Fakta-fakta menarik dan peristiwa besar di 2015 , salah satunya adalah besar uang pesangon bos Freeport setara dengan gaji presiden Jokowi selama 123 tahun

image

Boss Freeport dan Presiden Jokowi

M2000 – Tahun 2015 baru saja kita lalui, dan ternyata banyak hal menarik dan peristiwa besar yang menjadi sorotan media di 2015.

Apa saja peristiwa tersebut , yuk kita ulas disini beberapa diantaranya ,

1. Uang Pesangon Bos Freeport setara gaji 123 tahun Presiden Jokowi

James R. Moffet atau Jim Bob bakal melepas jabatannya sebagai Executive Chairman Freeport McMoran. Ditenggarai, itu lantaran tekanan pelemahan harga komoditas yang memukul seluruh industri.

Jim Bob bakal mendapat pesangon USD 16,1 juta atau sekitar Rp 222 miliar. Jika dihitung Jumlah ini setara dengan gaji 123 tahun Presiden Jokowi. Diperkirakan setiap tahunnya Presiden RI mendapat gaji Rp 1,8 miliar.

2. Ketua DPR terpendek, 1 tahun 75 hari

image

Setya Novanto menjadi Ketua DPR dengan masa jabatan terpendek setelah reformasi. Dia adalah satu-satunya Ketua DPR yang lengser di tengah jalan gara-gara terlibat skandal permainan saham PT Freeport Indonesia dengan kasus “ papa minta saham “.

Dari dilantik tanggal 2 Oktober 2014 hingga lengser 16 Desember 2015, tercatat Setnov hanya memimpin DPR selama 1 tahun 75 hari.

3. Setiap hari motor di Jakarta bertambah 4.500 buah sementara mobil tambah 1.600 mobil per hari

Kemacetan di Jakarta semakin hari semakin parah. Ternyata Jakarta adalah salah satu kota dengan pertumbuhan mobil dan motor paling tinggi di dunia.

Tahun 2015, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat pertumbuhan kendaraan 12 persen. Sementara pertambahan jalan hanya 0,01 persen.
Jika merujuk pada data itu, diperkirakan sedikitnya ada 19 juta motor di Jakarta dan hampir 4 juta mobil pribadi. Pantas saja semakin macet…mau dibuatin jalan layang tiga tingkat juga ‘gak bakalan lancar ..karena pertumbuhan kendaraan ratusan kali lebih cepat dari pada pertambahan jalan.

4. Kerugian kabut asap sama dengan 2,5 kali APBD Riau

Kabut asap menjadi salah satu bencana terburuk di Indonesia tahun 2015. Riau menjadi salah satu daerah yang paling parah.Kemarau yang panjang membuat kebakaran lahan gambut ini sulit dipadamkan , selain juga ratusan titik api tersebar di berbagai tempat.
Lha gimana, wong kebakarannya memang disengaja..dan beruntung akhirnya musim hujan segera turun memadamkan api di ribuan hektar lahan.

Jumlah kerugian di Riau akibat kabut asap sendiri mencapai Rp 20 triliun. Jumlah itu setara dengan 2,5 tahun APBD Riau sebesar Rp 8 triliun per tahun…ruginya fantastis ..bisa buat beli pesawat kepresidenan 25 buah.

5. Rp 2 juta buat makan lobster

image

Ini yang terakhir , Rp 2 juta adalah besar uang makan yang dituntut anggota DPRD DKI saat melakukan perjalanan dinas. Selama ini mereka mendapat uang makan Rp 430 ribu. Berarti kenaikan yang diminta bakal memecahkan rekor karena naik hampir 500 persen.

Ketua Banggar DPRD DKI menyebut selama ini selalu nombok jika makan lobster. Dia juga mengaku anggota DPRD tak pantas makan di Warteg.

Sejumlah warga memprotes kenaikan ini dengan gerakan di sosial media bertagar Papa Minta Lobster dan Makan di Warteg…itu perut apa karet sih bos…sok banget baru jadi anggota DPRD saja…kalau sudah jadi menteri apalagi jadi presiden pasti minumnya minta air zam-zam asli dan pake piring dari emas nih…emang raja Fir’aun min ?

image

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s