Iklan
Oleh: masshar2000 | 18 Juni 2016

Sholat Ala Rosulullah : Bagaimana Cara Mengangkat Tangan Saat Takbiratul Ikhram

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Pemirsa sekalian , seringkali kita melihat gerakan orang sholat selalu berbeda satu sama lain , walaupun secara garis besar pasti sama karena rukun-rukunnya juga sama.

Salah satu yang sering kita lihat adalah pada saat takbiratul ikhram , ada yang mengangkat tangannya sangat pelan , ada yang cepat dan kadang ada yang sedikit di gerak-gerakkan kekiri dan kekanan.

Bagaimana sebenarnya gerakan yang benar ?
Mari kita baca dengan seksama dari berbagai rujukan ini !

Adalah tidak dibenarkan gerakan slowmotion (terlalu lama/lambat) atau terlalu cepat, dan di main-mainkan ke kanan ke kiri.
Hendaknya kita melakukan secara wajar mengikuti sunah nabi. Di angkat sejajar bahu atau hampir sejajar bahu, bersamaan dengan takbir atau sebelum membaca takbirtul ihram.

Berkata Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albany Rahimahullah:

( البخاري وأبو داود وابن خزيمة ) و ( كان يرفع يديه تارة مع التكبير وتارة بعد التكبير وتارة قبله )

( أبو داود وابن خزيمة ) كان يرفعهما ممدودة الأصابع [ لا يفرج بينها ولا يضمها ] )

( البخاري وأبو داود ) و ( كان يجعلهما حذو منكبيه وربما كان يرفعهما حتى يحاذي بهما [ فروع ] أذنيه )

“Rasulullah mengangkat kedua tangannya, kadang bersamaan dengan takbir, kadangkala setelah takbir, dan kadang kala sebelum takbir. “ (HR. Bukhari, Abu Daud, dan Ibnu Khuzaimah)

“Rasulullah mengangkat kedua tangannya dengan jari terbuka (tidak merenggangkan dan tidak menggenggamnya) (HR. Abu Daud dan Ibnu Khuzaimah)

“Rasulullah mengangkat tangannya hingga sampai sejajar kedua bahunya, dan terkadang sampai kedua telinganya.” (HR. Bukhari dan Abu Daud)

Riwayat yang dipilih oleh jumhur (mayoritas) adalah mengangkat tangan itu harus sejajar dengan kedua bahu sampai ujung jari sejajar dengan puncak kedua telinga, kedua ibu jari dengan ujung bawahnya serta kedua telapak tangan dengan kedua bahunya.

An Nawawi mengatakan:
“Dengan cara ini Asy-Syafi’i telah menghimpun beberapa riwayat hadits hingga ia mendapat pengakuan dari kalangan ulama.Dan, disunnahkan merenggangkan jari jemari pada saat mengangkat tangan “.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu:

“Jika Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam hendak melakukan shalat maka beliau mengangkat kedua tangannya sambil merenggangkannya.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasa’i, dan At Tirmidzi kecuali Ibnu Majah)

Saat mengangkat kedua tangan. Hendaknya mengangkat kedua tangan itu bersamaan waktunya dengan mengucapkan takbiratul ihram atau mendahulukannya sebelum membaca takbiratul ihram.

Nafi’ berkata:

“Jika Ibnu Umar hendak memulai shalat, maka ia membaca takbir dan mengangkat kedua tangannya. Hal ini dinyatakannya berasal dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” (HR. Bukhari An Nasa’i dan Abu Daud)

Dari Nafi’ juga:

“Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengangkat kedua tangannya ketika takbir hingga sejajar dengan kedua bahu atau hampir sejajar dengannya.” (HR. Ahmad )

image

Adapun mendahulukan mengangkat kedua tangan sebelum takbiratul ihram, maka telah ada riwayat dari Ibnu Umar dia berkata:

“Apabila Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdiri hendak mengerjakan shalat maka beliau mengangkat kedua belah tangannya sehingga sejajar dengan kedua bahunya, lalu beliau membaca takbir.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan telah diterima hadits dari Malik bin Al Huwairits dengan lafaz:
“Ia membaca takbir, lalu mengangkat kedua tangannya.” (HR. Muslim)

Hadits ini membolehkan mendahulukan takbir daripada mengangkat tangan.
Akan tetapi, Al Hafizh (Ibnu Hajar) berkata: “Saya tidak pernah melihat adanya orang yang mengatakan bahwa didahulukannya takbir daripada mengangkat kedua tangan.

Semoga bermanfaat,
Wassallamu’allaikum,….

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Library : dakwatuna

Iklan

gunakan suaramu

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: