Negara barat ramai-ramai perangi ISIS , berapa besarnya dana yang mereka keluarkan …ini detailnya

image

M2000 – Ramai-ramai perangi ISIS , negara-negara barat juga bukan cuma-cuma.
Karena negara-negara barat  mengeluarkan dana yang tidak sedikit, pastilah ada sesuatu yang diharapkan dari perang ini.
Namun pada topik kali ini , kita tidak membahas masalah ini, tapi tentang besaran biaya yang mereka keluarkan untuk memerangi ISIS.

Sebelumnya , Perdana Menteri Inggris meminta parlemen mendukung rencananya untuk menyerang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) lewat serangan udara.
Inggris menyatakan keinginannya bergabung dengan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk menggempur ISIS di Irak dan Suriah. Sebelumnya sudah ada Prancis yang ikut memborbardir ISIS. Rusia juga belakangan ikut menghantam ISIS lewat serangan udara.

Parlemen Inggris memutuskan dukungan serangan ke ISIS itu dengan pemungutan suara. Dari hasil survei mayoritas rakyat Inggris memang setuju militer mereka menggempur ISIS lewat serangan udara.

Jajak pendapat yang digelar YouGov mengungkapkan hampir 60 persen rakyat Inggris mendukung serangan udara ke ISIS. Sekitar 15 persen menolak dan hampir 20 persen tidak tahu.

Cameron mengatakan serangan udara itu untuk menghantam ISIS di Kota Raqqa dan akan dibarengi dengan pengiriman bantuan kemanusiaan bagi warga sipil.

Serangan udara Inggris ke ISIS bisa menjadi gambaran berapa besar ongkos pasukan koalisi dalam menggempur kelompok militan di Irak dan Suriah itu.

Menurut hitungan kasar dari Sky News, serangan udara selama enam jam dari dua pesawat Angkatan Udara Inggris menghabiskan biaya sekitar Rp 10 miliar. Angka itu berdasarkan hitungan dari data Kementerian Pertahanan yang disampikan ke parlemen pada 2010.

Satu pesawat tempur Tornado milik Angkatan Udara Inggris diperkirakan membutuhkan waktu 6 jam sejak lepas landas, biayanya sekitar Rp 5 miliar. Pesawat itu diperkirakan mampu menjalankan misi terbang selama selama 4 jam hingga 8 jam. Diambil jalan tengah, diperkirakan sekitar 6 jam sekali lepas landas.

Situs ilmfeed kemudian ikut menghitung, berapa ongkos sebuah serangan udara ke ISIS jika dibandingkan dengan uang yang dibayarkan warga Inggris untuk membayar pajak.

Surat kabar the independent pun melaporkan, menurut situs itu , satu kali serangan udara bisa mendanai gaji sekitar 20 guru dan 20 petugas kepolisian. Juga setara dengan gaji 20 petugas medis, 19 perawat, 18 petugas pemadam kebakaran, dan 18 dokter muda.

image

Ilustrasi besaran biaya perang per pesawat tempur dibandingkan dengan gaji pegawai

Bahkan jika dibandingkan dengan data dari badan urusan pengungsi PBB, UNHCR, angka itu bisa untuk membantu sekitar 1.530 keluarga pengungsi di penampungan.

Bayangkan , berapa besarnya dana yang dikeluarkan mereka selama ini kalau satu kali serangan dengan dua jet tempur saja mengeluarkan biaya 10 milyar.

Library : merdeka

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s