Kenapa Syiah membenci Malaikat Jibril ?

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana

image
Malaikat Jibril memiliki 600 sayap

M2000 – Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah ajaran agama tapi justru membenci dan memusuhi malaikat yang tugasnya membawa atau menyampaikan wahyu dari Allah .

Seperti kita ketahui Malaikat Jibril adalah malaikat yang memberikan rejeki dan membawa wahyu atau yang menyampaikan firman Allah  kepada setiap nabi dan Rosul .
Dalam hal ini , kita persempit persoalan kepada nabi Muhammad SAW saja .
Dan seperti yang kita percayai, Malaikat jibril lah yang menyampaikan wahyu kepada Muhammad sekaligus mengangkatnya menjadi Rosul dengan perintah Allah.

Namun hal itu ternyata tidak berlaku bagi kaum Syiah yang ngakunya sebagai golongan Islam.

الحمدالله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه أجمعين
أما بعد :

Sungguh Syi’ah telah terpengaruh dengan keyakinan Yahudi dalam hal permusuhan mereka terhadap Malaikat Jibril ‘alaihis salam “

Berikut ini adalah penjelasan dari Asy-Syaikh Al-‘Allamah Sholih Al-Fauzan (Anggota Dewan Fatwa Arab Saudi) dalam kitabnya Al-Manhah Ar-Robbaniyah fi Syarhil Arba’ina An-Nawawiyah, hal.53-54 Cet. Darul ‘Ashimah:

Diantara mereka ada yang memusuhi para malaikat, diantara mereka ada juga yang memusuhi sebagian malaikat. Seperti Yahudi yang memusuhi Malaikat Jibril ‘alaihis salam, mereka mengatakan Jibril musuh kami, seandainya yang turun kepada Muhammad (untuk menyampaikan wahyu) bukan Jibril pasti kami akan beriman kepadanya, tetapi karena yang turun kepadanya adalah Jibril maka kami tidak mau beriman kepadanya, karena Jibril adalah musuh kami “
Allah berfirman:

قال الله تعالى: (قُلْ مَن كَانَ عَدُوّاً لِّجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللّهِ مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ * مَن كَانَ عَدُوّاً لِّلّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ….) البقرة : 97-98

Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman . Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir” (QS. Al-Baqarah: 97-98)

Diantara syi’ah juga ada yang memusuhi Jibril karena terpengaruh dengan Yahudi.

Mereka berkata:
Sesungguhnya risalah (kenabian) untuk Ali tetapi Jibril berkhianat dan memberikannya kepada Muhammad “.

Seorang penya’ir mereka berkata:

خان الأمين وصدها عن حيدرة

“Telah berkhianat Al-Amin (Jibril) dan menghalanginya dari Haidaroh (‘Ali)”

Jadi , jika di katakan ” kenapa Syiah membenci malaikat Jibril “…jawabannya adalah karena kaum Syiah beranggapan bahwa malaikat Jibril telah berkhianat , karena seharusnya Malaikat Jibril menyampaikan wahyu nya kepada Ali bin Abi Thalib .
Seperti kita ketahui Ali bin Abi Thalib adalah  Khalifah ke empat dan paling diagung-agungkan oleh kaum Syiah, bahkan lebih di hormati daripada Rosulullah SAW sendiri.
Dan kaum Syiah beranggapan bahwa Ali lebih berhak menjadi Nabi dan Rosul daripada Muhammad sendiri…., makanya kaum Syiah sangat membenci malaikat Jibril yang menurutnya telah berkhianat kepada Allah dengan menyampaikan wahyunya kepada Muhammad , bukan kepada Ali…sungguh keterlaluan .

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum,…

library : islampost

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

2 tanggapan untuk “Kenapa Syiah membenci Malaikat Jibril ?”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s