Kenapa rem cakram selalu berlubang ?…ini jawabannya

image

M2000 – Brader biker sekalian, pastinya paham banget dong dengan si kuda besi tunggangan sehari-hari…bahkan sampai konsumsi BBM perliter pun pastinya tahu betul.

Tapi dari itu semua , tahukah massbro semua piranti yang satu ini, ya…piringan cakram atau rem cakram , kenapa sih bentuknya selalu berlubang ?
Jangan jawab biar irit bahan ya..!
Ternyata itu bukanlah sebuah variasi atau sekadar model agar tampilan lebih keren. Bentuk tersebut memang memiliki fungsi khusus.

Menurut M Abidin, GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, bentuk lubang-lubang yang ada pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panasnya logam tersebut saat pengereman berkali-kali.

Fungsi lubang ini untuk mengurangi bobot dan memperluas penampang pelepasan panas saat mengerem. Diameter piringan dan lebar pad (kampas) menentukan besarnya tenaga pengereman,” ujar Abidin seperti yang dikutip dari Otosia .

Fungsi lubang pada rem cakram juga membuatnya lebih baik ketimbang tromol, sebab sistemnya terbuka. Berbeda dengan rem tromol yang posisinya tertutup. Kampas rem menempel ke tromol roda yang mengakibatkan daya pengereman hanya sebesar 70 persen saja.

Karena tidak menggunakan sistem pengerem terbuka, maka rem tromol gampang terkena panas. yang disebabkan oleh perangkat rem model tertutup. Lebih lanjut, apabila menerjang banjir rem tidak akan pakem lagi karena perangkat rem di penuhi air.

Nah, sudah tahu kan ?

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

2 tanggapan untuk “Kenapa rem cakram selalu berlubang ?…ini jawabannya”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s