Iklan
Oleh: masshar2000 | 6 Maret 2016

Ini kondisi Kalijodo pasca penggusuran

image

M2000 – Seminggu pasca penggusuran kawasan Kalijodo , Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di atas kawasan Kalijodo, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (6/3/2016) mulai terlihat.
Itulah situasi terkini di Kalijodo setelah digusur paksa pekan lalu.

Pengerjaan seperti pengerukan dan pemasangan pondasi sudah dikerjakan sejak beberapa hari terakhir.
Pantauan di lokasi, material bangunan seperti batu kali dan pasir dalam jumlah banyak terdapat di kawasan Kalijodo yang beberapa hari lalu dibongkar Pemprov DKI.

Puing-puing di pinggir jalan inspeksi sepanjang 500 meter pun sudah dikeruk dan dibersihkan.

Sementara itu dua unit alat berat backhoe masih juga terlihat di tempat itu meski tidak sedang bekerja. Di sisi lain, sejumlah buruh bangunan tampak membuat pondasi dari batu kali yang ukurannya telah diperkecil.
Mereka juga memanfaatkan puing-puing bangunan untuk membuat dasar pondasi. Pondasi yang sudah jadi masih kurang 100 meter panjangnya.
Salah seorang pekerja menuturkan material bangunan tersebut sudah tiba di lokasi sejak seminggu yang lalu.

image

Kalau untuk pekerjaannya belum lama, baru tiga hari yang lalu,” kata pria yang enggan disebutkan namanya itu, Minggu (6/3/2016).

Ia menambahkan untuk saat ini pihaknya tengah bekerja memasang pondasi penahan tanggul. Hal itu dilakukan karena tinggi jalan inspeksi dengan lahan yang disampingnya tidak sama rata sehingga perlu dibuatkan penahan.

Pria yang mengenakan topi tersebut menambahkan pengerjaan yang dilakukan pihaknya dimulai dari merapikan sisa-sisa dan puing-puing bangunan bekas pembongkaran. Selanjutnya ia dan anak buahnya melakukan pemasangan pondasi untuk penahan tanggul serta memasangkan parapet di sisi jalan.

Setelah itu selesai baru pembangunan jalan inspeksi,” ujarnya.

Menurutnya, petugas di lapangan akan melebarkan jalan inspeksi yang ada sekarang ini menjadi 7,5 meter. Pasalnya untuk saat ini lebar jalan inspeksi yang dimaksud masih bervariasi dan hanya sebatas 4-4,5 meter.

Saat disinggung mengenai lama pengerjaan tersebut, ia mengaku tidak bisa memastikan. Ia beralasan yang mengetahui hal tersebut adalah pimpinan.

Belum bisa dipastikan karena baru pekerjaan awal, belum tahu juga persisnya gimana,” katanya.

Namun demikian ia memastikan pihaknya saat ini bekerja 24 jam karena ditarget pembangunan RTH di kawasan tersebut bisa secepatnya rampung.
Total ada 60 orang buruh kasar yang bekerja di sini, kalau ditambah sama yang lainnya kira-kira bisa seratusan. Ini kan biar cepat selesai proses pengerjaannya,” ujarnya.

Gubenur Ahok pun mengatakan kalau banyak pengembang yang mendaftarkan diri untuk proyek pembangunan Ruang Terbuka Hijau Kalijodo tersebut.
Ahok pun menambahkan kalau bulan April nanti bakal ada lagi tempat atau bangunan liar yang akan ditertibkan .

image

Library : tribunnews

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: