Manajer Metallica sebut Youtube itu ” iblis “

image

M2000 – Youtube memang idola banyak orang , tapi tak semua orang suka dengan YouTube , terlebih mereka yang berkecimpung di dunia keartisan …ngetop sih iya , tapi tidak mendapat royalti.
Bagi yang artis baru , tentu keberadaan youtube sangan membantu promosi mereka , tapi tidak buat mereka yang sudah ngetop .

Seperti apa yang dikatakan seorang manajer band terkenal ini , dia melayangkan sumpah serapah pada situs kepunyaan Google itu.

YouTube, mereka iblis. Kami tidak dibayar sama sekali,” kata Peter Mensch, manajer band papan atas seperti Metallica, Red Hot Chilli Peppers dan Muse, dikutip detikINET dari BBC.

Dia mengatakan kalau model bisnis YouTube, di mana artis menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan di musik mereka, tidak menguntungkan.
“Jika seseorang tak melakukan sesuatu soal YouTube, kami kacau. Selesai sudah,” katanya lagi.

Laporan dari International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) seakan mendukung pernyataan Peter. Pendapatan yang diperoleh dari situs gratisan semacam YouTube, DailyMotion dan Soundcloud tak sebanding dengan jumlah user.

Diestimasi 900 juta pengakses situs gratis itu menghasilkan revenue USD 634 juta di tahun lalu. Sedangkan hanya dari sekitar 68 juta konsumen musik berbayar, dihasilkan USD 2 miliar.

Kemudahan mengakses musik gratis dari YouTube juga dinilai menyulitkan bisnis layanan berbayar seperti Spotify atau Apple Music.
Sulit membuat orang mau membayar apa yang bisa mereka dapat dengan gratisan,” kata Peter lagi.

YouTube sendiri memberi pembelaan bahwa mereka sudah membayar banyak uang untuk industri musik. Nilainya diklaim sekitar USD 3 miliar.

Library : detik

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s