Tips cara memperbaiki kartu memory yang rusak

image

M2000 – Tentunya sebagai pecinta gadget kita sering dibuat sebal dengan yang namanya kehilangan data data tidak terbaca ataupun susah terbaca.

Kita biasanya berpikiran kalau penyebabnya kartu memory kita rusak dan kita langsung beli yang baru .
Tentu itu tidak masalah kalau kamu memang punya banyak duit , berapa sih harga sebuah kartu memory .
Tapi apakah semua cuma masalah uang ?
Tentu tidak , sebab biasanya dalam kartu memory ada data-data penting atau data rahasia kamu yang kamu sengaja simpan sebagai file , repot kan kalau hilang semua ?

Nah , jika kamu memang punya masalah dengan kartu memory ,  sebaiknya jangan buru-buru kamu buang deh. Karena kini sudah ada cara memperbaikinya yang mudah kamu lakukan.
Kamu penasaran bukan bagaimana cara memperbaikinya?

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki kartu memori yang sudah rusak :

*Langkah Pertama

Keluarkan kartu memori dari ponsel. Kemudian bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Hapuslah secara perlahan hingga benar-benar bersih. Usahakan sisi tersebut tidak terkena tangan kamu, karena dapat mengotorkannya lagi.
Jika sudah, masukkan lagi ke dalam slot memori di ponsel kamu, lalu check apakah telah terdeteksi dan periksa lagi data di dalamnya.
Jika masih tak terbaca? Cobalah langkah kedua di bawah ini

*Langkah Kedua

Langkah kedua ini diharuskan HP kamu dalam keadaan menyala. Kemudian masuk ke pilihan ‘Options Memory Keseluruhan Space Repair’.
Jika kamu menggunakan Android pilihannya agak terbatas, masuk ke ‘Setting Storage Erase SD Card’. Namun cara ini hanya bisa memperbaiki kartu memori kamu, tidak mengembalikkan file-file kamu. Jika tidak bisa lagi, lakukanlah langkah berikutnya.

*Langkah Ketiga

Sambungkan HP ke laptop atau PC dengan label data. Pastikan Hp kamu tersambung dalam mass storage model, bukanlah media transfer mode lewat Windows Explorer, lalu click kanan pada drive kartu memori kamu, tentukan Properties, lalu Tools, Error Checking. Jika sudah tunggulah sampai selesai, centang saja semua pilihannya seperti pada gambar di bawah ini,

*Langkah Terakhir

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah membuat folder baru di hard disk, berikan nama sembarang saja asalkan kamu ingat kalau folder ini akan jadi area untuk menyimpan sementara. Dengan kata lain, backup isi kartu memori yang rusak tadi lalu di Copy semua isi kartu memori format kartu memori tersebut.

Caranya:
Tujukan cursor mouse pada drive kartu memori, kemudian *click kanan dan tentukan format. Pilih atau beri centang pada pilihan FAT16. *Click Start dan tunggulah sampai benar-benar selesai. Jika sudah tekan Close.

Selanjutnya, kembalikan file hasil copy pada langkah 3 tadi (tentukan format) ke kartu memori. Jika sudah periksa lagi dengan teliti apakah sudah berhasil atau tidak.

Nah, itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kartu memori kamu yang rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Perhatian:
Cara ini tidak hanya dapat memperbaiki kartu memori HP saja, tetapi BlackBerry, Android, kamera, dan juga handycam.

Selamat mencoba ya…

Jika kesemua cara tersebut tetap tidak bisa , bisa jadi kartu memory kamu memang sudah benar-benar rusak dan harus ganti baru.
Atau pembaca ada yang bisa memberikan solusi lain ?
Silahkan di share di kolom komentar ya …berbagi itu indah …

Library : merdeka

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s