Krisis Freeport – Ini rayuan bos freeport pada Jokowi

image

M2000 – Seperti diketahui , kemarin, bos besar Freeport McMoran, James Moffett menggelar pertemuan tertutup dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pertemuan itu digelar setelah pemerintah memutuskan mengubah status PT Freeport Indonesia dari semula kontrak karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).
Ikut dalam pertemuan tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Dia membeberkan pembicaraan antara Presiden Jokowi dan James Moffett.
Dari pengakuannya, pemerintah meminta komitmen Freeport Indonesia sekaligus memberikan peluang investasi.

Jokowi menginginkan Freeport ikut berperan mempercepat pembangunan dan perekonomian di Papua, sejalan dengan keluarnya Keputusan Presiden Nomor 16 tahun 2015 tentang pengembangan kawasan Papua. Presiden juga meminta Freeport lebih banyak menggunakan konten lokal untuk aktivitas pertambangannya.
Pesan lain, Jokowi mendorong Freeport meningkatkan partisipasi membangun infrastruktur wilayah timur Indonesia.

image

Dari penuturan Sudirman Said, Freeport menawarkan sejumlah janji untuk pemerintah.
Seperti dilansir dari Merdeka.com,Berikut paparannya ,

1. Siapkan investasi USD 18 miliar
Chairman Freeport McMoran James Moffett menemui Jokowi untuk memberikan kepastian bahwa Freeport tetap berinvestasi di Indonesia.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, Freeport menunjukkan keseriusan bertahan di Indonesia dengan komitmen menyediakan investasi sebesar USD 18 miliar, di mana USD 2,5 miliar dialokasikan untuk pembangunan pabrik pengolahan alias smelter sesuai UU no 4 tahun 2009 tentang Minerba.

2. Bangun tambang bawah tanah terbesar sejagat

image

Freeport sekaligus menyampaikan rencana mereka membangun tambang bawah tanah terbesar sejagat.
Sisanya untuk pembangunan underground mining atau tambang bawah tanah, yang kalau segalanya lancar, maka pada September ini akan dilaunching dan pertambangan bawah tanah di Papua akan menjadi tambang bawah tanah terbesar di dunia,” jelas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Istana Negara.

3. 95 persen pekerja Papua

image

Selain ‘menjual‘ janji investasi besar di bumi Cenderawasih, Freeport juga menebar janji memberdayakan warga lokal untuk bekerja di pertambangan mereka.
Sesuatu yang merupakan pencapaian bersejarah, karena lebih dari 95% pekerja di Papua itu adalah pekerja Indonesia,” kata Menteri ESDM Sudirman Said.

4. Hargai kedaulatan Indonesia
Menteri ESDM Sudirman Said juga mengklaim, bos besar Freeport sudah sepakat dengan aturan yang diterapkan di Indonesia. Pihaknya berjanji melaporkan perkembangan capaian Freeport.
Kemudian Moffett juga mengatakan komit dan menghargai kedaulatan hukum Indonesia. Jadi apapun yang diatur oleh pemerintah, PT Freeport akan mengikuti,” katanya.

5. Sepakat 15 aturan Indonesia
Untuk memuluskan langkahnya mengeruk emas di papua , Freeport disebut telah menyepakati 15 poin dari 17 poin permintaan pemerintah Indonesia. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, dari 17 poin itu dibagi dua antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah Papua, masing-masing 6 dan 11 kesepakatan.
Bagi pemerintah daerah Papua, kata Sudirman, semua telah disepakati. Sedangkan pemerintah pusat, masih tersisa dua dari enam kesepakatan yang belum deal. Dengan kata lain, dari keseluruhan baru 15 poin yang disepakati.
Walau tersisa dua, Sudirman tetap optimis bahwa perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu akan mengikuti permintaan pemerintah. Ini semua agar Freeport Indonesia tetap berinvestasi di Tanah Air.
Sudirman menambahkan, dua yang belum disepakati dari permintaan pemerintah yakni peningkatan kontribusi penerimaan negara dan perubahan status Freeport menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

6. Beli produk Pindad
Bos Freeport James Moffett berjanji membeli produk perusahaan BUMN yang sesuai untuk penambangan di Papua.
Freeport menebar janji membeli alat berat buatan PT Pindad.
“Kemudian Freeport juga akan membeli sebagian bahan peledak yang dibutuhkan dari Pindad dan Bahana (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia),” ucapnya.

________________________________________
Mari berbagi berita ,
kirimkan artikel anda di email kami.
Dan buat kamu yang ingin tampil eksis dan pingin banyak teman, kirim foto plus biodata kamu di
masshar2000@gmail.com
________________________________________

Iklan

5 tanggapan untuk “Krisis Freeport – Ini rayuan bos freeport pada Jokowi”

  1. bumi indonesia paling kaya di dunia, kita cuma dpt ampas nya, asing yg nikmati hasil nya, nasionalisasi aset bumi indonesia, buat indonesia lebih baik

    Suka

    1. kl, nasionalisasi sepertinya susah, belajar kasus libya , muamar khadafi akhirnya di gulingkan juga ( ujung2nya dibikin perang saudara sama amerika ) biar yang berkuasa turun…ngeri juga kalau sampai ada pertumpahan darah lagi di negri ini…o ya, aku pernah bikin artikel tentang muamar khadafi yg diberitakan ditembak di gorong2, nyatanya dia ditangkap , dihajar dulu sampai berdarah-darah lalu dibawa mobil entah kemana, ada videonya jg kog. ..intinya amerika tuh paling bs memutar balikkan fakta..

      Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s