NAZA publikasikan parahnya foto kabut asap di Indonesia dari angkasa

image

M2000 – Seperti kita ketahui , bencana kabut asap di Sumatra dan Kalimantan sudah berlangsung lebih dari dua bulan.
Bencana tahunan ini tampaknya akan menjadi yang terlama sejak 18 tahun terakhir.
Ya…menurut WALHI Riau , bencana kabut asap ini memang menjadi bencana tahunan sejak 18 tahun yang lalu.

Dan pada tahun ini , dengan adanya musim kemarau yang sangat panjang , sepertinya akan menjadi yang terparah.
Beruntung di kota Jambi dan sekitarnya, pada tanggal 7 oktober kemarin sudah di guyur hujan, sehingga kabut asap dapat di halau sementara, sedangkan di daerah lain masih sama kondisinya.

Dengan ribuan titik api , sepertinya mustahil dapat dipadamkan dengan helikopter yang mengguyurnya dengan air.

image

Saat ini DPR sedang membentuk Pansus yang akan mengusulkan agar pemerintah segera menetapkan bencana kabut asap menjadi bencana nasional.
Kemarin pun pemerintah sudah mau luluh dan mau menerima bantuan dari pemerintah Singapura untuk membantu menanggulangi kabut asap ini..sebelumnya pemerintah RI menolak bantuan dari pemerintah Singapura itu.
Seperti kita ketahui , Singapura dan Malaysia adalah dua negara tetangga yang paling dirugikan dengan kabut asap ini.

Belum lama ini , Lembaga antariksa Amerika Serikat NASA mempublikasi foto satelit yang menampilkan kabut asap yang menyelimuti wilayah Pulau Sumatera, Kalimantan, serta sebagian wilayah Singapura dan Malaysia.

image

Foto yang diambil dengan teknologi pencitraan Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang dimiliki satelit Terra milik NASA itu menampakkan kabut asap yang bersumber dari pembakaran hutan di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Kabut asap terlihat tertiup angin ke arah utara, sehingga turut menyelimuti wilayah Singapura dan Malaysia. Titik-titik api juga ditandai dengan lingkaran merah dalam citra tersebut.

image

image

Menurut ilmuwan NASA di situs Earth Observatory, kondisi kabut asap dan kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia tahun ini menjadi sangat buruk karena dipengaruhi oleh gelombang udara panas El Nino yang memperpanjang musim kemarau, dan mengurangi curah hujan, sama seperti tahun 1997 lalu.
Kita sedang berada di pola yang sama dengan tahun 1997,” ujar Robert Field, ilmuwan NASA yang berasal dari Columbia University, dikutip KompasTekno.

Dan seperti yang sudah ditulis diatas , tidak hanya di negara ini dampak asap ini sampai ke negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.

Sebanyak 6.798 sekolah di Malaysia diliburkan sejak awal pekan ini lantaran pekatnya kabut asap yang berasal dari kebakaran lahan dan hutan di Indonesia tak kunjung mereda. Penutupan sekolah itu menyebabkan sekira empat juta siswa tidak dapat belajar seperti biasanya.

Terkait masalah tersebut, Menteri Pendidikan Malaysia Mahdzir Khalid mengatakan semua sekolah diliburkan kecuali di wilayah Kelantan. Keputusan pemerintah guna mengantisispasi dampak yang lebih buruk seperti masalah kesehatan.

Datin Paduka Chew Mei Fun, Deputi Menteri Urusan Wanita, Keluarga, dan Pelayanan Masyarakat Malaysia, seperti dilansir Bernama, Senin (5/10/2015), menyatakan, Malaysia telah menderita akibat kabut asap ini setiap tahun.

Ini benar-benar konyol mengingat mereka (Indonesia) tidak pernah menyelesaikan masalah ini. Saya rasa kita harus meminta Indonesia memberi kompensasi. Anak-anak tidak dapat bersekolah,” kata Chew melampiaskan kekesalannya.

Juga pada saat bersamaan, tidak akan ada yang datang berwisata ke Malaysia. Bisnis makanan terbuka anjlok 30 persen. Saya rasa biaya kesehatan warga juga meroket akibat asap ini,” kata mantan senator ini.

Di Kalimantan bahkan lebih parah lagi, jarak pandang di beberapa wilayah tersebut dilaporkan hanya 50 meter , bahkan di suatu daerah di Pangkalan Bun,Kab Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, ketika akan diadakan upacara peringatan HUT daerah ini rencana tidak bisa berjalan dengan lancar. awalnya inspektur upacara akan dipimpin oleh pj Gubernur Kalteng, namun beliau tidak bisa hadir karna pesawat dari Jakarta tidak bisa mendarat tepat waktu ke Pangkalan Bun.

image

library : berbagai sumber

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s