Rossi dan Marquez sudah sepakat di 2016, ini kesepakatannya

image

M2000 – Jika GP lovers selalu update mengikuti perkembangan MotoGP , tentunya sudah pada tahu , bahwa musim depan 2016 akan ada regulasi baru , yaitu penggunaan ban Michelin sebagai pemasok tunggal , juga penggunaan ECU yang telah ditentukan.

Massbro pastinya tahu, kalau perseteruan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez masih berlanjut sampai musim MotoGP 2015 berakhir di Valencia, akhir pekan lalu.
Tapi, kedua pembalap ini akhirnya sepakat dalam satu hal, regulasi baru penggunaan sistem Electronic Control Unit (ECU) tunggal untuk musim balap MotoGP 2016.

Seluruh pembalap telah merasakan penggunaan PPPA,anaa sistem ECU tunggal dan pasokan ban dari pabrikan Michelin dalam sesi tes di Valencia, Selasa lalu (10/11/2015).

Pada sesi latihan tersebut ,Rossi mencatatkan waktu lap ke-12 tercepat, terpaut 0,850 detik di belakang Marquez.
Saya mencoba sistem elektronik baru untuk tahun depan dan ini akan jadi masalah besar, saya serius, seperti kita melompat kembali ke masa jadul. Sama seperti (piranti lunak kami) di musim 2008-2009,” kata Rossi dilansir Crash.net (10/11/2015).

Tapi menurutnya lagi, bukannya ECU tunggal ini yang membuat motor balap terasa lebih menyenangkan dikemudikan.

Buat saya tidak, karena pada akhirnya lebih tinggi level motor kemudian akan lebih baik untuk saya. Jadi ini seperti langkah mundur. Pada awalnya Anda akan merasa sedikit marah pada motor, karena berfikir ‘sial’ mengapa ini tak mau bekerja. Namun, di sisi lain, mungkin ini bisa baik bagi balapan. Karena akan sangat sulit untuk selalu menorehkan waktu lap yang sama. Karena motor semakin sulit dikendarai. Jadi bisa lebih baik dalam perebutan pada balapan, jadi lebih menyenangkan karena ini,” kata Rossi.

Sama seperti Rossi, Marquez pun sepertinya sepakat dengan pendapat Rossi.
Selang beberapa menit setelah Rossi, giliran Marc Marquez memberikan tanggapannya soal penggunakan sistem ECU tunggal untuk musim 2016.

Kita mulai menggunakan motor edisi 2015, kemudian disematkan piranti lunak baru. Itu yang membuat kami menghabiskan waktu dan masih harus lebih banyak menghabiskan waktu, karena terlihat sepertinya kita mundur satu langkah ke belakang, karena akan sangat sulit untuk meraih level yang sama seperti sebelumnya. Tapi, kita masih bekerja, terutama pada sisi akselerasi, pengatur traksi, penghantar torsi di mana kita harus tingkatkan. Hubungan dengan bensin. Kemudian bagaimana ketika kita tes menggunakan mesin baru (2016), tetapi juru akan sulit untuk memberikan masukan yang tepat karena kami masih harus membenahi elektronik piranti lunaknya,” ucap Marquez.

Marquez pun mengatakan kalau dengan Ecu Tunggal ini , dia akan sedikit khawatir , karena karakter balapnya memang agresif .

“Ya, dengan lebih sedikit elektronik tentu saja jika Anda punya mesin yang agresif, Anda akan lebih banyak harus memangkas (dalam hal kekuatan) dan kelihatannya elektronik ini bekerja sedikit lebih lambat. Pemangkasan datang di akhir dan lebih besar, jadi kita harus membenahinya dengan baik,” kata Marquez.

The Spaniard, sama seperti pembalap lain juga mencoba ban baru pada sesi percobaan, dan mengakui kalau kekhawatiran terbesar ada pada sistem elektronik baru, ketimbang ban.

Buat saya sistem elektronik, karena pada akhirnya semua pembalap akan menggunakan ban yang sama. Jadi, ban tidak akan menjadi masalah terbesar dan saya pikir Michelin sudah melakukan pekerjaan baik. Di sisi lain, baru pertama kali kami berkendara dengan elektronik baru dan kami tahu butuh waktu untuk mempersiapkan mereka, bahkan pada lap ke 13 (pada sesi tes) saya nyaris terpelanting ke depan, tetapi bisa saya katakan elektronik baru ini aman. Bukan cuma lebih mulus dan memangkas tertalu banyak,” kata Marquez.

Pada musim-musim sebelumnya, tim pabrikan diperbolehkan menggunakan ECU hasil pengembangan sendiri. Tapi, mulai tahun depan (MotoGP 2016), semua pembalap wajib menggunakan satu ECU, hasil pengembangan bersama antara Honda, Yamaha, Ducati, dan Dorna.

library : kompastekno

_______________________________
Powered by : M2000 production
_______________________________

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s