Mengenal Mina – Kota Seribu Tenda

image

M2000 – Seperti kita ketahui, pada musim haji 2015 ini, Mina kembali menelan korban jiwa, tentunya ini bukan pertama kalinya Mina terjadi musibah saat musim haji.
Mina menjadi dikenal publik saat terjadi tragedi tahun 90-an , yang menelan korban ratusan jiwa. Pada waktu itu kecelakaan atau tragedi terjadi di terowongan Mina, yang mana pada saat kejadian di Terowongan yang dilintasi ribuan jamaah mati lampu.

Terowongan sejauh kurang lebih 2 km tersebut tentu saja menjadi jalur utama para jamaah.Yang mana pada saat itu mati lampu , tentu saja ribuan jamaah yang berada di terowongan menjadi panik, karena gelap dan AC mati, sehingga jamaah berusaha keluar dan akhirnya berdesak-desakan dalam kondisi gelap..dan kejadian yang tidak diharapkan pun terjadi, ribuan jamaah menjadi korban.

Dan pada musim haji tahun 2015 ini, Mina kembali menjadi sorotan dunia, karena kembali menelan korban jiwa yang tidak sedikit.
( baca : Tragedi Mina – 717 jamaah meninggal , 3 dari Indonesia dan Kontroversi tragedi Mina )

Nah, pada artikel kali ini, kita akan mengenal Mina yang mana kota ini di juluki sebagai kota dengan seribu tenda.

Mina adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Makkah, di bagian barat Arab Saudi, sekitar 8 kilometer ke arah timur dari Kota Suci Makkah. Kota ini dikenal dengan julukan kota seribu tenda, karena memang terdapat banyak sekali tenda yang tersusun rapi seluas 20 kilometer persegi.

image
Mina dilihat dari udara

Tenda-tenda ini didirikan untuk jemaah haji dari seluruh dunia yang menginap di sana sebelum berangkat Wukuf di Arafah. Ada lebih dari 100.000 tenda yang siap di kota Mina untuk menyediakan akomodasi sementara untuk sekitar 3 juta jemaah.

Jemaah haji datang ke Kota Mina pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum Wukuf di Arafah. Tenda yang berukuran 8 meter x 8 meter, tetap berdiri meskipun musim haji tidak berlangsung.

Dahulu, sebelum tahun 1990-an, tenda-tenda di Mina dibawa sendiri oleh jemaah dan akan dibongkar setelah musim haji berakhir. Namun sekitar tahun 1990-an, pemerintah Arab Saudi memasang tenda permanen agar jemaah haji tidak perlu repot membawa tenda-tenda.

Namun, deretan tenda cantik ini ternyata pernah mengalami kebakaran besar dan menewaskan 350 jemaah pada tahun 1997. Oleh karena itu, ketika dibangun kembali, tenda terbuat dari fiberglass dilapisi teflon untuk memastikan resistensi yang tinggi pada api.

Tenda tersebut juga dipisahkan menjadi beberapa blok, masing-masing dibatasi dinding yang terhubung dengan blok-blok yang lain. Setiap blok dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, dan fasilitas wudhu. Setiap tenda juga memiliki kode warna dan nomor dari negaranya sendiri-sendiri.

image
Terowongan Mina

Dalam 2 tahun terakhir ini, kota Mina mengalami perubahan besar-besaran karena pemerintah investasi miliaran real ke proyek infrastruktur. Hal ini dilakukan untuk memudahkan jemaah haji tiap tahun dan untuk mencegah terulangnya tragedi tahun 1997.

_________________________________________
Kerjasama Blog :
Email : masshar2000@gmail.com
Pin : 74a6f873 ( fast respon )
WA : 085740562055

Motto : di udara kita saudara – di darat kita sahabat
_______________________________
__________

Iklan

One thought on “Mengenal Mina – Kota Seribu Tenda”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s