Mengenal Qlapa.com – situs jual beli yang membuat Benny Fajarai mendunia

image

M2000 – Dunia internet memang tak terbendung , tidak hanya sekedar berbagi informasi , tapi juga merambah bisnis online yang semakin hari semakin menggeliat dan menjamur.

Kini dunia kreatif digital dan e-commerce Indonesia kembali melahirkan sosok entrepeneur muda yang masuk dalam daftar majalah Forbes 30 Under 30 Asia.

Ia adalah Benny Fajarai, pria 26 tahun asal Pontianak, Kalimanatan Barat. Ia merupakan pemilik situs Qlapa.com, situs jual beli khusus barang-barang kerajinan atau handmade.

Qlapa.com bermarkas di ‎Tanjung Duren Utara IIIA, nomor 337A, Jakarta Barat, dan dilansir dari tribunnews , inilah sekilas info tentang Qlapa.com :

Kantor Qlapa.com yang mengantarkan Benny ke jajaran 30 besar entrepeneur muda Asia tersebut, nuansa modern sangat kental terasa.
Begitu masuk ke loby gedung minimalis tersebut, terdapat meja resepsionis dengan furniture putih. Terdapat beberapa banner di sisi dan kanan meja bertuliskan Qlapa.com.

image

Di belakang meja resepsionis terdapat ruang kerja Benny yang sering dijadikan tempat rapat. Papan tulis putih yang bersisikan rencana kerja dan risalah rapat tertempel di dinding tepat dibelakang kursi pemilik kantor tersebut .

Benny menuturkan waktunya banyak dihabiskan di kantor. Dari pagi hingga malam ia berkutat mengurusi Qlapa.com untuk memastikan semua kegiatan operasional berjalan lancar termasuk transaksi jual beli..

Waktu saya di sini 2 kali lebih banyak dari pada yang lainnya,” kata Benny.

Di samping ruang Benny, terdapat satu ruangan ‎kerja berukuran kurang lebih 3X4 meter. Tidak jauh berbeda dengan ruang CEO, di ruang tersebut terdapat papan tulis dan ornamen yang bertuliskan Qlapa.com.

Dalam menjalankan bisnis online kerajinan tangan tersebut, setidaknya Benny mempekerjakan kurang lebih 30 orang. Mulai dari bagian marketing, develpmoent, dan operasional. Sama seperti Benny, mereka masih berusia muda.

Untuk marketing dan developtment mereka bekerja di lantai dua. Tidak ada sekat, mereka bekerja dalam satu ruangan sambil menghadap komputer. Di sisi kanan dan kiri terdapat dua papan tulis putih berukuran besar. Suasana kerja tidak tampak begitu serius, meskipun apa yang mereka kerjakan berhubungan dengan angka dan coding, namun mereka tampak santai dengan pakaian kaos dan headset di telinga.

Sementara itu, sedikit berbeda di lantai tiga yang merupakan bagian operasional yang terdiri dari customer service dan transaksi . Dalam ruangan kerja, suasana tidak terlampau sepi. Sejumlah pekerja yang didominasi perempuan tersebut duduk berhadapan sambil sibuk mencatat dan mengangkat telepon. Di dinding ruang pun terdpat dua papan tulis yang berisikan sejumlah catatan.

“Di sinilah kantor berhubungan dengan penjual dan pembeli,” katanya.

Tidak hanya itu, masih di ruangan yang sama dua orang pekerja sedang sibuk melipat dan memfoto barang kerajinan tangan yang akan ditampilkan di website Qlapa.com.

Menurut Benny awal mula terjun ke bisnis startup kerajinan tangan berawal ketika liburan ke Bali. Ia saat itu sedang jalan-jalan di pasar seni dan melihat banyak kerjaninan tangan. Produk-produk handmade tersebut sangat disukai oleh turis mancanegara. Sementara pada era teknologi sekarang ini, barang-barang kerajinan tangan tersebut masih sulit dicari melalui situs online.

Barang handmade merupakan sesuatu yang kebutuhanya ada dan bisa dibilang banyak sementara pemainnya masih sedikit. Kaya cari tas kulit dimana ya? kalau mau cari kain batik tapi batik tulis dimana ya? ‎Kebutuhannya ada, industrinya besar tapi kalau beli online susah. Kalau mau beli batik tulis harus ke jogga, kalau mau beli tas kulit atau kerajinan lainnya harus ke Yogya jadi kita mau menjebatani agar para pembeli lebih mudah mencarinya,” katanya.

image

Ia kemudian melakukan riset, dan ternyata peluang bisnis kerajinan tangan sangat besar. kerajinan tangan merupakan industri kreatif ketigas setelah makanan dan pakaian.

Benny akhirnya mulai merencanakan dan membangun bisnis bersama rekannya bernama Fransiscus Xaverius‎ yang tinggal di Amerika Serikat. Sementara itu pemberian nama Qlapa.com berasal dari buah kelapa. Filosofinya menurut Benny ialah pohon kelapa dari ujung daun sampai akarnya yang semunya berguna dan dapat dimanfaatkan.

Karena kelapa itu identik dengan kerajinan lokal yang traidisonal banget, yang dari jaman dulu ada. Misalnya ketupat, janur kuning, tusukan sate, sapu lidi. selain itu kelapa, dari ujung ke ujung berguna,” katanya.

image

Kamu tertarik dengan bisnis E-Comerse seperti ini ?
Mulai sekarang mulailah kegiatan online anda menjadi lebih bermanfaat, dari hanya sekedar ber-sosialita yang identik dengan basa-basi dan tidak menghasilkan apa-apa , mulailah merubah kebiasaan kamu itu dari sekarang.

Di Indonesia , selain bisnis sejenis juga sudah ada dan populer seperti OLX , Bukalapak.com , Berniaga.com dan lain-lain , atau yang tidak bisa dikesampingkan tentunya Kaskus yang memang dirintis dari bawah alias dari blogger pinggiran.

Atau situs besar Alibaba.com milik Jack Ma yang mengantarkannya menjadi orang terkaya di Cina .

Mulailah dari yang kecil-kecil dulu, buat blog , mulailah pasarkan barang-barang kamu di web yang kamu miliki, ajak orang untuk bergabung .

Dan intinya mulailah dari sekarang !

Karena semua berawal dari mimpi , maka segeralah bangun dan wujudkan mimpi itu !

Semoga anda adalah salah satu dari blogger yang bisa mengikuti jejak sukses mereka…

Baca juga : Hebat , anak muda asal Pontianak ini masuk majalah Forbes

Iklan

One thought on “Mengenal Qlapa.com – situs jual beli yang membuat Benny Fajarai mendunia

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s