Pilkada Surabaya – Barisan Muda PAN ternyata malah mendukung Risma-Wisnu

image

M2000 – Like Father Like Son ternyata tidak berlaku untuk PAN partai besutan Amin Rais ini.

Bagaimana tidak , Barisan Muda Penegak Amanah Nasional (BM PAN) Surabaya, Jawa Timur malah memilih mendukung pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana di Pilwali Surabaya. Padahal, BM PAN merupakan organisasi sayap PAN, yang bersama Partai Demokrat mendukung pasangan urut satu, Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Keputusan BM PAN Surabaya yang diumumkan saat memasuki masa tenang Pilkada serentak ini, memang cukup mengejutkan. Sebab, sejak awal partai induk dari organisasi yang pada Oktober 1998 oleh AM Fatwa diusulkan mengubah kata partai menjadi penegak itu, mengusung Rasiyo-Lucy bersama Partai Demokrat.

Namun, sehari memasuki masa tenang, Minggu (6/12), BM PAN memiliki setia dengan Risma-Whisnu. Keputusan ini cukup beralasan. Sebab, BM PAN Surabaya, sejak dulu, merupakan pendukung setia pasangan Risma-Bambang DH pada Pilwali Surabaya, 2010 silam.

Hingga Bambang mundur dan diganti dengan Whisnu pada 2013 lalu, BM PAN tetap setia sebagai pendukung pasangan calon besutan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Alasan kedua, organisasi khusus anak muda PAN ini, kerap menggelar survei terhadap pasangan calon yang akan bertarung di pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Dan hasil survei yang digelar BM PAN Surabaya, pasangan Risma-Whisnu cukup tinggi.

Sekadar tahu, tim survei BM PAN Surabaya yang bernama Tim Semut Biru, didirikan pada 2010 silam. Dan tahun ini, tim ini kembali menggelar survei Pilwali Surabaya 2015.

Sayang, mereka enggan menyebut jumlah prosentase elektabilitas maupun kemenangan Risma-Whisnu di Pilkada serentak tahun ini. Alasannya, angka golput cukup tinggi. Dan angka golput itu, berasal dari masyarakat yang menganggap Risma-Whisnu, tak terbantahkan akan memenangkan Pilkada Surabaya tahun ini.

Ini dikatakan Koordinator Tim Survei Semut Biru BM PAN Surabaya, Subiantoro. Kata dia, presentasi kemenangan maupun elektabilitas hasil survei, semakin sering diumumkan, semakin tinggi pulan angka golput.

Dari 558 obyek survei di 31 kecamatan se-Surabaya, 51 persen akan datang ke TPS, dan 49 persen golput. Angka golput ini, dari hasil survei kami, mengatakan: Meski tak datang, Risma-Whisnu pasti menang, seperti hasil survei dari lembaga survei. Dan kedua karena Pilkada tahun ini adem ayem,” kata Subiantoro.

Sementara Ketua BM PAN Surabaya, Djono Tahyer mengatakan, 350 pengurus inti organisasinya yang tersebar di 31 kecamatan se-Surabaya, menyatakan setia terhadap pasangan incumbent, seperti Pilwali Surabaya Tahun 2010 silam.

Kinerja Risma-Whisnu sudah teruji. Itu tidak terbantahkan lagi. Keduanya juga banyak meraih prestasi atas kepemimpinan pasangan incumbent selam lima tahun terakhir,” ungkap Djono.

Tak hanya itu, lanjut Djono, sejak Risma masih bersama Bambang hingga digantikan Whisnu, tidak pernah bermasalah dengan BM PAN. “Sejak 2010 lalu, kita sudah memberikan dukungan ke Risma-Bambang. Begitu juga dengan Pilkada tahun ini, kami tetap bersama Bu Risma dan Mas Whisnu,” jelasnya.

Kembali Djono melanjutkan, “Tidak ada alasan tertentu yang membuat arah politik BM PAN beralih dukungan. Mereka (Risma-Whisnu) sudah baik. Tinggal melanjutkan kembali.”

Djono juga menegaskan, dukungan BM PAN tidak ada kaitannya dengan sikap politik PAN sebagai partai induk, yang mendukung Rasiyo-Lucy. Kata dia, meski DPD PAN Surabaya telah memutuskan berkoalisi dengan Demokrat untuk mengusung Rasiyo-Lucy, BM PAN mempunyai hak politik sendiri menentukan pilihannya.

Kami bukan organisasi politik. Selain itu, hubungan kami dengan partai tidak ada masalah. Dukungan ini (ke Risma-Whisnu) murni karena sosok pimpinan yang patut didukung,” tegasnya.

Djono juga mengaku, pihaknya tak takut mendapat tegur maupun sanksi dari BM PAN Jawa Timur. “Situasi ini sama persis dengan 2010 lalu. Saat itu, pengurus (BM PAN) Jatim condong ke rival Risma-Bambang. Sementara pengurus yang di Surabaya, sebaliknya. Dan saat ini, kami masih yakin, baik Risma-Bambang, maupun Risma-Whisnu adalah pemimpin terbaik,” tandasnya.

library : detik.com

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s