Iklan
Oleh: masshar2000 | 21 Mei 2016

Penak Jamane Pak Harto , Ini Alasan Dan Faktanya

image

M2000 – Melihat pemerintahan pasca reformasi ( jatuhnya Suharto ) memang sepertinya masih jauh dari kata sejahtera.

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mengeluh tercekik leher terutama dikalangan masyarkat bawah. Akibat harga-harga yang naik, rupiah anjlok sekali dan berbagai masalah lain yang bikin jengah ini yang menjadi perdebatan sampai hari ini. Bahkan sejumlah masyarakat pun berulangkali membandingkan dan ingin merasakan hidup makmur seperti saat pemerintahan Soeharto .

Banyak orang yang mengaku hidup di zaman Soeharto lebih enak di bandingkan zaman modern seperti saat ini. Sejak pemerintahan Soeharto , tidak ada satupun masyarakat yang berkeluh kesah bahkan kehidupan dulu makmur dan tentram.

Dilihat dari harga bahan pokok yang terjangkau, kerjaan mudah didapat, serta sangat aman yang sangat beda jauh dari pemerintahan Indonesia tahun ini.
Ini memang bukan isapan jempol belaka , jika anda adalah anak jaman sekarang tentunya hanya tahu dari membaca dan itupun berita tentang Suharto dari sisi politik yang buruk atau KKN bersama keluarga dan kroni-kroninya.
Tapi terlepas dari dunia politik dan kediktatoran Suharto , masih banyak saksi sejarah yang mengatakan jaman Suharto memang lebih enak , terutama bagi rakyat kecil di daerah yang tidak mengerti dan tidak mau mengurusi politik .

Lho kan korupsinya pak Harto banyak ?

Hmmm….perlu admin bilang , rakyat kecil itu tidak ngurusin yang begituan , yang penting Kenyang , Tenang , Aman , dan itu didapatkan di era Suharto .

Kan banyak juga lawan politik yang dipenjara karena terlalu vokal , bukankah mereka juga membela kepentingan rakyat kecil ?
Sekali lagi admin bilang , rakyat kecil itu tidak mau pusing dengan urusan politik , dan mereka juga tidak mengenal siapa-siapa saja yang dipenjara itu …pokoknya bisa Kenyang , Tenang, Aman titik.

Wah , admin egois , membela Suharto nih ?
Aduh …boro-boro membela Suharto , kenal juga tidak , tapi ini kenyataan yang admin peroleh keterangan dari kenalan , tetangga , orang tua yang jadi saksi sejarah dan jelas merasakan era Suharto .

Tapi ini kan proses min , dan memang harus terjadi , bahwa era Suharto memang sudah habis dan kita harus optimis dan realistis dengan pemerintahan sekarang ini ?
Yang mau kembali ke jaman dulu juga siapa , tidak ada yang mau …kita kan lagi membahas era Suharto dimata rakyat , rakyat kecil maksudnya .

Rakyat kecil itu siapa min , dari tadi ngomongnya rakyat kecil terus ?
Rakyat kecil itu mereka yang tidak tahu menahu tentang politik , korupsi , kebijakan pemerintah , ataupun partai-partai’an , pokoknya bisa makan , nyari pekerjaan mudah , dan lain sebagainya.
Boro-boro internetan , asal ada yang bisa dimakan hari ini saja sudah bersyukur dan itulah rakyat kecil yang harus lebih banyak mendapat perhatian.

Nah , dari beberapa ulasan dan alasan diatas , dapat kita simpulkan kenapa manusia hidup di zaman Soeharto ini memang lebih enak.
Dan berikut faktanya :

1. Apa-Apa Murah

Salah satu alasan kenapa hidup di zaman Soeharto enak, ini dikarenakan apa apa murah. Dulu uang Rp 50 ribu saja sudah bisa beli keperluan rumah selama sebulan bahkan bisa buat bayar cicilan mobil. Coba liat sekarang , uang Rp 50 ribu itu bisa habis dalam waktu sekejab bahkan cuma bisa buat sekali makan. Bahkan satu porsi makanan saat ini bisa lebih dari Rp 50 ribu.

Untuk dunia pendidikan , uang Rp 50 ribu saat ini mungkin tak cukup untuk beli buku paket dan SPP. Coba dulu anak sekolah cuma bayar SPP Rp 1.000 atau Rp 2.000 saja. Untuk rumah sakit mematok biaya yang murah, dan untuk PNS, TNI, dan Polri biasanya juga ada semacam kartu asuransi kesehatan sehingga bisa gratis berobat.
Urusan sembako apalagi , dengan uang tidak seberapa aja kebeli , apalagi yang uangnya lebih.
Itulah alasannya kenapa orang zaman dulu lebih makmur dan sejahtera.

2. Lapangan Pekerjaan Sangat Mudah

Di zaman Soeharto lapangan pekerjaan sangat mudah di dapat. Di era pemerintahan Soeharto orang tak perlu kuliah tinggi hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. lulusan SD saja sudah alhamdulillah . Bahkan untuk mendapatkan pekerjaan di zaman Soeharto itu sangat mudah akibat pembangunan di masa orde baru sedang pesat-pesatnya, belum lagi mulai banyak berdiri perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan. Di masa pemerintahan Soeharto lulusan SMA pun sudah masuk kualifikasi sebagai PNS, bahkan di perusahaan bisa jadi mandor atau setingkat kepala. Kenyataannya tetangga admin yang kebetulan anaknya temen admin yang lulusan SMP bisa jadi Supervisor di sebuah perusahaan otomotif ternama tanah air.

