Iklan
Oleh: masshar2000 | 31 Desember 2015

Terompet berbahan sampul Al-Qur’an hebohkan pergantian tahun

image

M2000 – Tinggal hitungan jam , kita akan meninggalkan tahun 2015.

Seperti biasanya, jelang pergantian tahun pedagang terompet dan petasan mulai terlihat di sejumlah tempat. Namun terompet yang diperjualbelikan untuk pesta tahun baru kali ini menjadi sorotan.
Betapa tidak, terompet yang dijual dibuat berbahan dasar sampul Alquran. Hal ini sontak menimbulkan kemarahan khususnya bagi para umat Islam di Indonesia.

Terompet berbahan Alquran ditemukan pertama kali di wilayah Kendal, Jawa Tengah, dari laporan Kiai Kresno Abrory pada Minggu (27/12)…sebenarnya ini dari akhir November lalu sudah beredar larangan , saat itu yang beredar adalah simbol-simbol agama, yakni lafadz Allah, gambar-gambar dewa dan lain-lain.
Namun kasus ini menjadi sorotan media saat semakin meluasnya daerah yang menemukan terompet berbahan baku sampul Al-Qur’an ini.

image

Tercatat seperti daerah Banyumas , Yogyakarta , Kendal, Blitar dan Solo sudah ada laporan ke kepolisian terkait masalah ini.
Dari laporan tersebut, kepolisian bergerak cepat dan menyita ratusan terompet yang berbahan cover Alquran yang ditutupi plastik berwarna biru dan ornamen hiasan plastik kuning emas pada bagian ujungnya di sejumlah 21 gerai Alfamart.

Selain di Kabupaten Kendal, polisi juga berhasil mengamankan 317 terompet berbahan Alquran dari belasan minimarket Alfamart di beberapa tempat di Kota Pekalongan dan Batang, Jawa Tengah, Senin (28/12).

Atas banyaknya beredar terompet-terompet tersebut di Kendal, Kasatreskrim Polres Pekalongan Kota AKP Dimas Supadi langsung mengerahkan tim bergerak menelusuri para penjual terompet di minimarket.

Tim kami langsung menyusuri, semua minimarket yang bersangkutan. Dan kami berhasil menyita meski hasilnya tidak banyak, karena sebagian besar sudah laku terjual,” jelasnya kepada merdeka.com, Senin (28/12).

Kapolrestabes Semarang Kombes Burhanudian akhirnya menemukan tempat penyuplai terompet tersebut. Dirinya mengatakan, kalau terompet tersebut disuplai dari Gudang Alfamart yang berada di Kawasan Industri, Wijaya Kusuma, Kota Semarang.

Terompet dari sampul Alquran, disuplai dari Semarang, Gudang Alfa Wijaya Kusuma Tugu Semarang. Pelaku ketemu,” ungkapnya, Senin (28/12).

Burhanudin juga menyatakan bahwa terompet dari sampul Alquran itu diproduksi di Solo, Jawa Tengah.

Saat ini, kasus dijualbelikannya terompet tersebut sudah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal (Direskrimum) Polda Jateng.

Yang memproduksi dari Solo, sedang ditangani Reskrim Polda,” ungkapnya.

Atas pemberitaan ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan keprihatinan mendalam atas ditemukannya produk terompet berbahan kertas sampul Alquran. PBNU dan MUI meminta kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut.

MUI merekomendasikan agar kasus tersebut diusut tuntas oleh aparat yang berwenang untuk menghindari gejolak bernuansa agama karena terkait dengan kitab suci umat Islam,” ujar Sekretaris Lembaga Pentashih Buku dan Konten Islam (LPBKI) MUI Pusat, Arif Fahrudin.

Sementara itu, di tempat terpisah, Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman menegaskan, kejadian tersebut pihaknya telah menindaklanjuti dengan menarik seluruh persediaan terompet tersebut di Alfamart wilayah Kendal.

Kami sudah konfirmasi dengan produsen sekaligus supplier (pemasok) terkait, agar secepatnya dilakukan penarikan produknya di toko-toko kami. Saat ini, bisa dipastikan tidak ada lagi produk tersebut di toko kami,” tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas informasi terkait hal tersebut, serta akan lebih berhati-hati dalam memilih pasokan produk di tokonya.

Kami memohon maaf kepada seluruh elemen masyarakat atas kejadian ini,” tandasnya.

Iklan

Responses

  1. […] dipinggir-pinggir jalan sudah berjejer para penjual terompet dan pernak-perniknya . ( baca dulu : Terompet berbahan sampul Al-Qur’an hebohkan pergantian tahun […]

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: