Iklan
Oleh: masshar2000 | 3 Juni 2016

Meski Daerah Kekuasaannya Berkurang , ISIS Tetap Teroris Terkaya Didunia

image

M2000 – ISIS , semakin hari semakin melemah kekuatannya , berbagai daerah yang sudah dikuasai , kini mulai direbut oleh pemerintah sesaat.

Tapi meski begitu , kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tetap menjadi teroris terkaya di dunia. Hal ini diungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh Centre for the Analysis of Terrorism.

Seperti dilansir dari laman Thehindu.com, Jumat (3/6/2016), ISIS berhasil mendapat penghasilan US$ 2,4 miliar atau setara dengan Rp 32,4 triliun pada 2015 (estimasi kurs 1 US$ = Rp 13.153). Pendapatan tersebut mereka dapatkan dari memeras delapan juta penduduknya dengan tingkat pajak yang sangat tinggi .

Keuntungan yang didapat oleh ISIS tersebut turun US$ 500 juta atau Rp 6,75 triliun dibanding estimasi tahun sebelumnya. Di tahun 2014, keuntungan ISIS mencapai US$ 360 juta atau Rp 4,86 triliun.

Kenaikan pendapatan ini juga berbanding lurus dengan tingkat pemerasan yang dilakukan oleh pemerintah pada penduduknya. Hasil penelitian mengungkap bahwa pada tahun 2015 nilai hasil pemerasan yang dilakukan oleh ISIS mencapai US$ 800 juta atau Rp 10,8 triliun.

Kini ISIS juga telah kehilangan 40 persen dari teritori yang ia miliki. Hal terjadi akibat serangan tak henti yang mengincar sumber minyak di daerah tersebut.

ISIS mendapatkan serangan berat dari berbagai musuh, termasuk musuh Suriah dan Irak, militer pertahanan Kurdi Peshmerga dan Unit pertahanan Kurdi (YPG). Kelompok-kelompok itu telah mendapatkan dukungan serangan udara dari koalisi pimpinan AS dan pasukan Rusia.

Salah satu target koalisi itu adalah penghasilan yang ISIS dapatkan dari daerah penghasil minyak yang berada di bawah kontrol kelompok tersebut.

Serangan udara telah diluncurkan ke arah infrastruktur bangunan di sekeliling produksi minyak, yang menurut IHS berdampak pada menurunnya produksi minyak dari 33 ribu barel per hari pada tahun 2015 menjadi 21 ribu barel per hari.

Library : liputan6

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: