Kumpulan fakta , kontroversi dan keunikan MotoGp Assen Belanda

image

M2000 – Halloha GP lover , jika kemarin tidak sempat menonton siaran livenya di layar kaca., pastinya penasaran kan , dengan duel sengit antara Rossi dan Marquez.

MotoGP Assen Belanda di akhir pekan kemarin memang sukses menyajikan pertarungan seru di balap kelas para raja dengan aktor utama Valentino Rossi dan Marc Marquez.
Memiliki ritme balap yang sama alias monoton sepanjang balap, pertarungan Marquez dan Rossi pun mencapai puncak kala balap menyisakan 7 lap. Suguhan duel pun tersaji di tikungan akhir menjelang bendera finish, di mana Rossi dan Marquez bersenggolan hingga membuat Rossi keluar jalur.
Namun, meski sempat keluar gravel, namun Rossi berhasil mempertahankan laju motor dan menjadi juara. Kontroversi pun sempat muncul terkait kejadian tersebut.

Penasaran fakta , kontroversi dan kejadian unik menarik dari MotoGP Assen 2015 yang diselenggarakan akhir pekan kemarin?
Berikut ulasan selengkapnya,

1. Duel Rossi dan Marquez

image

Duel sengit antara Valentino Rossi dan Marc Marquez kembali terjadi setelah GP Argentina yang mana keduanya berhasil menyajikan duel sengit hingga Marquez jatuh di lap-lap penentuan.
Di MotoGP seri Assen, keduanya kembali berduel sengit. Saling menempel dari awal balap dengan Rossi berada di depan, akhirnya Marquez berhasil menyalip di 7 lap akhir. Namun Rossi tak membiarkan Marquez menjauh dan berhasil mengambil posisi pimpinan balap saat balap menyisakan 3 lap.
Duel pun mencapai puncak di lap akhir, tepatnya di tikungan akhir sebelum garis finish. Rossi yang berada di depan mendapat ‘serangan terakhir‘ dari Marquez tatkala pembalap asal Spanyol ini berhasil masuk ke sudut dalam tikungan. Sayang, manuver tersebut membuat Marquez bersentuhan dengan Rossi. Rossi pun melebar ke gravel, alih-alih jatuh Rossi malah berhasil melanjutkan balap meski harus memotong tikungan..kalau kata teman admin sih , Rossi lewat jalan tikus , hehe…
( baca : Rossi juarai GP Assen dengan kontroversi )
Marquez pun akhirnya harus puas berada di posisi kedua.
Hal ini membuat Rossi berhasil memenangi setiap duel head-to-head dengan Marquez di musim ini dengan skor Rossi 2-0 Marquez.

2. Kontroversi selepas balap
Duel antara Rossi dan Marquez di tikungan akhir seri MotoGP Assen akhir pekan kemarin pun menimbulkan kontroversi selepas balap.
Rossi dan Marquez sempat mengklaim jika keduanya menjadi pemenang balap yang ‘sah’.
Terlihat Rossi dan Marquez sama-sama melakukan selebrasi di lap parade selepas balap.
Dari interview selepas balap, terungkap jika Marquez merasa dirinya berhasil mengambil sudut dalam tikungan sebelum akhirnya Rossi ‘sengaja‘ melakukan kontak dengan dirinya untuk mempertahankan posisi pertama. Sedangkan Rossi mengklaim jika dirinya berada di depan Marquez di tikungan akhir sehingga dirinya berhak mempertahankan racing line.
Kontroversi pun berakhir kala race director mengungkapkan hasil investigasi atas kejadian tersebut dari segala sudut kamera yang dimiliki penyelenggara. Hasilnya adalah menyimpulkan Rossi memang berada di depan Marquez kala memasuki tikungan, senggolan itu pun murni aksi balap saja. Rossi melebar dan terpaksa memotong tikungan dan Marquez kehilangan jalur, tak ada yang diuntungkan dan keputusannya adalah Rossi tetap menjadi juara sedangkan Marquez tetap berada di posisi kedua.

3. Rossi capai titik puncak pertama

image

MotoGP Assen juga menjadi pertanda jika Valentino Rossi telah berhasil mencapai performa puncaknya.
Jika sebelumnya Rossi di musim ini dikenal sebagai sosok yang sangat baik di balap saja, maka di GP Assen kemarin Rossi berhasil tampil impresif sejak sesi latihan bebas digelar.
Bahkan Rossi berhasil menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, yang biasanya menjadi kelemahannya di musim ini, dan berhasil start dari pole position. Torehan ini pun menjadi yang pertama baginya di musim ini.
Performa gemilang pun juga berhasil diteruskan The Doctor di sesi balap dan menjadi juara setelah mengandaskan perlawanan sengit dari Marc Marquez.
Kunci keberhasilan Rossi menggapai form puncak ini sendiri adalah salah satunya dengan penggantian sasis baru yang diklaim Rossi membuatnya bisa memiliki corner-entry yang lebih cepat. Selain itu, sasis ini pun juga membuat motor Yamaha YZR M1 lebih stabil kala memasuki lap akhir balap dengan ban yang mulai aus.
Dengan setting motor yang sudah ‘nyetel’ dan sasis yang membuat M1 lebih cepat di tikungan, membuat tekad Rossi untuk meraih gelar juara dunia ke-10 musim ini semakin berkobar.
Kira-kira race kedepan Rossi masih bisa raih pol ‘gak ya ?

4. Rekor yang terpecahkan di MotoGP Assen 2015
Fakta menarik selanjutnya di GP Assen ini adalah pecahnya beberapa rekor catatan waktu yang menandakan jika performa pembalap dan MotoGP naik cukup signifikan di musim ini.
Sejak sesi latihan bebas, Dani Pedrosa sudah berhasil memecahkan record lap dengan catatan waktu 1m 33.430s. Di sesi kualifikasi, record catatan kualifikasi dari sirkuit Dutch TT pun berhasil dipecahkan oleh Rossi dengan catatan waktu 1m 32.627s. Pemecahan rekor pun berlanjut di sesi balap kala Marc Marquez berhasil mencetak fastest lap dengan waktu 1m 33.617s di lap ketiga.

5. Gaya finish ‘nyeleneh’
Berbicara mengenai hal menarik di MotoGP Assen, maka di kelas Moto3 ada kejadian ‘nyeleneh‘ yang tak kalah sensasional.
Kejadian itu terjadi saat Niklas Ajo berhasil melintasi garis finis dengan gaya terseret motor.

image

Hal ini berawal kala di lap akhir Ajo kehilangan keseimbangan di lap akhir sehingga membuatnya terpental dari jok motornya. Uniknya, Ajo masih bisa mempertahankan kedua tangannya ke stang motor dan menyeimbangkan motor dengan menggunakan lutut sebagai tumpuannya.
Hehehe…unik juga ya…finish tapi pakai acara diseret motor.

selengkapnya baca disini

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s