Apa saja yang membatalkan puasa ?

image

M2000 – Salam Ramadhan…

Eh…sudah berapa hari ya kita puasa ?
Nah, kan pasti ada yang lupa..saking khusuknya puasa ya gitu…kalau puasanya ‘gak khusuk pasti ngitungin harinya terus tuh …kapan kelarnya , hehehe.,
Ya , harapannya semoga saja puasa kita semua khusuk sih .Sebuah ibadah wajib yang dijalankan di bulan yang penuh dengan keberkahan ini.

Dalam pelaksanaan puasa Ramadhan maupun puasa sunah, ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan agar puasa yang kita jalankan terindar dari hal-hal yang membatalkan puasa atau yang mengurangi pahal puasa tersebut. Hal ini dimaksudkan agar rangkaian ibadah kita menjadi sempurna dan mendapat pahala berlimpah dan diterima oleh yang Maha Kuasa.
Nah, apa saja hal-hal yang membatalkan puasa itu , yuk kita simak bersama ,

image

1. Masuknya benda baik berupa makanan atau minuman serta benda lainnya ke dalam mulut atau dari salah satu lubang yang ada dalam anggota tubuh secara sengaja yang menyebabkan makanan atau benda tersebut masuk kedalam perut.

2. Melakukan hubungan suami istri bagi yang sudah menikah di siang hari. Jika ada seseorang yang melakuan hal ini, maka orang tersebut bisa dikatakan orang yang berdosa karena telah merusak puasanya sendiri.
Untuk menebus dosanya tersebut, Ia diharuskan menqadla puasanya serta diharuskan membayar kifarat dengan cara memerdekakan budak. Namun jika Ia tidak sanggup memerdekakan budak atau budaknya itu sendiri tidak ada, maka Ia diharuskan mengganti puasanya selama dua bulan berturut-turut di luar Ramadhan. Jika Ia tidak mampu, maka diwajibkan baginya untuk membayar fidyah atau memberi makan 60 orang fakir miskin.

3. Muntah dengan sengaja atau melakukan sesuatu dengan sengaja yang dapat menyebabkan kita muntah. Adapun jika sesorang muntah karena sakit atau tidak disengaja makan hal tersebut tidak membatalkan puasa.

4. Bersentuhan dengan lawan jenis yang dapat menyebabkan keluarnya mani meski tidak melakukan hubungan intim layaknya suami istri atau juga dengan melakukan onani/masturbasi. Adapun keluar mani tidak dengan bersentuhan seperti mimipi basah atau mimpi jima’, hal itu tidak membatalkan puasa.

5. Keluarnya darah dari kemaluan perempuan atau biasa disebut dengan haid. Maka apabila ada seorang perempuan yang sedang berpuasa kemudian mengalami haid, maka puasanya batal. Begitu juga dengan nifas atau keluarnya darah dari kemaluan perempuan lantaran melahirkan, ini termasuk ke dalam hal yang dapat membatalkan puasa.
Bahkan , jika mengalami haid dan melakukan ibadah puasa pun malah mendapatkan dosa..karena itu memang dilarang.

6. Mengalami gangguan jiwa.
Orang yang mengalami gangguan jiwa tidak diharuskan melaksanakan puasa, adapun jika orang tersebut adalah orang yang waras dan ketika berpuasa Ia menjadi gila, maka batallah puasanya.

Semoga bermanfaat,

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

3 tanggapan untuk “Apa saja yang membatalkan puasa ?”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s