Inilah orang yang terakhir masuk surga

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

M2000 – Surga…ya surga…sebuah tempat yang paling indah yang paling diimpi-impikan semua orang.

Surga, merupakan sebuah tempat yang mungkin tak pernah terbayangkan manusia baik bentuk maupun suasananya. Namun Surga merupakan impian dan tujuan semua manusia usai hidup di dunia…tempat yang sudah dijanjikan oleh sang Khaliq bagi umatnya yang bertaqwa dan beriman padanya.

Lantas, bagaimana dengan seorang muslim yang yakin kepadaAllah SWT dan Rasulnya, namun di dunia ia berbuat dosa ?

Banyak ulama yang mengatakan kalau orang tersebut akan ‘transit‘ ke neraka untuk mebersihkan semua dosa-dosanya.
Mereka ibarat besi berkarat yang harus di bakar dahulu supaya karat/dosa nya hilang dari dirinya, baru kemudian ia pantas masuk ke dalam surga.

Lantas, berapa lama seorang mukmin yang transit di neraka sebelum masuk surga ?
Konon kabarnya bahwa 1 hari di akhirat sebanding dengan 1000/50.000 tahun di dunia, wallahu a’lam, hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Dalam sebuah riwayat, dikisahkan seseorang yang terakhir masuk surga adalah seseorang lelaki yang berjalan merangkak karena saking lelahnya setelah menjalani hukuman di neraka.
Mungkin inilah wujud janji rasulullah yang telah menyatakan bahwa setiap umatnya akan masuk surga walau nanti akan transit di neraka dahulu. Seperti dalam sebuah hadist diceritakan.
ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ :٦٠٨٦ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋُﺜْﻤَﺎﻥُ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺷَﻴْﺒَﺔَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺟَﺮِﻳﺮٌ ﻋَﻦْ ﻣَﻨْﺼُﻮﺭٍ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻋَﻦْ ﻋَﺒِﻴﺪَﺓَ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ
ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﻧِّﻲ ﻟَﺄَﻋْﻠَﻢُ ﺁﺧِﺮَ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺧُﺮُﻭﺟًﺎ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻭَﺁﺧِﺮَ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﺩُﺧُﻮﻟًﺎ ﺭَﺟُﻞٌ ﻳَﺨْﺮُﺝُ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﻛَﺒْﻮًﺍ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﺫْﻫَﺐْ ﻓَﺎﺩْﺧُﻞْ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻴَﺄْﺗِﻴﻬَﺎ ﻓَﻴُﺨَﻴَّﻞُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﻣَﻠْﺄَﻯ ﻓَﻴَﺮْﺟِﻊُ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﻳَﺎ ﺭَﺏِّ ﻭَﺟَﺪْﺗُﻬَﺎ ﻣَﻠْﺄَﻯ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺍﺫْﻫَﺐْ ﻓَﺎﺩْﺧُﻞْ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﻴَﺄْﺗِﻴﻬَﺎ ﻓَﻴُﺨَﻴَّﻞُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﻣَﻠْﺄَﻯ ﻓَﻴَﺮْﺟِﻊُ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﻳَﺎ ﺭَﺏِّ ﻭَﺟَﺪْﺗُﻬَﺎ ﻣَﻠْﺄَﻯ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺍﺫْﻫَﺐْ ﻓَﺎﺩْﺧُﻞْ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻓَﺈِﻥَّ ﻟَﻚَ ﻣِﺜْﻞَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﻋَﺸَﺮَﺓَ ﺃَﻣْﺜَﺎﻟِﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﺇِﻥَّ ﻟَﻚَ ﻣِﺜْﻞَ ﻋَﺸَﺮَﺓِ ﺃَﻣْﺜَﺎﻝِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ ﺗَﺴْﺨَﺮُ ﻣِﻨِّﻲ ﺃَﻭْ ﺗَﻀْﺤَﻚُ ﻣِﻨِّﻲ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟْﻤَﻠِﻚُ ﻓَﻠَﻘَﺪْ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺿَﺤِﻚَ ﺣَﺘَّﻰ ﺑَﺪَﺕْ ﻧَﻮَﺍﺟِﺬُﻩُ ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺫَﺍﻙَ ﺃَﺩْﻧَﻰ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ ﻣَﻨْﺰِﻟَﺔً
Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Ibrahim dari Abidah dari Abdullah Radliyallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda :
“Sungguh aku tahu penghuni neraka yang terakhir kali keluar dan penghuni surga yang terakhir kali masuk, yaitu seseorang yang keluar dari neraka dengan cara merayap.
Allah Swt berfirman ;
Pergilah kamu dan masuklah ke dalam surga! ‘ maka orang tersebut mendatanginya dan terbayang baginya bahwa surga telah membeludak. Orang kembali kembali dan berujar;
‘Wahai Tuhanku, kutemukan surga telah membeludak’.
Allah berfirman lagi;
‘pergi dan masuklah surga.’
Maka ia kembali dan terbayang baginya bahwa surga telah membeludak. Lalu ia kembali dan mengatakan;
Ya Tuhanku, kutemukan surga telah membeludak.’
Allah berfirman lagi;
‘pergi dan masuklah surga, dan bagimu surga seluas dunia dan bahkan sepuluh kali sepertinya -atau- bagimu seperti sepuluh kali dunia.’
Hamba tadi lantas mengatakan;
‘Engkau menghinaku ataukah menertawaiku, sedang Engkau adalah raja diraja?”
Dan kulihat Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam tertawa hingga gigi gerahamnya kelihatan seraya berkomentar:
“Itulah penghuni surga yang tingkatannya paling rendah.” (HR Bukhari).

Entah dosa apa gerangan yang membuat masa karantina di neraka begitu lamanya, sehingga ia menyandang predikat penghuni transit ( dineraka ) terakhir, mungkin inilah janji rasulullah yang telah menyatakan bahwa setiap ummat nya akan masuk surga walau nanti akan transit di neraka entah berapa lamanya.

image

Jadi, sebagai umat muslim kita harus percaya, bahwa setiap muslim pasti masuk surga, seperti dalam hadist berikut ini ,

ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ : ﻛﻞ ﺃﻣﺘﻲ ﻳﺪﺧﻠﻮﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺇﻻ ﻣﻦ ﺃﺑﻰ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻣﻦ ﻳﺄﺑﻰ ﻗﺎﻝ ﻣﻦ ﺃﻃﺎﻋﻨﻲ ﺩﺧﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﻣﻦ ﻋﺼﺎﻧﻲ ﻓﻘﺪ ﺃﺑﻰ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ
Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,
Setiap ummatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Shahabat bertanya, Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau? Beliau menjawab, Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga “.

Semoga artikel ini bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum, …

library : pamotpedia

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s