Ini kecanggihan helikopter baru Jokowi

image
(Helikopter Agusta Westland AW101 VIP/Foto: aircraftcompare.com)

M2000 – Gonjang-ganjing pembelian Heli mewah untuk presiden dan wakil ternyata makin menggelora.
Setelah awalnya adem ayem , sekarang banyak pihak yang menentang pembelian heli mewah tersebut. Bahkan sejumlah kalangan membanding-bandingkan kebutuhan alat transportasi tersebut dengan punya Amerika.

Kalangan pengamat menilai kebutuhan heli untuk Obama memang perlu, karena Obama bisa menggunakannya sewaktu-waktu karena memang Amerika berupa daratan yang memang harus ditempuh dengan transportasi udara yang mumpuni, sedangkan untuk Indonesia yang berupa kepulauan dan dipisahkan laut , nyatanya memang tidak bisa menggunakan heli…ya itu pendapat berbagai kalangan , sah-sah saja .

Nah, untuk helinya sendiri memang tergolong heli mewah..bernama Agusta Westland AW101 VIP. Pesawat itu sebagai pengganti helikopter Super Puma yang dianggap sudah uzur.
Rencananya Agusta Westland AW101 VIP akan digunakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk blusukan ke daerah terpencil. Selain itu akan digunakan juga untuk menjamu para tamu negara.

image

Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengatakan pesawat kepresidenan tersebut dibanderol seharga USD$55juta atau setara Rp753 miliar. Helikopter canggih tersebut diproduksi di Inggris sejak 1990 hingga sekarang.

Dikutip dari aircraftcompare.com, AW101 VIP memiliki panjang 19,53 meter dan diameter rotor 18,59 meter. Tinggi helikopter ini mencapai 6,62 meter dengan berat kosong 10.500 kilogram.

image

Helikopter itu dilengkapi dengan 24 tempat duduk, dan mampu menempuh jarak hingga 750 Nauctical Miles atau setara 1.389 kilometer.

AW101 VIP digerakan dengan tiga unit mesin Rolls-Royce Turbomeca RTM322-01 turboshafts bertenaga 1.866 tenaga kuda. Kecepatan maksimal dapat ditempuh hingga 309 kilometer per jam atau 192,01 mph.

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s