Perjalanan Dahlan Iskan – lengser dari menteri , kini terseret kasus korupsi

image

M2000 – Apa kabar Dahlan Iskan ?

Lama tak terdengar setelah lengser dari kursi menteri BUMN pada Oktober 2014, Dahlan Iskan kini kembali muncul di publik. Namun, bukan urusan politik yang membuat bos Grup Jawa Pos ini naik lagi ke atas pentas, melainkan persoalan hukum.
Masa pensiun Dahlan yang seharusnya tenang, diganggu oleh setidaknya empat kasus korupsi. Bahkan, Dahlan sudah ditetapkan sebagai tersangka untuk satu dari empat kasus yang dia hadapi.

Meski Dahlan baru berstatus tersangka (belum terbukti bersalah), sebagian kalangan kaget mengingat citra mantan Dirut PLN itu sebagai pejabat publik selama ini cukup bersih. Bahkan, dia dulu juga cukup aktif dalam mengampanyekan gerakan anti korupsi.
Misalnya saja, dalam sebuah acara penandatanganan nota kesepahaman tiga BUMN, Dahlan pernah memamerkan kaos bertuliskan ‘Buanglah Koruptor pada Tempatnya’. “Ini kaos buatan sendiri,” kata Dahlan pada September 2012.

Kini dari empat kasus yang dihadapinya, Dahlan harus membuktikan tulisan yang ada di kaosnya itu. Sebab, jika Dahlan terbukti bersalah, mungkin dia juga akan dibuang ke tempatnya para koruptor, yakni jeruji besi.

Berikut 4 kasus yang menyeret Dahlan :

1. Kasus korupsi pembangunan 21 gardu induk Jawa-Bali-NTB Mantan Dirut PLN Dahlan Iskan ditetapkan jadi tersangka dugaan korupsi pengadaan proyek pembangunan 21 gardu induk Jawa-Bali-Nusa Tenggara Barat senilai Rp 1.063 triliun oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Dahlan menjadi tersangka setelah diperiksa dua kali.
“Tim penyidik menyatakan bahwa saudara DI (Dahlan Iskan) yang diperiksa telah memenuhi syarat untuk dipenuhi tersangka berdasarkan dua alat bukti,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, M Adi Toegarisman di kantornya.
Seperti diketahui, pembangunan megaproyek Kementerian ESDM terhadap 21 unit gardu induk Jawa-Bali-Nusa Tenggara sudah dimulai pada Desember 2011. Nilai proyek ini mencapai Rp 1,063 triliun. Belakangan proyek ini justru terbengkalai.

2. Kasus korupsi pengadaan 16 mobil listrik
Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan dua anak buah Dahlan Iskan, yakni Direktur Utama PT Sarimas Ahmadi Pratama, Dasep Ahmadi (DA) dan Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia, Agus Suherman (AS) sebagai tersangka. Status tersangka tersebut berkaitan dengan dugaan korupsi pengadaan 16 mobil listrik senilai Rp 32 miliar.
Meski Dahlan belum menjadi tersangka, Jaksa Agung, HM Prasetyo, mengungkapkan jika eks Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu yang menyuruh adanya pengadaan mobil listrik. Belasan mobil listrik ini pun kemudian melibatkan 3 BUMN, di antaranya Bank Rakyat Indonesia (BRU), Perusahaan Gas Negara (PGN), dan Pertamina.

3. Kasus korupsi pengadaan BBM high speed diesel di PLN pada 2010
Setelah berurusan dengan Kejaksaan, Dahlan Iskan juga harus berurusan dengan Bareskrim Polri. Kemarin mantan Dirut PLN itu diperiksa Bareskrim Polri untuk kasus dugaan korupsi pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) high speed diesel di PLN pada 2010.
Kuasa hukum Dahlan, Yusril Ihza Mahendra, mengatakan, kliennya menganggap pengadaan melalui tender BBM menguntungkan PLN dalam arti mampu menghemat pengeluaran dibanding dengan cara konvensional membeli langsung ke Pertamina dengan harga lebih mahal.

4. Kasus sawah fiktif di Ketapang,Kalimantan Barat
Selain kasus dugaan kasus korupsi bahan bakar minyak (BBM) high speed diesel di PLN pada 2010, Bareskrim Polri sebenarnya sudah lebih dulu memproses kasus dugaan sawah fiktif di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 2012-2014. Kasus terakhir juga menyeret Dahlan Iskan karena proyek tersebut di bawah Kementerian BUMN, yang saat itu dipimpinnya.
Dalam proyek bernilai Rp 317 miliar itu, Polri menduga pengerjaan proyek cetak sawah tidak sesuai dengan kontrak dan ditemukan adanya lahan fiktif. Pada proyek itu, PT Sang Hyang Seri (SHS) yang merupakan BUMN pangan menjadi penanggungjawab proyek.

image

Semoga kasusnya cepat selesai ya pak Dahlan …

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

One thought on “Perjalanan Dahlan Iskan – lengser dari menteri , kini terseret kasus korupsi”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s