Iklan
Oleh: masshar2000 | 3 Maret 2016

Kekurangan dana , justru calon sponsor Rio Haryanto terkendala masalah ” Branding “

image

M2000 – Kabar terbaru dari ajang Formula 1 yang dialami Rio Haryanto adalah soal pelunasan dana untuk berlaga setahun penuh bersama Manor Racing.

Saat ini Rio sedang menjalani tes pramusim kedua di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, 1-4 Maret.
Namun, masih ada urusan yang belum selesai. Rio masih perlu dana untuk menutup kekurangan modal yang harus disetorkan kepada Manor Racing untuk mengamankan kursinya selama satu musim.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan bahwa banyak pihak yang berniat membantu pendanaan Rio. Namun, hal tersebut masih terkendala masalah branding atau merek.

Sejauh ini, sponsor yang berniat membantu menawarkan sistem branding (merek), Namun, untuk branding itu sulit. Jika calon sponsor ingin membantu tanpa harus memasukkan logo, saya mungkin sudah mendapatkan dana untuk Rio. Tetapi, banyak pihak yang meminta branding. Biasanya branding itu satu paket dan nilai minimumnya 2 juta euro,” kata Indah saat ditemui setelah rapat penggalangan dana untuk Rio di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa lalu  (1/3/2016).

Indah menjelaskan bahwa branding di mobil balap jumlahnya terbatas, termasuk di mobil tim Manor. Mobil Manor tinggal menyisakan dua hingga tiga lokasi branding, selain Pertamina.

Otomatis, jika kekurangan dana tersebut dibagi tiga branding, nilainya akan sangat besar. Oleh karena itu, beberapa perusahaan memilih mundur. Sebenarnya, semua masih bisa dinegosiasikan. Jadi, kami tetap dan masih berusaha semaksimal mungkin dengan menghubungi beberapa perusahaan yang berpeluang menjadi sponsor,” ucap Indah lagi.

Hal tersebut membuat Rio kesulitan mendapatkan sponsor. Padahal, menurut Indah, nilai 2 juta euro itu bisa dikategorikan murah.

Menurut Indah, beberapa sponsor ingin mendukung. Namun, ketika mengetahui nominal jumlah dana yang diperlukan, para sponsor merasa takut.
Ya ini bisa dimaklumi, tentunya sebuah perusahaan tidak gampang dalam mengeluarkan dana yang besar untuk sponsor ship , apalagi kalau sekedar logo saja tidak boleh ditempel pastilah tidak ada yang mau…dari segi marketing juga gak masuk , apa yang bisa dijual ?

image

Lebih lanjut , Indah mengatakan seandainya ada sponsor masuk.
Logo sponsor tidak hanya masuk ke website, mobil, dan pakaian tim. Dengan tampilnya Rio pada semua seri F1, angka 2 juta euro atau sekitar 37,5 miliar itu sudah setimpal dengan tawaran yang diberikan,” ucap Indah.

Karena memang dana ini sangat besar dan kesulitan , maka penggalangan dana Rio ke ajang Formula 1 selanjutnya diserahkan kepada pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta dan ditargetkan terkumpul pada Mei.

“Saya mengucapkan terima kasih sekali atas dukungan dan support dari IMI dan Kemenpora karena IMI dan Kemenpora adalah tempat di mana Rio bernaung sebagai olahragawan otomotif. Semoga semua mekanisme penggalangan dana dapat berjalan lancar, tidak ada masalah di kemudian hari. Kami juga memohon semua pihak mengerti, bisa memberikan dukungan dan partisipasi,” ujarnya menambahkan.

Seperti kita ketahui , Rio butuh dana sebesar 15 juta euro (hampir Rp 225 milliar) untuk tampil bersama tim Manor selama semusim.
Pertamina sebagai sponsor utama Rio sudah menyiapkan dana sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp 75 miliar. Rio masih membutuhkan sekitar Rp 150 miliar lagi.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewabroto mengatakan bahwa pihaknya masih terus berusaha mencari uang untuk menutup kekurangan dana Rio.

Namanya juga usaha. Kami optimistis target itu bisa terkumpul sesuai tenggat waktu. Cara penggalangan dana melalui IMI DKI Jakarta bukanlah satu-satunya cara. Masih ada RAPBN sebesar Rp 50 miliar yang rencananya akan dialokasikan bagi Rio. Saya juga akan berdiskusi dengan pihak BUMN. Mereka masih on the way. Selain itu, ada jalur BUMS juga sehingga kami tidak sendiri,” kata Gatot.

Library : kompas

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: