah.
Selain itu, pengangguran dan pelayanan umum di Zimbabwe juga pernah runtuh. Menurut data Bank Dunia, ekonomi Zimbabwe anjlok mencapai 18 persen di 2008 lalu.

Penghapusan mata uang dolar Zimbabwe saat ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menstabilkan inflasi dan menghidupkan kembali perekonomian Zimbabwe. Di 2014, kebijakan ini berhasil mengembalikan pertumbuhan ekonomi Zimbabwe menjadi 3,2 persen. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi Zimbabwe diperkirakan kembali melambat tahun ini.

Siapa yang mau tinggal di Zimbabwe dan punya uang triliunan ?

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

One thought on “Dinegara ini 1 dollar Amerika setara dengan 35.000 triliun”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s