Pesawat Hercules jatuh di Medan , kenapa ada warga sipil dalam penerbangan ?

image

M2000 – Pemirsa sekalian, seperti yang diberitakan di berbagai media dan menjadi trending topik hari ini adalah musibah jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan.
Pesawat TNI AU jenis C-130 Hercules dengan tail number A-1310 mengalami kecelakaan jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa (30/6).

Pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pnb Shandy Permana (AAU 2005) itu melaksanakan take off dari Lanud Suwondo Medan, pada pukul 11.48 wib menuju Lanud Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dengan misi melaksanakan PAUM (Penerbangan Angkutan Udara Militer).
Tentu banyak pihak bertanya-tanya, kenapa pesawat Hercules itu bisa jatuh hanya selang 2 menit setelah lepas landas.

Diketahui, dalam pesawat tak cuma ada personel TNI AU. Sejumlah warga sipil juga ikut dalam penerbangan tersebut.
( baca : Ini daftar nama kru pesawat Hercules yang jatuh di Medan )
Mengenai kenapa dalam penerbangan  pesawat Hercules tersebut ada penumpang warga sipil juga menjadi hal yang harus dipertanyakan , karena ini bukan pesawat komersil.

image

Apa kata KASAU Agus Supriatna ?

Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna akan menginvestigasi kenapa sampai ada warga sipil dalam pesawat. Jangan sampai penerbangan militer dikomersialisasi.
“Nggak ada pesawat untuk angkut sipil kecuali ada perintah dari atas. Misalnya untuk bantuan bencana. Kalau keluarga iya bisa. Nggak ada dikomersilkan, kalau ada kita pecat komandannya,” tegas Marsekal Agus saat dihubungi lewat telepon, Selasa (30/6).

Agus memastikan tak ada korban selamat dalam pesawat Hercules itu. Untuk sementara, tercatat ada 113 orang yang berada dalam pesawat.
Data terakhir seperti yang diberitakan TV One pada jam 9 malah, sudah ada 80 jenasah ditemukan.
“Semua nggak ada yang selamat. Kalau investigasi kita ingin secepatnya. Tapi tidak semudah itu. Masalahnya nggak ada semuanya, jadi nggak ada yg bisa ditanyai,” katanya.

Apa kata JK ?

Atas kecelakaan ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), atas nama pemerintah, menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada korban.
“Tentu pemerintah, saya sendiri mengucapkan belasungkawa atas kecelakaan yang terjadi pada Hercules tadi siang, yang mudah-mudahan ada yang selamat. Tapi dari laporan terakhir, puluhan orang, tentara di atas itu (jadi korban),” kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (30/6).

image

JK mengatakan, bahwa pesawat Hercules yang mengalami kecelakaan tersebut termasuk pesawat tua.
JK sendiri memproyeksi kecelakaan tersebut disebabkan oleh masalah teknis pesawat.
“Memang ini pesawat tua, sudah 50 tahun, tapi ini mau diretrofit. Semua memang kita punya 20 Hercules. Kita, tentara itu baru beli pesawat tahun 50-60, waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf. Tahun 60 itu awal-awal Hercules. Ini kelihatannya karena teknis. Saya baca laporannya dia mau kembali,” jelas JK.
Pemerintah sendiri berencana untuk memperbarui mesin-mesin pesawat yang sudah masuk masa uzur. Selain juga membeli alututsista baru.

Sementara Presiden Jokowi yang saat kecelakaan pesawat sedang melakukan kunjungan kerja ke Cilacap belum memberikan intruksi apapun dan belum dilaporkan apakah Presiden akan terbang langsung ke Medan atau tidak.

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

2 tanggapan untuk “Pesawat Hercules jatuh di Medan , kenapa ada warga sipil dalam penerbangan ?”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s