Awal mula nama dan sejarah Kawasaki Ninja

image

Mbahnya Ninja - Kawasaki Ninja GPZ-900R ( 1984 )

M2000 – Halloha brader biker , kamu yang merasa Ninja Holic mesti tahu nih sejarah motor tunggangan kamu…bukan sejarah motor kamu karena kamu belinya sekenan ya , walaupun itu juga penting.

Yup , sejarah awal mula pemberian nama Ninja dan sejarah lahirnya Kawasaki Ninja akan kita ulas secara pintas disini.

Nama Ninja sendiri lahir pada tahun 1984. Pada saat itu, pihak Kawasaki Amerika Utara merasa nama motor baru Kawasaki yang akan dipasarkan memiliki nama yang rumit dan sulit untuk diingat.

Nama motor yang dimaksud adalah Kawasaki GPZ900R. Berasal dari hal tersebut, terciptalah nama Kawasaki Ninja GPZ900R , atau Kawasaki Ninja , karena itulah model awal dan satu-satunya Ninja di jamannya. Tanpa diduga, perubahan yang sepertinya sepele membawa efek domino.

Bahkan, motor tersebut menjadi lebih terkenal setelah Tom Cruise menggunakannya dalam film Top Gun.
Motor ini terbilang revolusioner karena motor pertama yang menggendong mesin empat silinder 908cc dengan kekuatan 115 tenaga kuda.

Dengan kesuksesan Ninja 900, setahun berikutnya Kawasaki merilis Ninja 600R. Pada tahun 80an, motor kelas menengah biasanya memiliki mesin 550cc.

Dengan gebrakan Kawasaki yang menawarkan mesin 592cc, membuat produsen lain menyadari potensi dari mesin yang lebih besar, seperti Honda yang merilis CBR600F pada 1986.

Kawasaki membalas dengan meluncurkan Ninja 600RX, motor dengan rangka aluminium pertama. Di saat bersamaan, Kawasaki Ninja 1000R juga diluncurkan. Sayangnya, dengan bertambahnya tenaga, turut bertambahnya berat.

image

Kawasaki Ninja ZX-6R

Tahun 1986 Kawasaki memasuki pasar yang di masa kini akan populer, kelas 250cc. Ninja 250 meluncur pertama pada tahun 1986 saat itu tidak memiliki pesaing. Pesaingnya baru muncul 30 tahun kemudian.

image

Kawasaki Ninja ZX-7R

Dengan persaingan kelas 750 yang lebih dulu dimasuki Suzuki, Yamaha, dan Honda, Kawasaki baru memasarkan Ninja 750R pada 1987. Entah bagaimana, Kawasaki berhasil membuat mesin 750 lebih kecil daripada mesin 600cc-nya. Era 80an ditutup dengan lahirnya Ninja ZX-10.

image

Kawasaki Ninja ZX-10R

Di Indonesia Kawasaki membangun dinastinya pada tahun 1984 dengan menggelontorkan sport 125cc bernama AR 125. Setelah itu. muncullah Ninja 150 2 tak dan hingga 2015 diproduksi dan banyak peminatnya.

Memasuki era 4 tak, Kawasaki ZX-12 meluncur pada tahun 2000. Motor ini seharusnya bisa menjadi yang tercepat pada saat itu, tetapi mesinnya harus dibatasi dikarenakan adanya perjanjian untuk mengakhiri perang kecepatan.

Pada akhirnya, Kawasaki terus berbenah. Generasi Ninja cc kecil mengeluarkan Ninja 250R, varian Ninja cc kecil terlaris dan varian ninja yg bisa mencakup pasaran global. Disusul pula dengan kesuksesan Ninja ZX-6R dan Ninja ZX-10R yang menjuarai lintasan balap.

..Moge ..ya Ninja lah..
Jaminan motor kentjang…

Library : otosia

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s