Namun sangat berbeda dengan era modern saat ini, mereka yang lulusan kuliah pun belum dijamin bisa masuk disitu , kalaupun bisa , mesti bersaing dengan ribuan pesaing , apalagi menjadi PNS.
Bahkan terlihat jika saat ini mereka yang lulusan sarjan pun masih banyak yang menjadi pengangguran karena sistem PNS yang melalui tes dan hanya mereka yang lulus tes dan memiliki IQ yang tinggi saja bisa memiliki nasib dengan pekerjaan yang baik.

3. Dolar Seharga Rp 378 , tertinggi kisaran Rp 2500

Di era pemerintahan Soeharto nilai mata uang dolar hanya senilai Rp 378 saja yang membuat perekonomian Indonesia sejahtera. Bahkan apa-apa murah dan sangat terjangkau. Di era terakhir Suharto berkuasa per dolar pun hanya di kisaran 2500 rupiah.
Sepeninggal Soeharto di tahun 1998 dolar pun melesat dengan cepat. Mulai dari peningkatan hingga Rp 5 ribu, sampai pernah menembus angka Rp 16.800 di masa Presiden Habibie. Namun berhasil diupayakan hingga di masa akhir jabatannya bisa ditekan menjadi Rp 7000 saja.

Dan untuk saat ini nilai mata uang dollar mencapai Rp 13.600 yang membuat perekonomian Indonesia apa – apa serba mahal . Dampaknya sangat dirasakan bagi masyarakat kalangan bawah alias rakyat kecil alias wong cilik , yang pastinya membuat kehidupan mereka seakan tercekik leher.

4. Sangat Aman dan Nyaman

Alasan kenapa di pemerintahan Soeharto sangat enak, ini karena kehidupan dulu sangat aman dan nyaman. Tidak banyak kriminilitas sekarang ini. Di era Soeharto, dia berhasil memberantas kejahatan mulai dari pencurian , perampokan dan pemerkosaan.
Macem-macem di dor , makanya kalau tidak mau didor ya jangan macem-macem , inilah yang membuat rakyat merasa tenang, mereka merasa terlindungi.

Tidak seperti di era modern saat ini , semakin canggihnya teknologi semakin banyak pula tindakan kejahatan. Begal merajalela , bahkan kasus pemerkosaan pun dalam tahan miris dimana banyak orangtua yang tega memperkosa anaknya sendiri sehingga membuat kehidupan anak pun terancam tidak baik .

5. Bidang Olahraga Indonesia di Masa Keemasannya

Terakhir alasan kenapa di era pemerintahan Soeharto ini lebih enak karena tak cuma bidang sosial politik yang bisa dibanggakan tetapi bidang Olahraga pun sangat dibanggakan karena berada pada masa keemasan.
Di masa pemerintahan soeharto ,  banyak prestasi yang tercipta saat itu dan bikin bangga rakyat Indonesia seperti prestasi Rudy Hartono yang menjadi juara dunia All England selama 7 kali berturut-turut. Piala Thomas juga jadi langganan kita meskipun China ikut bertanding. Belum lagi prestasi atlit kita di SEA Games 1977 yang merobohkan dominasi Thailand kala itu. Serta yang paling fenomenal adalah raihan emas Susi Susanty dan Alan Budi Kusuma yang bikin rakyat Indonesia bangga dan haru. Di ranah sepak bola tak kalah apik. Termasuk prestasi Timnas yang melejit.
Dan mereka sekarang pun jadi ikon di dunia olahraga.

Nah, itulah dia kelima alasan kenapa hidup di zaman Soeharto lebih enak. Semoga saja pemerintahan Indonesia kedepannya bisa seperti dulu yang membuat kehidupan rakyat Indonesia lebih Sejahtera kembali.

Anda setuju ?
Atau masih ada yang menyangkal ?
Hmmm….jika anda masih tidak percaya ,  bisa jadi anda adalah anak jaman sekarang yang tidak mengalami era Suharto  , atau anda adalah lawan politik Suharto yang katanya golongan orang-orang pintar itu ,  atau  bisa jadi anda bukan termasuk golongan Wong Cilik .

Ingat …hanya Kenyang , Tenang , Aman , itu yang dibutuhkan Wong Cilik .

image

Nggih mbah , saestu niku

Salam

Wong Cilik

Iklan

Responses

  1. Ok-Ok-OK BOS

    Suka

  2. Terima kasih bapak pembangun jasa” mu masih teringat d benak ku engkau adalah bapak presiden yang kami cintai walaupun bapak presiden k-2 d benci oleh rakyat sendiri d tuduh yang nggak” oleh rakyat sendiri kami percaya dengan bapak, bapak lah yang berhasil mendongkrak perekonomian rakyat kecil indonesia terima kasih banyak pak kami doakan terus surga deh pak 😭😭😭😭

    Suka

  3. Benaaarr bangett min.. Zaman skrg udah susah banget cari kerja..

    Suka

  4. Semua Presiden ada plus minusnya dan yang terbaik sampai saat ini tetap Bapak Presiden Soeharto semoga amal ibadah Bapak diterima di sisi Allah SWT Amin Ya Robbal Alamin

    Suka

  5. Cerita tsb emang benar jaman orba emang jamanya indonesia bersinar jamanya gemahripahlohjinawitototentremkertorahajo bisa dibilang orba adalah legenda, sebagai rakyat indonesia harusnya bangga terlepas dari kontroversi dan hal hal negatif beliau marilah kita ambil nilai positifnya jangan mengolok olok apalagi menghujat hujat cukuplah kita jadi bangsa yang bhineka tunggal ika bangsa yang cinta kerukunan walau kita berbeda. Semogga jasa dan kebaikannya diterima allah swt dan diampuni dosa kesalahanya amin

    Suka


gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: