Iklan
Oleh: masshar2000 | 10 Februari 2016

Ini alasan Harley Davidson akan hengkang dari Indonesia

image

M2000 – Seperti yang diberitakan di sejumlah media otomotif dan menjadi headline, belakangan telah tersebar luas isu bahwa Mabua HD alias provider utama motor pria Harley Davidson, akan meninggalkan Indonesia.

Salah satu yang membuat Harley Davidson tak lagi berjualan di Indonesia, indikasinya adalah saat Direktur Utama PT. Mabua Motor Indonesia, Djonnie Rahmat ditemui oleh reporter Otosia pada akhir Januari 2016 yang lalu.

Djonnie Rahmat mengungkapkan tingginya pajak di Indonesia menjadi salah satu kendala untuk memasarkan Harley Davidson. Dirinya menyatakan bahwa ‘badai’ ekonomi plus kurs rupiah yang tertekan dolar Amerika membuat harga motor Harley Davidson membumbung tinggi.
( baca : Bos Harley curhat soal kebijakan Jokowi yang menaikkan pajak barang mewah )

Orang lihat harga sebuah motor, kalau on-the road sudah membayar pajak impor, sudah pajak PKB. Total pajak yang harus dia bayar, 330 (persen). Sekarang sebuah motor ada yang berharga sampai Rp 1,4 miliar, itu off-the road. Kalau on-the road, menjadi Rp 1,6 miliar kira-kira,” ujarnya pada redaksi Otosia.

Selain itu, PT Mabua juga mengonfirmasikan bahwa eksistensi pajak yang dikenakan pada Harley Davidson bisa menyentuh kelipatan hingga 330 persen dari harga asalnya sebelum masuk ke pasar Indonesia.

Pada wawancara dengan Djonnie sendiri, pihaknya tidak menjelaskan apakah harga yang mencapai 330 persen tersebut adalah Harley Davidson. Namun lebih ke CVO Road Glide Ultra alias motor yang bisa dikustom bahan jok, spesifikasi mesin dan aksesoris lainnya, yang harganya bisa menyentuh angka Rp 1,5 miliar off the road.

image

Kabarnya, menurut Djonnie, harga Harley Davidson per-unitnya di Indonesia dianggap ‘mahal banget’ jika dibandingkan dengan Thailand, Malaysia dan Jepang.
Kalau hitung-hitungan kasar ,Jika dijual OTR seharga 1,5-1,6  miliar dan dengan kenaikan sebesar 300-330 % maka harga aslinya adalah 350-400 juta per unitnya…lumayan mahal juga kan ?

Library : otosia.com

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: