Harga Pertamax series turun per 19 Desember, kenapa premium tidak ?

image

M2000 – Dengan terus menurunnya harga minyak dunia , dan juga desakan dari banyak kalangan termasuk DPR , membuat Pertamina akhirnya menurunkan BBM jenis Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamax Dex per 19 November kemarin.

Jika sebelumnya Pertamax 92 dibanderol Rp 8.950, maka mulai kemarin harga Pertamax 92 bercokol di Rp 8.850 atau turun sebesar Rp 100.

Penurunan harga juga terjadi di Pertamax Plus dengan RON 95 dan Pertamax Dex yang jadi bahan bakar kendaraan bermesin diesel. Namun penurunan harga di dua jenis bahan bakar ini lebih kecil dari Pertamax yaitu hanya Rp 50.

Berikut rincian penurunan harga Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamax Dex di setiap daerah di Indonesia.

image

image

image

Bagaimana dengan harga Premium ?

Penurunan harga BBM jenis Pertamax series memang termasuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid III yang dikeluarkan pemerintah dan ternyata memang direspon positif. Namun, banyak kalangan menyayangkan , pemerintah tak juga menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium ditengah anjloknya harga minyak dunia.
Seperti kita ketahui, selain menurunkan harga BBM jenis Pertamax series , pemerintah juga sudah menurunkan harga Solar dan Pertalite.

Sebenarnya jika pemerintah mau menurunkan harga Premium , jelas ini akan berdampak pada peningkatan daya beli masyarakat. Meskipun, saat ini PT Pertamina (Persero) masih mengalami kerugian dua persen dari penjualan Premium per liter.
Namun ternyata pemerintah lebih mengutamakan stabilnya harga beras daripada menurunkan premium.

Ya sudah, mudah-mudahan paket kebijakan jilid-jilid selanjutnya , premium juga mengalami penurunan, termasuk Tarif Dasar Listrik tentunya.

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s