Waspada , Gempa 8,3 skala richter di Mentawai berpotensi tsunami

image

M2000 – Kabar terbaru dari Sumatra Barat , gempa bumi besar berkekuatan 8,3 skala richter mengguncang Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3/2016). Gempa besar itu berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo, gempa berlangsung pada pukul 19.49 WIB dan berpotensi tsunami.

Sementara , menurut pakar gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, mengungkapkan, gempa kali ini adalah sesar geser.
Sesar geser merupakan salah satu mekanisme gempa. Mekanisme sesar gempa lainnya disebut sesar naik. Sesar geser biasanya tidak mengakibatkan banyak runtuhan lempeng sehingga biasanya tidak memicu tsunami.

Potensi gempa susulan tetap ada. Namun, Irwan mengatakan, kemungkinan gempa susulannya juga sesar geser dan tidak akan berdampak merusak.
Gempa Mentawai kali ini mirip dengan gempa yang mengguncang Aceh pada 11 April 2012. Gempa kala itu adalah gempa kembar, pertama bermagnitudo 8,2 skala richter dan yang kedua 6,2.
Pusat gempa sendiri berada di 5.16 LS, 94.05 BT atau sekitar 682 kilometer barat daya Mentawai di kedalaman 10 kilometerer.

image

Dan tidak hanya di Mentawai, gempa besar tersebut ternyata juga terasa di Malaysia dan Singapura.
Laporan mengenai dampak gempa hingga Malaysia dan Singapura itu terlihat di situs volcanodiscovery.com.

Air di akuarium saya terlihat bergelombang,” demikian salah satu laporan warga Singapura di situs tersebut.

Masih dari Singapura, warga lain juga merasakan dampak gempa dengan skala MMI III (goncangan lemah).
Saya dapat merasakan apartemen saya bergoyang di lantai 21,” kata seorang warga yang melaporkan dengan menggunakan tools “I feel it”.

Warga Singapura lain mengatakan, “Kami tak tahu apa yang sedang terjadi. Kami baru menyadari saat tiang lampu tampak bergoyang,” katanya.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo, gempa besar itu berpotensi tsunami. Namun, belum diketahui apakah peringatan tsunami itu masih berlaku atau tidak.

Saat ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat gempa berpotensi tsunami tersebut.

Belum ada laporan korban jiwa, kerusakan dan informasi datangnya tsunami di pantai barat Sumatera mulai dari Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu dan Lampung,” kata Kepala Pusat Data, Informasi,dan Humas BNPB Sutopo, dalam keterangan tertulis, Rabu malam.

Library : kompas

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s