Iklan
Oleh: masshar2000 | 17 Januari 2016

Fahri Hamzah halang-halangi KPK di gedung DPR , ini kata mantan pimpinan KPK

image

Fahri Hamzah adu mulut dengan penyidik KPK

M2000 – Seperti yang sudah diberitakan , pada hari jum’at kemarin ( 14/01 ) KPK melakukan penggeledahan di Markas besar anggota dewan yaitu di gedung DPR .
Dalam kesempatan itu , Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah terlihat menghalang-halangi bahkan sempat cekcok dengan petugas penyidik.

Fahri mempertanyakan surat tugas penyidik KPK , dan ternyata memang ada , penyidik pun mengatakan sudah meminta ijin MKD .Tapi terlihat Fahri tak kehilangan akal dan m
mempertanyakan penyidik KPK yang membawa anggota Brimob bersenjatakan senapan laras panjang.

Memang pada dasarnya , penyidik KPK tidak boleh mengikutseratakan Polisi yang membawa senjata laras panjang.
Tapi yang menjadi sorotan publik adalah kenapa Fahri tidak menegur saat penyidik menggeledah ruang kerja Damayanti yang anggota dari PDIP , juga pada anggota partai Golkar ..nyatanya Fahri hanya menghalang-halangi tatkala penyidik akan menggeledah ruang kerja anggota dari PKS.
Tentu ini tidak fair dan patut dipertanyakan.

Mantan pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji mengatakan, penyertaan petugas bersenjata saat melakukan penggeledahan dibenarkan.

Pernyataan tersebut mengomentari sikap Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang memprotes keberadaan sejumlah anggota Brimob bersenjata laras panjang saat KPK menggeledah kantor anggota DPR.

Polri yang membantu pelaksanaan penegakan hukum secara melekat tetap dalam basis koridor hukum dan etika disiplin, yaitu sama sekali tidak boleh meninggalkan peralatan yang dimilikinya, termasuk senjata,” ujar Indriyanto melalui pesan singkat, Minggu (16/1/2016).

Selain itu, kata Indriyanto, KPK juga berhak melakukan upaya paksa jika saat penggeledahan dilakukan, ada pihak yang melawan. Sebab, tindakan penggeledahan maupun penyitaan tersebut sudah sesuai dengan KUHAP dan undang-undang KPK.

image

Pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Indriyanto Seno Adji

Oleh karena itu, KPK perlu dibantu oleh petugas keamanan, yakni polisi, untuk mengamankan baik fisik maupun psikis pelaksanaan penggeledahan.

Pernah ada perlawanan dari bupati sebagai tersangka dengan menabrakkan kendaraan KPK,” kata Indriyanto.

Oleh karena itu, dia menganggap tindakan yang dilakukan KPK di Gedung DPR beberapa hari lalu sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Dan sama sekali tidak ada unsur obstruction of justice (menghalangi penegakan hukum) maupun obstruction of parliament (menghalangi kelembagaan parlemen),” kata Indriyanto.

Penggeledahan tersebut dilakukan pada Jumat (14/1/2016) siang, terkait penangkapan anggota Komisi V Fraksi PDI-P, Damayanti Wisnu Putranti, karena menerima suap dalam sebuah proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setelah menggeledah ruangan Damayanti di lantai 6, sembilan penyidik KPK turut menggeledah ruangan anggota Komisi V Fraksi Partai Golkar Budi Supriyanto di lantai 13.

Setelah itu, penyidik turun ke lantai 3 untuk menggeledah ruangan Wakil Ketua Komisi V Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yudi Widiana. Saat itulah adu mulut antara Fahri dan Christian terjadi.

Fahri yang juga politisi PKS ini tak menyebut peraturan apa yang tak memperbolehkan penyidik KPK membawa anggota Brimob saat melakukan penggeledahan. Tak jarang keduanya saling bicara dengan nada tinggi dalam menyampaikan argumennya.

Namun, para penyidik KPK tetap konsisten untuk menggeledah ruang Yudi. Fahri pun akhirnya menyerah dan memilih menjelaskan permasalahan ini kepada media yang berada di lokasi.

Library : kompas

Iklan

Responses

  1. […] ruangan Wakil Ketua Komisi V Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yudi Widiana. ( baca : Fahri Hamzah cekcok dengan penyidik KPK […]

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: