8 perompak kapal Tanker Malaysia diduga orang Indonesia

image
Kapal tanker malaysia MT OKIM HARMONY sudah di ganti dengan KIM HARMON oleh para perompak

M2000 – Seperti diberitakan di sejumlah media, beberapa hari lalu kapal tanker Malaysia dibajak oleh perompak di perairan Johor Malaysia.

Penyanderaan kapal tanker MT Okim Harmony milik anak perusahaan migas Petronas, Malaysia, di Perairan Johor pekan lalu berakhir antiklimaks .Sebelum Tentara Laut Diraja Malaysia menyerbu kapal itu dalam operasi dini hari, pembajak telah lari lebih dulu memakai kapal sekoci. Belakangan dikabarkan mereka tertangkap oleh patroli laut Vietnam.
Seluruh awak kapal, terdiri dari 22 orang, dalam kondisi baik. Kecuali satu juru masak warga Indonesia bernama Mawit bin Matin yang cedera lantaran tertembak di paha oleh senjata perompak.

Fakta paling mengejutkan, rombongan perompak yang tertangkap di perairan Vietnam diduga kuat orang Indonesia. Laksamana Tentera Laut Diraja Malaysia, Laksamana Abdul Aziz Jaafar, sejak lima hari lalu sudah menyebut kemungkinan para bajak laut berasal dari Tanah Air.
“Delapan tersangka itu berbicara dalam aksen Indonesia,” ujarnya seperti dilansir Channel News Asia.
Kelompok bajak laut ini terdiri dari gabungan pria tua maupun muda. Paling senior adalah sang pemimpin berusia 61 tahun, sementara yang paling ingusan tercatat remaja 16 tahun.

Polisi Vietnam yang kini menahan mereka belum bersedia mengungkap detail asal usul para perompak. Hanya saja, seperti dikutip dari AsiaOne, Minggu (21/6), mereka semua mengaku asal Indonesia.
“Para tersangka ini sangat keras kepala, menolak untuk bekerja sama. Mereka sangat profesional dan sangat tenang,” kata Letnan Do Van Toan, juru bicara Polisi Air Vietnam.
Saat ditangkap di dekat Pulau Phu Quoc, delapan orang ini mengaku nelayan Indonesia yang tersesat ke perairan sisi selatan Vietnam. Tapi polisi air setempat segera curiga, karena mereka naik perahu sekoci. Datanglah kemudian kabar dari rekan di Malaysia, soal pelarian bajak laut yang memakai perahu kecil.

Kementerian Luar Negeri sudah menerima informasi mengenai kemungkinan WNI menjadi biang kerok pembajakan kapal tanker itu. Hingga
berita ini dilansir, staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) belum bisa menemui mereka.
Pemerintah RI menilai , belum tentu para perompak itu benar-benar WNI.
“Mereka mengakunya WNI, namun mereka tidak punya dokumen jadi harus diverifikasi,” kata juru bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir ( merdeka.com ).

Rencana para pembajak terhitung sempurna buat menggasak kapal berisi 6 ribu metrik ton bahan bakar RON 95 senilai 21 juta ringgit (Rp 75 miliar) itu. Setelah kapal dikuasai pada 12 Juni, tim bajak laut langsung mengubah cat kapal. Nama tanker diganti ‘Kim Harmon‘. Kemudi lantas diarahkan menuju Kepulauan Natuna, Riau.
Perusahaan pemilik kapal MT Okim Harmony ternyata lebih sigap. Angkatan Laut Malaysia juga segera menghubungi TNI AL untuk memburu kapal tersebut.
Dalam hitungan jam, kapal terlacak di perairan perbatasan antara Vietnam, Thailand, dan Kamboja. Operasi pembebasan pun digeber.
Tak tanggung-tanggung, operasi itu melibatkan 1.200 tentara Malaysia, 16 unit kapal P3 Orion, C130, dan pesawat Beechcraft.

Kapal AL Malysia, KD Terengganu, sempat bernegosiasi dengan para pembajak agar mereka menyerah. AL Malaysia turut menghubungi otoritas maritim Indonesia agar bersiap-siap menghadapi para pembajak, seandainya situasi memburuk. Beruntung, penyergapan berlangsung cepat, dan kapal tanker langsung dikuasai kembali.
Kapal tersebut membawa 22 awak yang berasal dari tiga negara berbeda. Ke-22 awak kapal itu terdiri dari 16 awak kapal asal Malaysia, 5 dari Indonesia, dan seorang dari Myanmar.
Nama para awak kapal WNI adalah Bambang Suryawan, Iwan Asriadi, Mawit Bin Matin, Nathan Kombblongan, dan Nelson Hasiholan Sitorus.

Sangar juga ya aksi para perompak ini, sudah profesional kaya’ di film-film.

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s